Cara Screenshot di Laptop dan PC yang Simpel dan Mudah - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Screenshot di Laptop dan PC yang Simpel dan Mudah

Cara Screenshot di Laptop dan PC yang Simpel dan Mudah - Screenshot merupakan gambar tangkapan layar yang diambil oleh laptop atau komputer (PC) untuk merekam apa yang ditampilkan di layar kerja kita. Namun, sebagian orang mungkin masih belum mengerti cara mengambil screenshot, baik di laptop maupun PC. Padahal terkadang kita perlu mengambil screenshot dari layar laptop.




Hal ini tentunya sangat penting dan dapat menunjang performa Anda. Karena cara mengambil screenshot di laptop dan PC berbeda dengan cara mengambil screenshot di smartphone, smartphone hanya menggunakan cara praktis seperti sentuhan tiga jari saja. Umumnya, kebanyakan orang tahu cara menggunakan tombol PrintScreen di keyboard untuk mengambil screenshot di laptop maupun PC.

Ada juga beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Tentunya dengan menguasai beberapa cara mengambil screenshot di laptop atau PC akan memberikan banyak keuntungan. Salah satunya dapat mempersingkat waktu kerja Anda.

Nah, dibawah ini kita akan mengulas tentang cara screenshot di laptop dan PC yang sangat simpel dan bisa dilakukan dengan mudah. Sebelum membahas screenshot di PC kita akan membahas tentang cara screenshot di laptop terlebih dahulu. Berikut ini 4 cara pengambilan screenshot di laptop yang cukup simpel dan mudah.

·         Gunakan tombol PrintScreen (prt sc).

Tombol PrintScreen pada keyboard memang bisa digunakan untuk screenshot. Sekalipun sederhana, kita tidak bisa mengambil screenshot sesuai ukuran layar yang dibutuhkan karena hanya diperlukan layar penuh untuk menangkap layar dengan tombol PrintScreen. Tombol ini secara otomatis akan menyimpan gambar di slot salinan laptop. Nah, berikut cara mengambil screenshot di laptop dengan PrintScreen:

·         Buka halaman yang ingin Anda ambil screenshot di laptop Anda.

·         Lalu tekan tombol PrintScreen yang ada di kanan atas laptop. Setelah menekan tombol PrintScreen, tidak ada yang terjadi. Tangkapan layar yang dihasilkan akan disimpan di clipboard dan Anda dapat menempelkannya.

·         Setelah itu, buka aplikasi pengolah gambar / lukisan dan tempel tangkapan layar (Ctrl + V). Anda akan mendapatkan tangkapan layar dari seluruh layar.

·         Setelah itu bisa edit dulu, atau langsung simpan, tinggal pilih "File"> "Save As".

·         Gunakan tombol Alt dan PrintScreen.

Cara mengambil screenshot di laptop selanjutnya yaitu menggunakan tombol Alt dan PrintScreen secara bersamaan. Caranya mudah karena Anda tidak perlu membuka aplikasi screenshot untuk mengambil gambar tertentu di layar. Adapun cara screenshot di laptop dan PC menggunakan tombol Alt dan PrintScreen yaitu:

·         Tentukan jendela program untuk mengambil tangkapan layar. Misalnya, jika Anda ingin mengambil screenshot di program Word. Oleh karena itu, pertama-tama arahkan kursor ke jendela Word, lalu tekan Alt + PrintScreen.

·         Seperti metode pertama, buka program Paint dan paste dengan cara klik kanan> Paste atau Ctrl + V.

·         Setelah itu, Anda bisa langsung menyimpannya.

 

·         Gunakan aplikasi alat screenshot snipping tool. 

Selain menggunakan tombol "PrintScreen", Anda juga dapat menggunakan aplikasi "Snipping Tool" untuk mengambil screenshot di laptop Anda. Aplikasi ini mudah dipasang di laptop Anda, Anda hanya perlu menginstalnya terlebih dahulu. Aplikasi ini berbeda dengan screenshot layar penuh yang menggunakan tombol "Print Screen". Dengan menggunakan aplikasi Snipping Tool, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot gambar sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Snipping tool juga bisa diaplikasikan di PC Anda. Cara screenshot di laptop dan PC ini sangat mudah dan simpel. Anda hanya perlu menginstall aplikasi snipping tool saja dan selanjutnya ikuti panduan dibawah ini.

