Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik dan Benar

 

Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik dan Benar



Menanam tanaman hias di pekarangan rumah membuat rumah terasa lebih sejuk dan nyaman. Beragam jenis tanaman hias tidak hanya bisa di tanam di pekarangan rumah, bahkan anda yang ingin menikmati keindahan tanaman hias ini bisa menanamnya bahkan di dalam ruangan. Tanaman hortikultura ini ditanam sebagai penghias sekaligus untuk menikmati keindahan bunga, daun, buah dan batangnya. Cara budidaya tanaman hias yang baik dan benar dapat dijadikan pedoman umum dalam membudidayakan berbagai tanaman hias.

Tahap Persiapan Budidaya Tanaman Hias

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa membudidayakan tanaman hias adalah dengan mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Kebutuhan dalam membudidayakan tanaman hias meliputi pemilihan tanaman hias yang akan dibudidayakan, alat dan perlengkapan untuk menanam dan merawat tanaman hias tersebut.

Memilih jenis tanaman hias

Aneka tanaman hias yang digandrungi para pecinta bunga.

Pemilihan tanaman hias yang akan dibudidayakan sangatlah penting, karena setiap tanaman hias membutuhkan perawatan dan kebutuhan tersendiri. Jenis tanaman hias sebenarnya sangat beragam, hanya saja Anda bisa memilih satu atau beberapa jenis tanaman hias untuk dibudidayakan. Ada beberapa tanaman hias yang memiliki potensi bisnis yang cukup besar, seperti anggrek, krisan, dan masih banyak lagi. Pemilihan tanaman ini bisa di sesuaikan dengan keinginan anda, karena bisa merangsang anda untuk merawat tanaman hias ini secara maksimal.

Persiapan alat dan media tanam

Peralatan yang perlu disediakan untuk membudidayakan tanaman hias cukup sederhana, mulai dari pot (ukuran sesuai jenis tanaman hias), sekop kecil, semprotan air, tanah atau media tanam lainnya (sesuai jenis tanaman hias). ). ). ), dan kompos. Selain alat-alat di atas, Anda juga perlu memastikan ketersediaan air yang cukup untuk menyiram tanaman hias Anda.

Tahapan menanam tanaman hias

Tahapan menanam tanaman hias tidak bisa dilakukan sembarangan. Oleh karena itu perlu diperhatikan jenis tanamannya, karena setiap tanaman hias mempunyai cara tanam sendiri-sendiri. Hanya saja pada umumnya tanaman hias bisa Anda tanam di tempat yang tersedia.

1. Langkah pertama, siapkan pot.

Untuk tanaman yang menggunakan tanah sebagai media tanam, Anda perlu mencampurkannya dengan kompos. Hal ini tentunya dimaksudkan agar tanah mengandung mineral dan unsur hara yang baik untuk pertumbuhan tanaman hias. Pembuatan media tanam sebaiknya dilakukan beberapa hari sebelum menanam tanaman hias. Tujuannya agar kandungan di dalam kompos bisa terserap seluruhnya di dalam tanah.

2. Setelah media tanam siap tanam, Anda bisa menanam tanaman hias sesuai jenis tanamannya. Ada tanaman hias yang bisa ditanam dari biji, ada yang berbentuk biji, dan masih banyak lagi. Jika tanaman hias menggunakan biji sebagai bibit, Anda juga perlu memperhatikan proses pembibitan agar bibit yang dihasilkan berkualitas. Saat bibit tanaman hias sudah siap untuk ditanam, Anda bisa langsung memasukkan tanaman tersebut ke dalam media tanam di dalam pot. Lalu siram dengan air secukupnya. Dalam beberapa hari setelah masa awal tanam ini, Anda perlu memastikan bahwa tanaman hias membutuhkan cukup air agar bibit dapat tumbuh dengan baik.

Merawat tanaman hias

Setelah bibit tanaman hias yang Anda tanam dapat hidup dengan baik, dapat dilanjutkan dengan perawatan yang intensif.

• Penyiraman secara teratur. Tanaman hias dapat disiram secara rutin setiap hari untuk menjaga kebutuhan air tanaman hias dalam proses fotosintesis

• Pemupukan

• Penerapan pestisida dan insektisida. Tanaman hias juga dapat terserang hama dan penyakit, sehingga perlu diaplikasikan pestisida atau insektisida sesuai dengan jenis hama atau penyakit yang menyerang tanaman hias tersebut.

Post a Comment for "Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik dan Benar"

Berlangganan via Email