Tutorial Cara Membuat Google Form Untuk Berbagai Keperluan Videoder Untuk PC - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tutorial Cara Membuat Google Form Untuk Berbagai Keperluan Videoder Untuk PC

 Tutorial Cara Membuat Google Form Untuk Berbagai Keperluan Videoder Untuk PC memang belum banyak diketahui. Karena masih banyak yang belum mengerti apa itu google form, walau pun akrab dengan nama tersebut. Karena google begitu sering dan hampir selalu digunakan oleh semua pemilik ponsel pintar untuk berbagai keperluan.



Nama google selalu dikaitkan dengan penggunaan sebuah ponsel baik itu untuk membuat akun atau pun sebagai mesin pencari. Sekarang inĂ® banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan fitur yang terdapat dalam google. Bukan hanya untuk mencari informasi saja, kini Anda dapat menghasilkan banyak uang darinya.

Google merupakan sebuah nama besar yang kini erat kaitannya dengan ponsel pintar berbasis android. Anda tak akan bisa melakukan banyak hal jika tak memilii akun pada platform ini. Bahkan kini berbagai bisnis memanfaatkan fasilitas atau fitur yang terdapat didalamnya secara gratis.

Hidup didunia digital dimana banyak hal dilakukan dengan cara yang mudah serta memanfaatkan teknologi. Seperti membuat lembar pendaftaran atau pun pooling dapat dilakukan dengan fitur yang ada. Seperti membuat google form yang kini banyak dilakukan untuk berbagai keperluan.

Fitur dari google ini sangat bermanfaat bagi Anda pelaku bisnis atau pun pekerja dibidang informasi. Dengan menggunakan fitur yang satu ini Anda bukan hanya mempermudah dan memperingan pekerjaan saja, juga mempercepat. Hanya dalam sekali pengerjaan, Anda dapat melakukan banyak hal.

Google form merupakan sebuah fitur atau pun teknologi yang dipersembahkan oleh google. Sebuah teknologi yang bukan hanya sebuah lembar isi tapi juga mempercepat proses pengumpulan data. Hanya dalam hitungan menit, Anda dapat langsung mengumpulkan data yang telah masuk dari pada responder.

Namun Anda perlu mengetahui cara atau bagaimana membuat google form agar tak perlu repot membayar atau melibatkan orang lain. Walau pun kini Anda dapat dengan mudah memiliki sebuah google form hanya dengan menggunakan jasa seseorang. Namun, akan lebih baik jika Anda dapat membuatnya sendiri.

Fitur dari google ini bukan hanya dalam bentuk dokumen saja tapi juga slide serta spreadsheet. Begitu banyak kemudahan yang Anda dapatkan hanya dari google form yang mudah serta gratis. Untuk membuatnya pun hanya perlu beberapa menit saja dan fitur ini pun siap Anda pakai untuk berbagai keperluan.

Jika Anda belum tahu cara untuk membuat sebuah google form dapat dipelajari hanya dalam beberapa langkah saja. Anda tak peru bingung serta pusing karena tak terbayangkan atau belum tahu caranya. Karena ada langkah-langkah mudah yang dapat dipelajari oleh siapa pun tanpa perlu memiliki kemampuan khusus.

Kemudahan Yang Anda Dapat Dengan Membuat Google Form

Google form kini tak asing lagi digunakan oleh berbagai kalangan baik pemilik usaha maupun karyawan. Apalagi bagi pemilik bisnis online atau untuk kepentingan survey data serta informasi. Hanya dalam sekali pekerjaan, Anda sudah dapat mendapatkan banyak keuntungan darinya.

Tentunya hal penting yang harus Anda miliki sebelum membuatnya adalah akun google, karena tanpa memiliki itu tak mungkin ada google form. Akun google pasti dimiliki oleh Anda yang menggunakan ponsel pintar berbasis android. Dan berbekal hal itu Anda dapat langsung membuat sebuah google form baik berupa dokumen, spreadsheet atau pun slide.

Saat Anda membuat google form tentunya karena mengetahui keuntungan yang ada didalamnya. Bukan hanya sekedar untuk mengumpulkan data tapi ada keuntungan lainnya, diantaranya adalah.