·         Buka halaman yang ingin Anda ambil screenshotnya.

·         Kemudian tekan tombol Windows, ketik Snipping Tool dan pilih perangkat lunak.

·         Di jendela "Snipping Tool", Anda dapat memilih 4 mode pada menu "New".

·         Pilih mode tangkapan layar yang diinginkan. Tangkapan layar bentuk bebas, tangkapan layar sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan. Tangkapan layar persegi panjang, Anda dapat mengambil tangkapan layar sesuai kebutuhan, dengan empat sisi. Jendela dan screenshot layar penuh, kedua opsi ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk screenshot layar penuh.

·         Kemudian, Anda hanya perlu menggerakkan kursor sesuai bagian layar yang ingin Anda tangkap.

·         Tangkapan layar akan ditampilkan di jendela "Snipping Tool".

·         Setelah selesai, Anda bisa memilih menu "File"> "Save As". Kemudian simpan di mana pun Anda mau.

 

·         Gunakan aplikasi PhotoScape.

Mungkin sebagian dari Anda sering menggunakan aplikasi PhotoScape untuk mengedit foto, seperti menambahkan teks pada foto atau membingkai beberapa foto menjadi sebuah bingkai. Cara menggunakan photoscape adalah sebagai berikut:

·         Tentunya Anda harus menginstall aplikasi PhotoScape terlebih dahulu.

·         Pilih area untuk mengambil tangkapan layar.

·         Buka aplikasi PhotoScape. Klik ikon Tangkapan Layar.

·         Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang menampilkan beberapa opsi yang ingin Anda gunakan.

·         Setelah mengambil foto, Anda dapat memotong atau mengeditnya sesuka hati, lalu menyimpannya.

Pada dasarnya cara screnshot di laptop dan PC hampir sama, yang membedakan adalah type dan jenis PC atau laptop yang digunakan. Terkadang ada perbedaan tombol atau perintah yang berbeda per masing-masing merk laptop dan PC. Sehingga kita hanya perlu mempelajarinya perlahan dan satu persatu untuk mengetahui fungsi dan tombol mana saja yang cocok dan mudah untuk kita praktekkan.

Nah, karena sebagian besar perintah atau cara screenshot di laptop dan PC hampir sama, dibawah ini hanya akan kita tambahkan beberapa saja mengenai cara screenshot di PC yang bisa juga dipraktekkan di laptop.

 

·         Gunakan Tombol Windows + Shift + S

Masih dengan tombol Windows, Anda bisa mengkombinasikan tombol Shift dan S, Anda bisa mengambil screenshot di area spesifik pada layar. Pada saat Anda memencet kombinasi tombol tersebut bersamaan, layar PC akan menjadi abu-abu. Selanjutnya Anda bisa membuat area spesifik di layar untuk kemudian mengambil screenshotnya.

·         Gunakan Game Bar

Cara screenshot di laptop dan PC selanjutnya yaitu menggunakan game bar. Tekanlah tombol Windows + G bersamaan untuk membuka game bar. Atau Anda juga bisa membuat kombinasi tombol sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Saat akan mengambil screenshot, tekan tombol itu hingga muncul kotak Yes, this is a game. Selanjutnya pencet Windows + Alt + PrtScr secara bersamaan. Gambar hasil screenshot ini kemudian akan tersimpan otomatis di folder Users yang ada di direktori C pada laptop atau PC Anda.

·         Memanfaatkan Aplikasi Dropbox

Cara terakhir yaitu Anda bisa memanfaatkan aplikasi Dropbox. Agar dapat menggunakan fitur ini, tentu Anda harus menginstall aplikasi Dropbox terlebih dahulu di PC Anda ya!

Demikian artikel tentang cara screenshot di laptop dan PC yang simpel dan mudah. Anda bisa mencobanya satu persatu untuk mengetahui mana cara yang paling mudah untuk Anda gunakan sehari- sehari. Anda juga bisa mengikuti petunjuk sesuai dengan tombol-tombol yang ada di laptop maupun PC Anda, karena memang tidak semua laptop dan PC mempunyai tanda atau tombol yang sama.

 

Post a Comment for " Cara Screenshot di Laptop dan PC yang Simpel dan Mudah"

Berlangganan via Email