Jenis Tanaman Hias Aglonema Penarik Hati - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jenis Tanaman Hias Aglonema Penarik Hati

 

Jenis Tanaman Hias Aglonema Penarik Hati



Tanaman aglonema atau biasa kita sebut Sri Rejeki ini sedang gencar dicari oleh para pecinta tanaman hias. Warna dan bentuk daun yang menjadi ciri khas tanaman bergelar "Ratu Daun" ini memang sangat memanjakan mata.

Tak hanya itu, dilansir dari Plant Care Today, tanaman hias aglonema ini merupakan salah satu flora bentukan NASA yang efektif menghilangkan polutan rumah tangga. Tanaman ini bahkan memiliki 30 spesies,

Jenis yang populer adalah aglonema merah. Perpaduan warna merah dan hijau tak hanya memanjakan mata, tapi juga seluruh bagian rumah. Berikut jenis-jenis aglonema merah yang populer dan paling banyak dicari oleh para pecinta tanaman hias:

1. Aglonema Red Peacock atau thistle

Aglonema jenis ini tergolong unik, yakni daunnya didominasi warna merah cerah di bagian tengah. Harganya berkisar dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah sesuai dengan ukuran tanaman ini. Thistle bisa ditanam di pot kecil dan ditata di dalam rumah.

2. Aglonema Suksom

Algonema suksom memiliki warna merah cerah hampir di seluruh permukaan daun. Jika Thistle memiliki urat daun kehijauan, suksom hanya menyisakan sedikit hijau pada daunnya. Biasanya terletak di pinggir daun.

Fakta yang menarik adalah bahwa trah ini memiliki sedikit klorofil. Anda hanya akan menemukan aglonema succom di lokasi yang terkena sinar matahari pagi dan sore hari. Harganya tidak murah, kalau dijual bisa mencapai Rp 3 jutaan.

3. Harlequin Aglonema

tipe dengan harga paling mahal. Tanaman ini berbeda dengan jenis lainnya karena sangat menyukai sinar matahari. Bahkan harlequin aglonema akan menampilkan warnanya berdasarkan asupan sinar matahari. Warnanya akan cenderung kuning pucat dengan warna pink cerah di bagian tengah daun.

4. Aglonema Sumatera Merah

Aglonema ini memenangkan sayembara tanaman hias di Belanda tahun 2002. Ciri khas dari aglonema Sumatera Merah adalah daunnya yang berwarna merah marun dengan ukuran pipih memanjang.

Selain itu, aglonema yang memiliki julukan Pride of Sumatra ini memiliki corak belang yang dicirikan sehingga terlihat berbeda dari jenis lainnya. Namun saat ini harga aglonema merah sumatera dewasa masih berkisar Rp. 500 ribu sampai dengan Rp. 1 juta.

5. Aglonema Merah Emas

Tanaman hias ini biasanya digunakan sebagai penghias ruangan atau ditata di sudut rumah. Memiliki warna daun hijau yang segar dan tulang daun berwarna merah menambah keindahan dari aglonema ini. Untuk harganya, Emas Merah dijual mulai dari Rp 60 ribu - Rp 120 ribu.

6. Aglonema Anyamanee

Varietas ini termasuk dalam aglonema mahal yang merupakan hasil pengembangan budidaya tanaman hias asal Thailand pada tahun 2019. Keindahannya terletak pada daunnya yang lebar dan terdiri dari tiga warna yaitu merah, hijau dan putih. Jenis ini sangat eksklusif dan jumlahnya terbatas. Harga jual tanaman induk mencapai puluhan juta rupiah, sedangkan harga bibit sekitar Rp. 300 ribu.

7. Aglonema Adelia

Nama aglonema diambil dari seorang kolektor tanaman hias, Adelia Angeles. Spesies ini bisa tumbuh hingga 30 cm di tanah yang subur. Bentuk daunnya paling besar di antara jenis lainnya. Daunnya bisa melebar dari pangkal batang dan meruncing di ujungnya. Adelia aglonema hanya bisa dibeli dengan harga Rp. 60 ribu.

8. Lipstik Aglonema Siam Aurora

Keindahan aglonema ini tidak bisa disangkal. Ini akan terlihat lebih menarik bila tumbuh lebat dengan daunnya yang berwarna merah. Jika aglonema succom memiliki warna hijau pada bagian tepinya, maka lipstik aglonema siam aurora memiliki warna merah atau pink pada bagian tepinya, seperti lipstik. Lipstik Aglonema Siam aurora memiliki harga yang lebih terjangkau yaitu sekitar Rp 25.000-Rp 250.000.

 

Post a Comment for "Jenis Tanaman Hias Aglonema Penarik Hati"