Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tanaman Hias

 

Tanaman Hias – Pengertian, Budidaya, Cara Merawat & Aneka Jenis



Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias adalah segala jenis tanaman yang sengaja ditanam untuk keperluan dekoratif atau sebagai hiasan. Tanaman hias dapat ditanam di taman sebagai pelengkap desain lansekap, ditanam dalam pot yang ditempatkan di dalam atau di luar ruangan, dan sebagai bunga potong.

Budidaya Tanaman Hias

Suatu tanaman dapat dikategorikan sebagai tanaman hias jika memenuhi syarat-syarat tertentu, salah satunya adalah ditanam dan dirawat oleh seorang ahli pertamanan. Salah satu contohnya adalah tanaman yang semula tidak termasuk dalam kategori tanaman hias tetapi setelah dibentuk secara khusus masuk dalam kategori tanaman hias.

Misalnya tumbuhan yang dibentuk dengan metode topiari dibentuk dengan cara dipotong-potong menjadi berbagai bentuk, seperti binatang, tokoh terkenal, atau tokoh kartun tertentu.

Contohnya lavender yang bisa digunakan sebagai tanaman hias tapi juga dibudidayakan untuk diambil minyaknya. Oleh karena itu, metode penerapan budidaya berbeda.

Selain itu tanaman hias berbunga juga dibudidayakan karena aromanya, ada pula yang dibudidayakan karena bentuk dan warnanya yang indah.

Aneka Jenis Tanaman Hias

1. Bunga Hias

Jenis tanaman hias yang satu ini paling digemari karena keindahannya. Bunga tanaman berwarna-warni dan memiliki keharuman bunga alami yang memberikan efek menenangkan dan menyenangkan.

Contoh bunga yang dibudidayakan untuk tanaman hias adalah:

• Bunga Anggrek, memiliki jenis dan kultivar yang beragam, mencapai 6.000 jenis. Bunga anggrek sangat digemari para pecinta tumbuhan di Indonesia. Beberapa jenis anggrek yang populer di Indonesia antara lain anggrek hitam, anggrek kalajengking, anggrek bulan, anggrek kebutan, anggrek kumis, anggrek sendok, anggrek kilau, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

• Bunga kembang sepatu, bunga ini banyak ditanam di pekarangan rumah dan menjadi favorit karena perawatannya yang relatif mudah.

• Bunga amarilis, bunga berwarna putih dengan semburat merah atau jingga sangat indah, terutama karena warnanya yang kontras dengan daun yang hijau.

• Bunga Bougenville adalah jenis bunga yang populer di Indonesia karena warnanya yang beragam.

• Bunga teratai yang hanya tumbuh di permukaan air yang tenang ini terbagi menjadi 50 spesies yang tersebar di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

2. Pohon Pinus

Pohon cemara dikategorikan sebagai tanaman hias karena bentuk tanamannya yang indah dengan berbagai jenis. Ada yang ditanam sesuai ukuran aslinya di pekarangan rumah, ada pula yang bisa dibuat bonsai berukuran kerdil sehingga bisa diletakkan di dalam ruangan.

Beberapa jenis cemara yang terkenal antara lain:

• Pohon cemara inoki yang dapat ditanam di pekarangan rumah dan juga digunakan sebagai tanaman bonsai.

• Wind Pine, jenis cemara ini unik karena daunnya yang tipis sehingga terlihat seperti pinus.

• Silver Pine, dinamai demikian karena daunnya mengeluarkan warna keperakan saat terkena sinar matahari

3. Kaktus Hias

Selain bunga, kaktus merupakan salah satu jenis tanaman hias yang juga sangat digemari. Bentuk dan jenis kaktus sangat bervariasi, sehingga banyak pecinta tanaman yang terpana karena tidak ada kaktus yang sama. Segala bentuk unik dan menarik untuk dikoleksi.

Berikut beberapa jenis kaktus yang populer, di antaranya:

• Careus Tetragonus, sejenis kaktus asal Amerika Serikat yang ditumpuk dan menyerupai kastil.

• Kaktus Parodia adalah jenis kaktus yang memiliki bunga di bagian atasnya

• Kaktus Ariocarpus cocok untuk orang yang ingin merawat kaktus jenis ini dengan sedikit duri.

 

4. Palm Hias

Kelapa sawit sering dijadikan tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah. Daun dan bentuk pohonnya menyerupai pohon kelapa, hanya saja ukurannya lebih kecil. Jenis palem ada bermacam-macam, beberapa jenis memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Beberapa jenis pohon palem yang paling populer adalah:

• The Bottle Palm, dinamakan demikian karena batangnya yang membesar di bagian bawah, sehingga menyerupai botol.

• Raja Palm atau juga dikenal sebagai Royal Palm dalam bahasa Inggris.

• Palem Merah merupakan salah satu jenis palem hias yang sangat digemari karena keunikannya.


Post a Comment for "Tanaman Hias"

Berlangganan via Email