Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini 6 Macam Hama Tanaman Hias yang Harus Kamu Waspadai

 


Ini 6 Macam Hama Tanaman Hias yang Harus Kamu Waspadai



Menanam tanaman hias untuk dekorasi di rumah memang selalu menjadi hal yang menyenangkan. Warna tanaman hias yang menyegarkan dapat membuat tampilan rumah semakin asri dan teduh. Tapi, bisa dibayangkan, jika tanaman hias cantik Anda dirusak oleh hama?

 

 

Hama tanaman hias merupakan salah satu musuh terbesar para pecinta tanaman yang dapat menyebabkan tampilan tanaman hias menjadi rusak, layu, sobek, atau bahkan mati. Buat kamu para pecinta tanaman hias, berikut 6 macam hama tanaman hias yang perlu kamu waspadai.

1. Kutu Putih

Hama pertama tanaman hias adalah kutu putih. Disebut kutu putih karena terlihat putih. Mereka biasanya hidup berkelompok pada batang, daun, ketiak daun, sisi bawah daun, hingga ujung daun.

Kutu putih hidup dengan cara menghisap cairan daun, sehingga daun tanaman hias Anda menjadi keriput. Hama tanaman hias jenis ini juga mengeluarkan cairan "madu" di permukaan daun, yang lama kelamaan akan berubah menjadi hitam. Namun jangan khawatir, Anda bisa membasmi hama tanaman hias tersebut dengan cara menyemprotkan larutan deterjen yang sudah dicampur air. Setelah itu baru bisa disemprot insektisida.

2. Ulat

Hama tanaman hias yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga saya. Ulat memiliki beberapa jenis, antara lain Spodoptera sp yang menyerang daun, dan Noctuidae yang menyerang batang tanaman. Anda dapat membunuh ulat dengan 2 cara.

Cara pertama adalah dengan mengambil ulat secara manual dengan tangan. Jangan lupa kenakan sarung tangan agar tidak gatal. Cara kedua, jika jumlah ulatnya banyak, Anda bisa memberantasnya dengan penyemprotan insektisida selama 2 minggu.

3. Belalang

Hama tanaman hias selanjutnya adalah belalang. Serangga yang sering diburu anak-anak ini ternyata bisa membuat daun tanaman hias Anda berantakan. Jenis belalang yang biasanya menyerang tanaman hias adalah belalang gejalanya. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menangkapnya secara manual dengan tangan atau menangkap jaring.

Menangkap belalang juga saat terbaik lho! Tangkap pada pagi hari saat tanaman masih berembun. Biasanya sayap belalang masih basah sehingga lebih mudah ditangkap.

4. Lindungi kutu

Sama seperti ulat bulu dan belalang, hama tanaman hias jenis ini juga menyerang daun. Kutu perisai biasanya akan muncul dengan membentuk koloni dan berbaris di atas tulang daun. Mereka disebut serangga perisai karena mereka memiliki perisai di punggung mereka. Kutu perisai dapat dibasmi dengan menggunakan insektisida yang mengandung bahan aktif Acephate.

5. Kutu daun

Sering menemukan daun tanaman hias Anda berubah bentuk menjadi keriting? Ini bisa jadi perbuatan Aphid. Kutu daun merupakan hama serangga kecil pada tanaman hias yang berbentuk seperti buah pir dan berwarna hijau atau coklat. Kutu daun menghisap cairan tanaman, sehingga daun tanaman menjadi keriting dan pertumbuhan tanaman terhambat. Kutu daun juga mengeluarkan cairan "madu", yang lama kelamaan berubah menjadi hitam.

6. Agas Jamur

Hama tanaman hias selanjutnya adalah agas jamur. Hama tanaman hias jenis ini berbentuk seperti nyamuk berwarna hitam. Pada tanaman hias, hama jenis ini sering memakan akar halus tanaman. Selain itu agas jamur juga merusak kelopak bunga yang gejalanya berupa munculnya bintik-bintik hitam.

Untuk membasmi hama ini ada 2 cara tergantung dari jenis hama. Jika Agas jamur masih larva, Anda bisa menaburkan Nematisida seperti Furadan G pada media tanam. Sedangkan agas jamur yang sudah dewasa dapat dibasmi dengan penyemprotan insektisida.

Post a Comment for " Ini 6 Macam Hama Tanaman Hias yang Harus Kamu Waspadai"

Berlangganan via Email