Cara Memperkecil Ukuran File Pada PDF secara Online dan Offline - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memperkecil Ukuran File Pada PDF secara Online dan Offline

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online dan Offline - Cara untuk kompres file pada PDF terkadang dibutuhkan oleh seseorang untuk beberapa kepentingan. Portable atau singkatnya PDF adalah Document Format yang merupakan salah satu format dokumen digital yang umum digunakan oleh orang banyak. Bila disamakan dengan Word, pada format PDF lebih mudah dibuka dan dibaca dalam format digital.

 



Meski demikian, ukuran format pada PDF bisa sangat besar. Sehingga format yang besar tersebut dapat memakan tempat atau menyulitkan Anda saat ingin mengirim file dalam format PDF melalui email atau apapun. Cara memperkecil ukuran file PDF online dan offline pun menjadi solusi yang paling dicari.

 

Cara Untuk Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online dan Offline

 

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk kompres PDF. Anda bisa melakukan cara kompres file PDF baik secara offline maupun online. Cara untuk memperkecil ukuran file PDF secara online dan offline pun terbilang mudah dan cepat. Anda tidak perlu kerepotan lagi untuk mengedit atau mengutak atik dokumen untuk cara kompres PDF. Seperti uraian atau langkah-langkah berikut ini!

 

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online

 

·         PDF Compressor

Selanjutnya adalah mengecilkan ukuran file PDF yang dilakukan secara online. Salah satu situs yang dapat anda manfaatkan untuk mengompres File PDF adalah PDF compressor.

 

Anda hanya cukup membuka pdfcompressor.com/id/ kemudian pilih menu ‘Unggah File’, atau dapat juga dengan mengarahkan langsung file lokasi yang disediakan. Tunggu beberapa saat, bila sudah keluar hasilnya, maka Anda bisa langsung mengunduh dan menyimpannya.

 

·         SmallPDF

selanjutnya adalah dengan menggunakan software SmallPDF, yakni salah satu situs web PDF terbaik yang dapat anda gunakan untuk mengompres file PDF secara online. Dimana pada situs ini memungkinkan Anda untuk mengurangi ukuran PDF tanpa harus menghilangkan kualitasnya. Tidak hanya dapat mengurangi ukuran pada file PDF, software ini juga dapat mengkonversi file PDF ke dalam banyak format file lainnya seperti:

·         PPT

·         JPG

·         EXCEL

·         Word, dan lainnya

 

Beberapa kelebihan yang ada pada situs ini yaitu sudah menggunakan bahasa Indonesia bahkan disertai dengan fitur unggah dari Google Drive dan juga Dropbox. Cara untuk menggunakannya pun cukup mudah yakni:

·         buka softwarenys smallpdf.com/id/mengompres-pdf.

·         Kemudian pilih ‘Letakan PDF Anda Disini’.

·         Tunggu beberapa saat sampai selesai proses pengunggahan.

·         Bila sudah selesai, maka akan keluar halaman baru yang isinya adalah hasil kompresi serta tombol unduh.

 

·         IlovePDF

Selanjutnya ada software IlovePDF yang dapat anda gunakan untuk berbagai macam keperluan seperti menggabungkan, membagi, mengompres, sampai dengan mengonversi file PDF.

 

Caranya juga termasuk mudah, yakni:

·          Anda hanya perlu membuka situs websitenya, yakni www.ilovepdf.com/compress_pdf.

·         Kemudian untuk mengupload file PDF, Anda tekan pilihan tombol 'Compress'.

·         Situs web ini akan mengurangi ukuran file tanpa mempengaruhi kualitas file PDF Anda.

 

Di dalam situs tersebut nantinya anda akan diberikan 3 opsi untuk mendapatkan hasil dan ukuran yang sesuai dengan keinginan, yakni kompresi extreme yang memiliki kualitas rendah, lalu kompresi yang disarankan dengan kualitas yang bagus, serta kompresi rendah untuk kualitas yang tinggi.

 

·         PDF2GO

PDF2GO merupakan alat mengecilkan ukuran file PDF online terbaik lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengompres PDF. Dengan PDF2GO ini Anda dapat mengurangi ukuran file PDF dengan cepat. Ada dua bentuk kompresi berbeda yang dapat Anda manfaatkan, yakni Basic dan Strong.

 

Pada pilihan basic akan memberikan Anda ukuran file yang sedang namun dengan kualitas yang tinggi, dan sebaliknya pada strong akan memberikan ukuran file yang lebih kecil namun dengan kualitas yang sedang. Tidak hanya mengompres situs web ini juga dapat digunakan untuk membagi, menggabungkan, sampai dengan mengkonversi file PDF.

