Cara Merawat Tanaman Hias dalam Ruangan - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Merawat Tanaman Hias dalam Ruangan

 

Cara Merawat Tanaman Hias dalam Ruangan



Seperti diketahui, dekorasi rumah yang menggunakan tanaman hias masih menjadi favorit banyak orang. Tak hanya mempercantik ruangan, berbagai tanaman hias yang ditempatkan di dalam rumah juga bisa memberikan sirkulasi udara yang baik. Dalam hal ini, berbagai jenis tanaman dapat bekerja untuk membersihkan udara kotor dalam ruangan dan menggantikannya dengan oksigen yang lebih sehat.

Berbagai jenis tanaman seperti lidah buaya, lidah buaya, tanaman laba-laba, hingga palem mulai diminati banyak orang. Sebagian besar tanaman indoor ini tidak membutuhkan perawatan ekstra.

Cara merawat tanaman indoor tentunya dengan memperhatikan kecukupan sinar matahari dan memastikan kelembapan yang baik untuk ruangan kecil. Selain itu, masih ada beberapa cara merawat tumbuhan dalam

Kebutuhan Sinar Matahari Yang Cukup

Disini sinar matahari memiliki peran penting dalam proses perkembangan tanaman itu sendiri. Kualitas, durasi dan intensitas sinar matahari sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Untuk itu, letakkan tanaman di area yang terkena sinar matahari selama 12-16 jam per hari untuk tanaman berbunga, dan 14-16 jam per hari untuk tanaman berdaun. Jika memang ruangan yang digunakan tidak mendapatkan sinar matahari langsung, maka Anda bisa menggunakan lampu fluorescent sebagai alternatif beberapa jenis tanaman.

 

Jangan Pindah Tanaman Terlalu Sering

Cara merawat tanaman indoor yang kedua adalah dengan tidak terlalu sering memindahkan tanaman. Namun perlu diperhatikan bahwa tanaman membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Oleh karena itu sebaiknya jangan terlalu sering memindahkan tanaman agar proses adaptasi berlangsung dengan baik.

Gunakan humidifier untuk ruangan kecil

Cara yang tak kalah pentingnya merawat tanaman indoor adalah dengan menggunakan humidifier jika tanaman diletakkan di ruangan kecil. Ini terutama dibutuhkan pada jenis tumbuhan tropis yang membutuhkan kelembaban yang cukup.

Beri Pupuk NPK

Pemberian pupuk NPK juga merupakan salah satu cara merawat tanaman dalam ruangan yang perlu dilakukan. Dalam hal ini tanaman indoor membutuhkan nutrisi yang baik untuk bisa tumbuh subur.

Disini anda bisa menambahkan pupuk natrium, fosfor, dan kalium atau NPK dengan dosis seimbang, yaitu 10-10-10. Nutrisi ini akan membantu merangsang tanaman untuk tumbuh dengan baik. Sehingga tanaman akan tumbuh subur dan berfungsi sebagai pembersih yang maksimal.

 

Pangkas Tanaman Secara Rutin

Cara merawat tanaman indoor yang tidak boleh dilupakan adalah dengan rutin memangkas tanaman. Hal ini dilakukan agar tanaman tidak tumbuh tidak terkendali. Dimana daunnya bisa tumbuh lebih tebal, hingga akarnya tumbuh keluar dari pot.

Dalam hal ini Anda bisa memangkas bagian tanaman yang kering, seperti daunnya. Karena jika dibiarkan bisa menarik perhatian serangga. Bagian tanaman yang kering ini dapat dipangkas pada titik tumbuh atau pada sudut 45 derajat untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman yang lebih sehat. Jika dilakukan dengan baik dan teratur maka tanaman akan tumbuh dengan baik, terlihat rapi dan menarik.

 

Jangan Membuang Teh atau Kopi ke Tanaman

Cara merawat tanaman indoor yang juga perlu diperhatikan adalah jangan membuang teh atau kopi ke dalam pot tanaman. Pasalnya, melempar teh atau kopi ke tanaman bisa menarik perhatian lalat yang bisa memakan tanaman itu sendiri.

Meski sebagian orang percaya bahwa menambahkan teh atau kopi pada tanaman dapat meningkatkan kesuburan, beberapa tanaman yang memiliki kadar asam rendah justru akan membunuhnya.

Dengan begitu, sebelum menuangkan teh dan kopi ke tanaman, lebih baik dipikirkan apa pengaruhnya terhadap jenis tanaman tersebut.

Post a Comment for "Cara Merawat Tanaman Hias dalam Ruangan"