Perawatan Tanaman Hias di Pot - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perawatan Tanaman Hias di Pot

 


Perawatan Tanaman Hias di Pot

Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias adalah segala jenis tanaman yang sengaja ditanam untuk keperluan dekoratif atau sebagai hiasan. Tanaman hias dapat ditanam di taman sebagai pelengkap desain lansekap, ditanam dalam pot yang diletakkan di dalam atau di luar ruangan, dan sebagai bunga potong.

Berkebun dan merawat tanaman hias merupakan salah satu aktivitas yang digemari saat terjadi pandemi. Selain bisa mempercantik tampilan rumah, aktivitas ini juga bisa menghilangkan stres karena tidak bisa kemana-mana.

Bertani sekarang menjadi gaya hidup masyarakat. Tak terkecuali masyarakat perkotaan yang kebanyakan bercocok tanam di pekarangannya. Hal ini dikarenakan saat ini bercocok tanam mudah dilakukan walaupun di lahan yang sempit, meskipun itu bukanlah alasan seseorang tidak bisa bercocok tanam.

Jika kita memiliki pohon di rumah, kita akan mendapat manfaat dari menanam pohon untuk kelangsungan hidup manusia. Ingat, pohon merupakan sumber oksigen yang dihirup setiap hari.

Ada beberapa cara atau teknik penanaman pohon yang bisa dilakukan di lahan sempit. Mulai dari menggunakan media polybag, pot, atau bahkan sekarang bisa menggunakan media tanam yang terbuat dari air.

Pohon atau tanaman yang ditanam pada media yang tidak membutuhkan lahan seluas ini adalah tanaman hias. Selain karena banyak manfaatnya, ternyata juga bisa membantu mempercantik tampilan rumah.

 

Cara merawat tanaman hias agar tetap sehat dan indah caranya cukup mudah. Berikut beberapa cara merawat tanaman hias yang biasanya ditanam dalam pot dengan benar dan tepat.

1. Pemilihan pot

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan pot dan media tanam. Usahakan memilih pot sesuai dengan jenis tanaman hias yang akan ditanam. Selain itu, usahakan untuk memiliki desain pot yang sesuai dengan tempat penempatan pot.

Pilih pot yang memiliki lubang drainase yang memadai. Setelah pot siap, segera isi 1/3 pot dengan media tanam, lalu masukkan tanaman hias ke dalam pot. Yang harus diperhatikan saat memasukkan tanaman ke dalam pot, jangan mencabut semua media dari mana tanaman itu berasal karena akan menyulitkan tanaman tersebut untuk beradaptasi.

Setelah tanaman masuk ke dalam pot, tutupi dengan sisa media tanam dan tekan ke bawah. Usahakan untuk tidak mengisi panci sepenuhnya. Beri sisa minimal 2 cm agar saat air tidak meluap. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang menempel pada dinding luar pot agar tanaman dalam pot terlihat lebih cantik.

2. Penempatan pot

Selain pemilihan pot yang tepat, penempatan posisi pot juga sangat mempengaruhi kelangsungan tanaman hias. Ada beberapa jenis tanaman hias yang dapat hidup dengan baik jika mendapat sinar matahari yang cukup. Jadi, jika tanaman hias yang dipilih termasuk tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari, letakkan di tempat yang mendapat cukup sinar matahari.

3. Penyiraman atau penyiraman

Ada beberapa teknik penyiraman tanaman hias dalam pot. Yang pertama dengan menyiram langsung di atas tanah tempat tanaman ditanam. Dan cara yang kedua adalah dengan memberikan air pada alas pot. Air akan diserap oleh sistem kapiler. Setiap jenis tanaman memiliki jenis penyiramannya sendiri-sendiri. Penyiraman paling baik dilakukan pada pagi hari antara jam 7 dan 10, atau pada sore hari.

4. Pemupukan

Tanaman hias juga membutuhkan pupuk untuk menutrisi agar bisa tumbuh subur. Untuk tanaman bunga hias, usahakan diberikan pupuk NPK sebulan sekali.


Post a Comment for "Perawatan Tanaman Hias di Pot"

Berlangganan via Email