Mengenal Lebih Dekat Bunga Anggrek, Tanaman Hias Populer Sepanjang Masa - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Lebih Dekat Bunga Anggrek, Tanaman Hias Populer Sepanjang Masa


 

Mengenal Lebih Dekat Bunga Anggrek, Tanaman Hias Populer Sepanjang Masa

Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias adalah segala jenis tanaman yang sengaja ditanam untuk keperluan dekoratif atau sebagai hiasan. Tanaman hias dapat ditanam di taman sebagai pelengkap desain lansekap, ditanam dalam pot yang diletakkan di dalam atau di luar ruangan, dan sebagai bunga potong.

Berkebun dan merawat tanaman hias merupakan salah satu aktivitas yang digemari saat terjadi pandemi. Selain bisa mempercantik tampilan rumah, aktivitas ini juga bisa menghilangkan stress karena tidak bisa kemana-mana.

 

Apakah Anda seorang pencinta tanaman hias? Jika demikian, tentunya anda tahu bahwa budidaya tanaman hias merupakan salah satu upaya pengembangan dalam memanfaatkan media tanam. Budidaya tanaman hias sangat beragam, termasuk tanaman yang mempunyai bentuk yang indah dan sengaja ditanam untuk keperluan tertentu.

 

Siapa yang tidak kenal dengan anggrek, tanaman hias yang masih diminati oleh banyak orang hingga saat ini. Keunikan bentuk dan warnanya membuat bunga ini sering dicari oleh para penghobi. Hingga saat ini, 750 famili, 43.000 spesies, dan 35.000 varietas anggrek hibrida telah diidentifikasi di seluruh dunia. Sebanyak 5.000 spesies di antaranya ada di Indonesia.

 

Anggrek termasuk dalam keluarga Orchidaceae. Dilansir dari Indonesia.go.id, nama bunga ini diambil dari bahasa Yunani yaitu anggrek. Kata tersebut secara etimologis berasal dari kata rorchis yang berarti buah pelir atau testis. Masih banyak yang belum mengetahui bahwa anggrek lebih mewakili laki-laki, hal ini terlihat dari penamaan bunga ini.

Tanaman hias ini kerap dipilih karena mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Tumbuhan tetap mampu menghasilkan bunga yang indah meski baru didatangkan dari jarak yang cukup jauh. Letak hidup anggrek cukup beragam, dari dataran rendah hingga dataran tinggi, tergantung jenis anggrek yang dipilih.

Anggrek ada dua jenis yaitu epifit dan terestrial. Anggrek epifit merupakan jenis anggrek yang tumbuh menempel pada tumbuhan lain, namun tidak merusak tumbuhan. Jenis anggrek epifit yang mudah dijumpai adalah dari genus Dendrobium, Bulbophyllum, dan Coelogyne.

Sedangkan anggrek terestrial merupakan anggrek yang hidup di permukaan tanah, seperti dari genus Spathoglottis, Calanthe, dan Paphiope-dilum.

Anggrek yang dibudidayakan umumnya tumbuh di lumut, pakis, serutan kayu, sabut kelapa, arang, dan kulit kayu pinus. Sedangkan untuk anggrek yang membutuhkan pot ditambahkan pecahan bata di dasar pot untuk meningkatkan kemampuan drainase dan aerasi.

Berdasarkan pola pertumbuhannya, anggrek dibedakan menjadi dua jenis, yaitu simpodial dan monopodial. Jenis simpodial merupakan anggrek yang tidak mempunyai cabang utama sehingga bunganya keluar dari batang, misalnya Dendrobium dan Cattleya. Sedangkan jenis monopodial adalah tanaman anggrek yang tumbuh tegak pada salah satu batang dan bunganya muncul dari sisi batang di antara dua daun ketiak, misalnya Vanda, Arachnis, dan Arantera.

Mungkin Anda pernah mendengar tentang jenis anggrek atau anggrek hutan. Istilah spesies anggrek diberikan kepada tanaman anggrek yang tumbuh secara alami di habitat aslinya. Tanaman ini tidak kawin silang dengan anggrek lain. Jenis anggrek atau anggrek hutan inilah yang menjadi kekayaan hayati Indonesia yang harus dilestarikan.

Dari sekian banyak jenis anggrek yang ada di dunia, terdapat 500 jenis anggrek yang menjadi komoditas perdagangan dan dibudidayakan. Di antara ratusan anggrek komersial, ada lima jenis anggrek yang paling mudah ditemukan, yaitu Dendodrium, Cattleya, Vanda, dan Orcidum.

Post a Comment for "Mengenal Lebih Dekat Bunga Anggrek, Tanaman Hias Populer Sepanjang Masa"