Jenis Tanaman Hias Yang Sulit Dipelihara - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jenis Tanaman Hias Yang Sulit Dipelihara

 

Jenis Tanaman Hias Yang Sulit Dipelihara



 Salah satu manfaat memiliki tanaman adalah menghilangkan stres sekaligus merawat atau merawatnya. Namun, apa jadinya jika jenis tanaman yang Anda miliki justru menambah stres Anda karena perawatannya yang sulit?

Seperti sembilan jenis tanaman hias ini, Bela. Mereka sangat sulit dirawat. Hanya dengan merawatnya saja, tanaman jenis ini akan layu bahkan mati. Sebutkan sembilan jenis tanaman hias yang sulit dirawat?

1. Gunung Kuku

Tanaman pakis jenis ini cukup rumit saat merawatnya. Pasalnya, pakis gunung akan tumbuh subur di tanah yang lembab, namun perlu mendapat sinar matahari yang cukup.

Jika ditaruh di tempat teduh, lonjakan gunung tidak akan tumbuh maksimal. Namun, jika Anda menaruhnya di bawah sinar matahari langsung dan berlebihan, paku gunung akan layu dan mati. Harus hati-hati dan sangat memperhatikan, nih!

2. Damai Lily

Penampilan bunga lily memang sangat indah dan banyak diincar sebagai penghias ruangan. Tapi, untuk merawatnya, Anda perlu ekstra hati-hati. Peace lily harus disiram setiap hari dengan air yang cukup. Lupa menyiramnya sekali saja, lily perdamaian akan segera layu.

Peace lily juga tidak bisa terkena sinar matahari langsung. Tidak boleh ditempatkan di dekat jendela atau kamar berangin. Bunga lili perdamaian juga mudah layu jika kandungan klorin di dalam air sangat tinggi.

3. Pohon Naga Kayu Besi

Sekilas jenis tanaman ini terlihat seperti pohon palem namun berbentuk miniatur. Pohon naga dari kayu besi sangat cocok ditempatkan di ruangan yang sejuk karena daunnya mudah terbakar jika terkena sinar matahari langsung.

Anda juga perlu menjaga agar tanah di dalam pot pohon ulin naga tidak lembab. Untuk itu, Anda hanya perlu menyiramnya 2-3 kali dalam seminggu. Jika memungkinkan, jangan menyirami tanah dengan air. Akan lebih baik jika Anda hanya menyemprot daunnya.

4. Puring Puring

Berbagai jenis tanaman puring kerap dipilih sebagai tanaman hias karena warna daunnya yang indah. Namun, saat membesarkannya, pastikan selalu menyimpannya di tempat yang cerah. Sebab, jika ditanam di tempat teduh, warna indah itu akan pudar.

5. Air Mata Bayi

Tanaman gantung ini tidak cocok untuk dipelihara jika tidak hati-hati dalam merawatnya. Sebab, air mata bayi sangat membutuhkan kelembapan yang tepat. Jika tanah terlalu kering, tanaman hias ini akan mati. Namun jika terlalu lembab, tanaman akan membusuk dan mati. Rumit, ya!

6. Biola Ketapang

Ada baiknya biola ketapang jangan di letakkan di luar ruangan. Hal ini karena perubahan suhu dan cahaya yang begitu drastis sehingga daun ketapang biola rontok. Namun, jika diletakkan di dalam ruangan, pastikan sinar matahari menyinari seluruh bagian tanaman secara merata. Jika tidak, tanaman ini tidak akan tumbuh dengan baik.

7. Gardenia

Jika ingin memelihara kacapiring, Anda harus memeriksa tanaman dalam pot ini setiap hari. Sebab, jika hanya terdapat sedikit tungau, hama atau laba-laba, maka daun akan rusak dan tidak mengeluarkan aroma khasnya. Pastikan juga untuk memperhatikan tingkat keasaman tanah. Karenanya, kacapiring akan tumbuh optimal di tanah asam.

8. Tradescantia Zebrina

Faktanya, tradescantia zebrina tidak terlalu sulit untuk diobati. Namun tanaman hias ini tumbuh sangat cepat dan Anda harus rutin memotong daunnya atau memisahkan pucuk baru ke dalam pot lain. Jika hal ini tidak dilakukan secara rutin maka tradescantia zebrina akan bertambah banyak.

9. Talas

Meski kini menjadi favorit, ternyata tanaman talas merupakan salah satu jenis tanaman yang sulit untuk dipelihara. Sebab, tanaman ini membutuhkan tanah yang lembab untuk tumbuh. Jika tanah tidak lembab atau kering, daun talas akan menguning dan layu.

 

Post a Comment for "Jenis Tanaman Hias Yang Sulit Dipelihara"

Berlangganan via Email