Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Cara Sederhana Menghilangkan Hama di Tanaman Hias

 5 Cara Sederhana Menghilangkan Hama di Tanaman Hias



Hobi menanam dan mengoleksi tanaman hias belakangan ini menjadi sangat populer. Apalagi saat terjadi pandemi, menanam bisa dijadikan aktivitas positif saat berada di rumah. Namun salah satu masalah yang muncul adalah hama yang menyerang tanaman hias tersebut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara sederhana untuk membasmi hama pada tanaman hias. Penasaran bagaimana caranya? Simak detailnya di bawah ini.

Puntung rokok

Cara sederhana pertama untuk membasmi hama adalah dengan menggunakan puntung rokok. Kemampuan puntung rokok untuk membasmi hama tersebut berasal dari kandungan nikotin di dalamnya. Nikotin ini dapat mengurangi nafsu makan hama dengan mengganggu sistem saraf pusatnya.

Cara membuatnya cukup mudah, yang harus anda lakukan adalah menyediakan sekitar 1 ons puntung rokok, 1 sendok teh sabun dan sekitar 7 liter air. Setelah semua bahan terkumpul, bersihkan puntung rokok kemudian rendam dalam air selama kurang lebih 7 hari.

Jika sudah 7 hari, saring air rendamannya lalu tambahkan sedikit sabun ke dalamnya. Aduk rata lalu masukkan ke dalam botol semprot. Anda bisa menyemprotkannya pada tanaman untuk menghindari serangan hama seperti belalang, kutu dan ulat.

Bubuk soda kue

Selanjutnya ada cara sederhana pemanfaatan baking soda untuk membasmi hama pada tanaman hias. Cara membuatnya sangat mudah, anda hanya tinggal mencampurkan soda kue dengan sabun lalu menyemprotkannya pada tanaman hias.

Anda juga bisa menggunakan campuran ini untuk mengusir semut dengan mencampurkan soda kue dengan bordo. Bagusnya, pestisida alami ini bisa menjaga keseimbangan pH tanah. Seperti diketahui, pH yang seimbang akan lebih baik untuk mencegah berbagai hama menyerang tanaman hias.

Bawang putih

Apakah Anda pernah berpikir untuk menggunakan bawang putih untuk membunuh hama? Ya, bawang putih juga bisa digunakan sebagai agen pengendali hama pada tanaman hias. Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu menumbuk 4 atau 5 bawang putih lalu dimasukkan ke dalam 1 liter air. Setelah itu tambahkan 4 sampai 5 tetes sabun herbal.

Lanjutkan mengayak campuran agar ampasnya terpisah. Setelah itu, simpan cairan tersebut dalam botol kaca dengan tutup yang rapat. Untuk mengaplikasikannya pada tanaman, Anda tinggal mengencerkan cairannya dengan menggunakan 2 ½ gelas air.

Semprotkan tanaman yang ingin Anda desinfeksi. Campuran ini dapat membunuh berbagai hama seperti siput, kupu-kupu putih, semut, kutu daun, rayap, dan kumbang.

Daun pepaya

Tak ketinggalan, daun pepaya juga bisa Anda manfaatkan sebagai insektisida untuk tanaman hias. Adanya alkaloid, glikosida dan enzim papain di dalamnya dapat mengendalikan hama seperti ulat bulu, kutu daun dan rayap. Cara membuatnya cukup mudah, yang harus anda lakukan adalah menyiapkan sekitar 1 kilogram daun pepaya kemudian diblender dengan campuran air hingga teksturnya berubah seperti bubur.

Jika sudah, tuang adonan ke dalam wadah lalu tambahkan 1 liter air. Aduk hingga merata dan diamkan selama 2 malam. Jika sudah 2 malam, lanjutkan dengan penyaringan dan masukkan ke dalam botol semprot. Hasilnya, pestisida dari daun pepaya siap digunakan.

Kapur sirih

Nah yang terakhir adalah kapur sirih yang bisa anda manfaatkan untuk membasmi tanaman hias dengan cara yang sangat mudah. Siapkan 100 gram kapur sirih dan 1 liter air lalu campur keduanya.

Aduk hingga merata lalu masukkan ke dalam botol semprot untuk langsung diaplikasikan pada tanaman hias. Adanya zat fenol dan kavokol dalam kapur sirih dapat membunuh hama penghisap seperti tungau. Untuk itu, Anda benar-benar harus mencoba ramuan yang satu ini.

Post a Comment for "5 Cara Sederhana Menghilangkan Hama di Tanaman Hias"

Berlangganan via Email