 

Cara untuk menggunakannya adalah:

·         Buka situs website pdf2go.com/compress-pdf.

·         Masukkan file lalu tunggu situs mengompres.

·         Setelah selesai unduh dan simpan PDF.

 

·         FreePDFConvert

Cara memperkecil ukuran file PDF secara online terakhir adalah dengan menggunakan FreePDFConvert. Pada situs ini memiliki tampilan yang sederhana serta ringan. File PDF Anda dapat langsung diunggah atau bisa juga melalui cloud storage google drive dan dropbox.

 

Cara untuk memanfaatkan situs ini adalah:

·         Anda buka situs website tersebut, yakni www.freepdfconvert.com/id/kompres-pdf

·         Kemudian klik menu ‘Pilih File PDF’.

·         Selanjutnya tunggu sampai proses unggah dan kompresi selesai sebelum mengunduh file yang diinginkan.

 

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Offline

 

·         Ms. Word

Cara untuk memperkecil ukuran ukuran file PDF yang pertama cukuplah mudah.  Anda cukup manfaatkan salah satu software yang sudah menjadi bawaan pada laptop, yakni Microsoft Word. Namun, sebagai catatan kalau cara ini hanya berlaku untuk Microsoft Word 2010 ke atas.

 

Berikut cara memperkecil file PDF dengan Microsoft Word:

 

·         Buka file PDF pada Word dengan menggunakan opsi 'Open' di menu file. Atau bisa juga dengan men-drag file PDF ke lembar kerja Word untuk membukanya.

·         Selanjutnya Anda klik 'File' lalu pilih 'Save As'

·         Klik menu dropdown jenis file, Anda pilih PDF

·         Kemudian cari opsi 'Optimize for'

·         Pilih opsi 'Minimum size' atau publishing online

·         Terakhir klik 'Save' dan file PDF pun sudah mengecil ukurannya.

 

·         Adobe Acrobat

Selain Ms. Word, Anda juga dapat memanfaatkan software Adobe Acrobat yang ada pada komputer. Maka langkah yang harus Anda lakukan adalah cukup memanfaatkan fitur "PDF Optimizer" untuk cara mengecilkan ukuran file pada PDF. Berikut caranya:

 

·         Buka file PDF di software Adobe Acrobat

·         Kemudian klik 'Tools' lalu 'Optimize PDF'

·         Dan akan ada beberapa opsi akan muncul di layar komputer

·         Bila Anda mengklik 'Reduce Size', maka Acrobat akan menerapkan pengaturan default ke file Anda untuk mencoba mengecilkan ukuran file PDF.

·         Atau bila Anda ingin mempertahankan kualitas pada ukuran file PDF, maka Anda cukup pilih opsi 'Advanced Optimization'

·         Bila ukurannya sudah diatur sesuai keinginan, selanjutnya adalah klik 'save as' lalu beri nama file, dan klik 'save'. File PDF pun sudah terkompres ukurannya.

 

·         PDF Compressor (Windows)

Cara selanjutnya untuk mengecilkan ukuran file PDF adalah dengan mengunduh software tambahan yakni PDF compressor khusus Windows. software tersebut dianggap paling bermanfaat karena sangat mudah untuk digunakan dan memiliki kemampuan untuk mengompres File dalam jumlah besar berikut dengan PDF. Software PDF compressor tidak hanya mampu untuk menggabungkan ribuan PDF dalam satu file, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan ukuran PDF.

 

Bahkan software ini juga bersifat lossless yang artinya kualitas akan tetap terjaga walaupun ukuran pada file sudah dikompres. Cara untuk mengecilkan ukuran file PDF dengan menggunakan software ini Anda harus mengunduh PDFcompressor.org, kemudian di install dan buka softwarenya.

 

bila sudah dibuka pilih file PDF yang ingin dikecilkan ukurannya dengan cara klik add files atau dapat juga dengan mendrag file PDF langsung ke software. Software akan langsung mengompres atau mengecilkan ukuran pada file PDF Anda.

 

 

Bagaimana, cukup mudah bukan Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online dan Offline? Anda dapat mengecilkan ukuran file PDF dengan menggunakan software bawaan pada komputer atau juga dengan memanfaatkan situs website online untuk memudahkan pekerjaan Anda. Selamat mencoba!


 

Post a Comment for "Cara Memperkecil Ukuran File Pada PDF secara Online dan Offline"