Cara Menanam dan Perawatan Tanaman Hias dalam Pot - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menanam dan Perawatan Tanaman Hias dalam Pot

 

Cara Menanam dan Perawatan Tanaman Hias dalam Pot



Bagi kamu yang memiliki hobi bercocok tanam namun tinggal di perkotaan, sering kali mengalami kendala saat ingin menyalurkan hobimu. Kendala yang dirasakan tidak lain adalah ketersediaan lahan yang dapat digunakan sebagai media untuk bercocok tanam sangat terbatas. Untuk mengatasi masalah tersebut berbagai teknik bercocok tanam telah dikembangkan, khususnya budidaya tanaman hias.

Berbagai media dapat digunakan dari tanah hingga air. Namun yang akan dibahas pada artikel kali ini secara khusus adalah cara menanam dan merawat tanaman hias dalam pot. Pemuliaan tanaman hias dalam pot memiliki banyak manfaat, salah satunya tidak membutuhkan lahan yang luas. Selain itu dengan menempatkannya di dalam pot, tanaman hias tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai dekorasi interior.

Budidaya tanaman hias dalam pot

Memilih alternatif pembudidayaan tanaman hias dalam pot memang menjadi pilihan tepat jika Anda tidak memiliki cukup lahan untuk bercocok tanam. Cara ini tergolong cara yang paling sederhana jika dibandingkan dengan beberapa teknik bercocok tanam lainnya yang saat ini sedang booming di dunia pertanian. Agar tanaman hias bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, berikut cara yang bisa dilakukan:

Memilih Pot atau Media Tanam

Pastikan pot yang akan Anda gunakan memiliki lubang di bagian bawah. Lubang ini berfungsi agar saat menyiram tanaman, air tidak menggenang di tanah.

Sebelum menanam bibit, pemilihan media dan wadah merupakan komponen penting. Anda harus bisa menyesuaikan ukuran pot dengan tanaman yang ingin dibudidayakan. Kemudian, Anda juga harus memeriksa bagian bawah pot apakah ada lubang yang digunakan untuk pernafasan atau tidak. Jika lubang ini tidak ada, sebaiknya beri minimal lima lubang agar aliran air lebih lancar.

Beri lapisan pada pot

Lapisan dalam pot yang dimaksud disini adalah, sebelum menambahkan media tanam harus ditutup dengan bahan seperti batu kecil atau sabut kelapa. Bahan-bahan tersebut nantinya akan digunakan sebagai penahan pertumbuhan akar dan batang agar tanaman hias tidak mudah rontok.

Campur Tanah Dengan Nutrisi Untuk Media Tanam

 

Langkah selanjutnya adalah mengisi pot dengan media tanam yaitu tanah yang sudah dicampur dengan beberapa pupuk alami seperti pupuk kandang dan pupuk urea. Isi pot dengan tanah sekitar 1/3 bagian lalu masukkan tanaman yang ingin Anda tanam. Isi kembali dengan tanah tapi jangan sampai bagian atas pot. Sisakan sekitar 2cm agar saat disiram, air tidak meluap.

Penempatan dan Penggantian Pot

Tanaman yang mendapat sinar matahari langsung akan tumbuh lebih subur dan sehat dibandingkan tanaman yang kurang mendapat sinar matahari langsung.

Menanam tanaman hias dalam pot juga harus memperhatikan penempatan pot. Ini agar tanaman hias Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari sangat bermanfaat bagi tumbuhan untuk fotosintesis. Sedangkan perawatannya tidak jauh berbeda dengan tanaman pada umumnya yang membutuhkan air dan pupuk. Lalu yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus mengganti pot saat tanaman hias sudah semakin besar agar tidak roboh.

Ada berbagai macam tanaman hias yang bisa ditanam di dalam pot. Baik itu tanaman hias berbunga ataupun tanaman hias yang hanya berupa daun. Cara menanam dan merawat tanaman hias dalam pot juga tidak terlalu sulit dan tidak berbeda jauh dengan penangkaran tanaman hias pada umumnya. Cara ini bisa dijadikan alternatif jika Anda tidak memiliki cukup lahan untuk melakukan hobi bertani.

1 comment for "Cara Menanam dan Perawatan Tanaman Hias dalam Pot"

Berlangganan via Email