Media Tanam Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya Tanaman Hias Agar Subur - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Media Tanam Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya Tanaman Hias Agar Subur


 

Media Tanam Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya Tanaman Hias Agar Subur

Tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman dalam kelompok hortikultura yang mempunyai fungsi mempercantik dan mempercantik. Hal inilah yang menyebabkan tanaman hias menjadi salah satu kebutuhan interior dan desain.

Salah satu syarat tanaman hias tumbuh dengan baik adalah ditanam pada media yang tepat, agar tanaman mendapatkan kebutuhan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik dan juga berkembang sehingga dapat mempercantik pekarangan dan lingkungan.

Media Tanah

Media yang dibutuhkan dalam budidaya tanaman hias, yang pertama adalah media tanah yang merupakan media yang baik untuk pertumbuhan tanaman hias. Beberapa jenis tanaman hias dapat tumbuh dengan baik pada media tanah yang subur dan gembur.

Media tanah merupakan media yang paling ideal karena mampu memberikan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Apalagi ditambah dengan pemupukan dan perawatan yang tepat dan tepat, tanaman hias akan tumbuh dengan baik.

Pakis Root Media

Akar pakis juga termasuk dalam media yang dapat digunakan sebagai media tanam tanaman hias. Jenis tanaman seperti anthurium dan anggrek relatif cocok ditanam pada media akar pakis. Tentunya media ini tidak mampu memberikan nutrisi bagi tanaman secara alami, namun struktur medium berpori-nya akan mampu menyimpan air dengan baik dan juga dapat dengan mudah ditembus oleh akar tanaman.

Media Tanam Cocopeat

Bagi sebagian orang jika kita menyebutnya cocopeat mungkin terasa aneh, namun jika kita menyebutnya sabut kelapa pasti banyak yang tidak asing lagi. Jenis tanaman yang biasa ditanam pada media sabut kelapa adalah anggrek. Dari berbagai jenis anggrek tersebut, anggrek dendrobium dan anggrek bulan merupakan jenis yang tepat dan dapat tumbuh dengan baik pada media ini. Namun perlu diperhatikan bahwa suhu dan kelembaban media harus dijaga karena media cocopeat ini sangat mudah lembab dan lapuk ..

Selain itu serabut kelapa juga mengandung senyawa tanin yang dapat bersifat racun bagi tanaman, sehingga sebelum digunakan harus direndam terlebih dahulu hingga warna air rendaman berubah menjadi warna bening.

Media Tumbuh Pasir

Pasir juga merupakan media tumbuh yang dapat digunakan sebagai media tanaman hias karena pasir diperlukan untuk menunjang pertumbuhan beberapa jenis tanaman hias. Misalnya tanaman hias allium atau tanaman hias yang memiliki umbi dan kaktus. Hal ini dikarenakan pasir memiliki tekstur yang tidak mampu menahan terlalu banyak air. Sehingga media tanam akan menjadi kering dan juga tidak membuat air menggenang di media. Namun dari segi ketersediaan unsur hara, media pasir sangat minim bahkan bisa disebut miskin unsur hara. Oleh karena itu penambahan unsur hara tentunya harus dilakukan dengan cara pemupukan agar tanaman tetap dapat tumbuh dengan baik dan subur, seperti pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat di Polybag.

Media Tanam Arang Kayu

Arang kayu juga merupakan media yang dibutuhkan tanaman hias untuk tumbuh. Jenis  yang bisa ditanam pada media ini adalah tanaman anggrek. Namun, penggunaannya tidak banyak digunakan dan cenderung hanya digunakan dalam penelitian. Karena selain miskin media hara, arang kayu juga sangat rentan terhadap serangan hama dan penyakit serta tidak dapat mengikat erat pada akar tanaman. Namun media arang kayu merupakan jenis media yang steril karena bersumber dari sisa pembakaran kayu. Biasanya juga dapat digunakan dalam kombinasi dengan media lain dan digunakan sebagai bagian dasar dari media tersebut. Karena memiliki sifat buffering dan dapat menyeimbangkan kelembapan.

Post a Comment for "Media Tanam Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya Tanaman Hias Agar Subur"