Metode Dan Tips Menanam Tanaman Hias di Lahan yang Sempit - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Metode Dan Tips Menanam Tanaman Hias di Lahan yang Sempit

 





Metode Dan Tips Menanam Tanaman Hias di Lahan yang Sempit

Kegiatan berkebun atau menanam tanaman ini bisa dibilang hobi yang sangat menarik dan memiliki banyak manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan tersebut. Diantaranya adalah kita bisa mempercantik rumah sekaligus pekarangan di sekitar rumah kita. Selain itu, bercocok tanam atau berkebun merupakan kegiatan yang sangat baik untuk menghilangkan potensi stres yang muncul akibat bekerja di kantor dan hal lainnya. Namun terkadang lahan yang sempit menjadi alasan bagi kita untuk tidak berkebun atau merasa bingung bagaimana memanfaatkannya sebaik mungkin.

Berikut ini beberapa cara berkebun atau bercocok tanam bagi Anda yang memiliki lahan sempit atau terbatas. Tips menanam tanaman di lahan sempit ini setidaknya akan memberi Anda ide untuk memaksimalkan lahan Anda.

Berkebun Menggunakan Metode Pot / Polybag

 

Selain pot, Anda juga bisa menggunakan polybag untuk menanam tanaman yang ingin Anda tanam. Pemilihan tanaman yang tepat sangat penting karena tidak semua tanaman bisa ditanam di dalam pot atau tumbuh dengan baik jika menggunakan polybag. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menanam menggunakan pot atau polybag adalah tanaman harus terpapar sinar matahari yang cukup dan juga mendapat nutrisi yang cukup. Jika kita menanam di dalam tanah, tanaman bisa mendapatkan hara langsung dari tanah. Berbeda ketika kita menanam pot, kita harus menambah pupuk dan menyediakan air yang cukup setiap hari agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Berkebun dengan Metode Hidroponik

 

Cara bercocok tanam di lahan sempit selanjutnya adalah dengan menggunakan sistem hidroponik yaitu dengan menggunakan air sebagai media tanam. Cara ini tergolong baru, namun dapat memberikan hasil yang tidak jauh berbeda jika kita menggunakan media tanah. Air yang digunakan sebagai media tanam diberikan berbagai unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Cara tanam hidroponik sendiri memiliki beberapa teknik yang bisa kita pilih, salah satunya yang cukup mudah adalah teknik sumbu hidroponik yang menggunakan botol plastik bekas sebagai wadahnya.

Berkebun dengan Metode Vertical Garden

Cara lain menanam tanaman hias di lahan sempit atau terbatas adalah dengan membuat taman vertikal. Cara ini selain mendapatkan lahan atau sudut ruangan secara maksimal, juga akan membuat taman kita terlihat sangat asri dan juga unik. Sebagian besar cara tersebut menggunakan tembok atau tembok sebagai tempat meletakkan pot yang ditanami tanaman, baik itu tanaman hias maupun tanaman lainnya. Seringkali juga menggunakan sistem rak atau menggunakan railing bekas yang ditempelkan pada dinding rumah.

Berkebun Menggunakan Wadah

Anda juga bisa menggunakan wadah sebagai wadah tanam yang bagus untuk menanam berbagai jenis tanaman atau sayuran. Tanah yang digunakan haruslah tanah yang baik dan telah dicampur dengan pupuk alami untuk menambah unsur hara dalam tanah. Letakkan di area yang terkena sinar matahari. Cara ini biasanya digunakan jika Anda tinggal di tempat yang tidak memiliki tanah seperti di kantor, apartemen atau tempat lainnya.

Tips Menanam Tanaman di Lahan Sempit

• Sebaiknya pilih tanaman yang tahan lama dan cocok ditanam di wadah tertentu seperti pot atau wadah. Contoh tanaman yang cocok dan sering ditanam dalam pot dan wadah adalah tanaman puring, lidah mertua, dan beberapa jenis sayuran.

• Pilih tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat dan memiliki kemampuan menyaring udara dari zat beracun.

• Pilih tanaman yang memiliki ukuran kecil atau tanaman yang tidak akan tumbuh besar dan tidak rimbun.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menanam tanaman di lahan sempit dan terbatas yang dapat Anda pilih sesuai dengan kondisi lahan dan kesukaan Anda.

Post a Comment for "Metode Dan Tips Menanam Tanaman Hias di Lahan yang Sempit"

Berlangganan via Email