1.      Data terkumpul secara cepat atau real time tanpa perlu bertanya secara satu persatu.

2.      Tak perlu repot mencetak pertanyaan serta jawaban dari kuisioner yang ada.

3.      Dapat langsung menyajikannya dalam grafik.

4.      Menghemat waktu serta tenaga untuk mendapat jawaban atau data yang diperlukan.

5.      Jaminan data tersimpan aman karena tersimpan secara otomatis di google drive. Ini merupakan salah satu fitur yang ada dan menguntungkan para penggunanya.

Dan masih banyak lagi keuntungan atau manfaat dari menggunakan sebuah google form. Hanya dengan Anda membuat google form, banyak hal yang bukan hanya dihemat juga mempercepat proses pekerjaan yang sedang dilakukan. Karena dengan memanfaatkan fitur yang terdapat di google serta teknologi yang ada, Anda bertindak lebih pintar dibandingkan yang lainnya.

Walau pun kebanyakan orang menggunakan google form hanya untuk sebuah pertanyaan atau kuisioner, tapi hal itu sangat membantu. Sebenarnya Anda dapat pula membuat google form untuk keperluan lainnya dengan bentuk lainnya seperti slide. Dengan tambahan fitur google drive, maka data yang telah terkumpul tak akan rusak karena hal apa pun.

Tak perlu diperlukan sebuah pendidikan atau pun training untuk dapat membuatnya, karena Anda dapat dengan mudah menemukannya. Di laman internet seperti google, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diberikan. Baik itu untuk bentuk pertanyaan atau pun pendaftaran suatu acara atau lembaga pendidikan.

Ketahui Cara Membuat Google Form Diberbagai Perangkat

Google form bukan hanya dapat Anda buat pada ponsel berbasis android saja, tapi juga ios serta komputer atau pc. Anda bukan hanya sekedar membuat lembar data atau pertanyaan, dapat pula menambahkan sebuah gambar, video juga slide. Hal itu dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan dari pembuatannya.

Sebagai awal dari membuat google form adalah adanya akun google dan Anda dapat mengikuti beberapa  langkah mudah yang terdapat dibawah ini.

1.      Pastikan akun google yang Anda miliki dalam kondisi aktif. Kemudian bukalah google mail milik Anda dan pilih google docs atau google form.

2.      Kemudian pilihlan bentuk lembar yang diinginkan atau template, dapat blank atau pun bentuk yang telah terdapat sebuah background serta gambar untuk mempercantik.

3.      Anda kemudian dapat mengisi judul dari lembar pertanyaan atau kuisioner dengan mengganti kolom untitled form. Dengan mengklik bagian tersebut Anda dapat langsung mengganti dengan judul yang diinginkan.

4.      Langkah selanjutnya dalam membuat google form adalah menjelaskan detail mengenai lembar atau pertanyaan yang ada dalam kolom-kolom dibawahnya. Dengan  mengganti form description dibagian bawah judul. Hal ini agar para responder mengerti  dari dibuatnya lembar pertanyaan tersebut.

5.      Kini memasuki bagian terpenting yaitu pertanyaan pada bagian question. Anda dapat mulai mengetik pertanyaan apa yang akan diajukan serta bentuk jawabannya. Jika jawaban yang dibutuhkan hanya ya atau tidak maka pilihlah multiple choice. Namun jika yang dibutuhkan berupa jawaban panjang atau uraian maka pilih paragraph atau short answer.

6.      Selanjutnya adalah mengirim form atau lembar tersebut, dapat melalui email atau pun dengan link. Jika ingin melalui email, klik send yang terdapat pada bagian atas kanan, tulis alamat email serta klik include form in email. Setelah selesai jangan lupa mengklik send yang ada dibagian bawah kanan.

7.      Namun, jika ingin mengirim melalui link dapat dengan cara klik ikon peniti, kemudian shorten url lalu copy. Dengan cara ini Anda dapat membagikan lembar atau google form lebih cepat seperti pada group whatsapp.

Sangat mudah dan cepat bukan untuk dapat membuat google form untuk berbagai keperluan baik di pc maupun ponsel pintar. Tak perlu meminta bantuan atau jasa  orang lain lagi, karena Anda dapat mengikuti langkah-langkah diatas.

 


Post a Comment for "Tutorial Cara Membuat Google Form Untuk Berbagai Keperluan Videoder Untuk PC"