Cara Membuat Google Form Fungsi Dan Manfaat Google Form Yang Banyak Diandalkan - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Google Form Fungsi Dan Manfaat Google Form Yang Banyak Diandalkan

Cara Membuat Google Form Fungsi Dan Manfaat Google Form Yang Banyak Diandalkan. Menawarkan kemudahan untuk menciptakan adaan survei sesuai kebutuhan. Salah satu sistem kepunyaan raksasa teknologi ini bisa diunggulkan.

Tak hanya berhenti di satu fungsi survei yang menarik. Google form memiliki ragam keunggulan yang bisa dimanfaatkan. Mau tahu ulasan komplitnya, yuk cek sekarang!

Fungsi Dan Manfaat Google Form Yang Wajib Anda Tahu

 


Keunggulan fitur google ini selain bisa diakses secara free. Sistem ini aktif mengumpulkan aneka informasi dari sejumlah responden. Khususnya untuk berbagai kepentingan. Simak keunggulan lainnya, yuk.

1. Otomatis Tersimpan

Sistem ini diklaim mampu menyimpan secara otomatis melalui spreadsheet. Bahkan, data pada bagian ini bisa diubah sebelum diolah. Sehingga data atau file sudah ready ketika dikirim kepada klien atau pengguna lainnya.

2. Interface System

Sistem interface ini bisa membantu Anda ketika mengedit file. Misalnya saja dengan menambah, mengurangi komponen pada form dengan tombol drag juga drop. Hal ini dipercantik dengan tampilan palet warna yang makin menyempurnakan desainnya.

3. Membuat Beragam Survei

Google form mampu meng-create sejumlah survei yang Anda butuhkan. Mulai dari survei pelanggan, kuis, form registrasi online, event hingga form untuk lamaran pekerjaan.

Cara membuat Google Form Dengan Benar Dan Tepat

Hal penting sebelum membuat form ini ialah memiliki akun google tentunya. Jika masih kurang paham cek langkah berikut ini dulu, ya.

a. Open atau buka situs resmi pada https://docs.google.com/forms. Anda bisa memilih beragam template contoh dari Google Form beserta contoh kuesioner.

Template ini ihwalnya berisi tentang kontak konfirmasi kehadiran acara, undangan pesta maupun acara lainnya.

b. Buat Form 

Fungsi dan manfaat google form ini sebetulnya banyak sekali. Untuk membuatnya Anda bisa klik ada bagian blank form. Create nama untuk survei ada kolom untitled, tulis deskripsi pada description form. Lengkapi kolom-kolom ini secara detail.

c. Selanjutnya buat pertanyaan yang ingin Anda ajukan dalam kolom-kolom yang disediakan. Anda juga bisa memilih jenis jawaban yang Anda butuhkan. Variasi jawaban ini antara lain kotak centang, paragraf, pilihan ganda atau jawaban singkat.

d. Untuk pilihan jawaban ini tekan multiple choice, sehingga Anda akan melihat seluruh tipe pertanyaan yang disediakan. Jenis pertanyaannya sendiri terbagi menjadi beberapa pilihan pula. Yakni, paragraph, checkboxes, short scale, date and time atau lainnya.

Disamping itu, tersedia pula opsi file upload. Jika Anda membutuhkan tambahan data, baik berupa dokumen maupun foto tertentu dari para responden. Caranya, klik ikon Tt guna menambahkan judul berikut deskripsi. Hingga photo, section maupun video.

e. Jangan lupa untuk menekan tombol required yang tersedia ada setiap pertanyaan. Hal ini berfungsi agar pertanyaan yang dibuat bisa direspon atau dijawab pada responden. Ingat, ikuti langkah ini sesuai daftar pertanyaan yang ingin Anda buat.

Mempercantik Tampilan Form

Jika step-step diatas sudah done alias selesai, percantik formnya ya. Yakni;

1. Tekan ikon palette untuk merubah warna beserta menampilkan foto menuju header

2. Jika belum yakin, tekan ikon Eye guna memastikan form ini sudah beres atau belum. Ikon ini berguna sebagai pratinjau atas form yang Anda buat

3. Untuk mengelola peraturan survei Anda tinggal tap ikon Gear, beres!

Nah, survei sudah rampung dibuat nih. Anda bisa langsing membagikannya melaluin url link google form. Yakni dengan menyalin tautannya terlebih dulu. Atau bisa juga dengan menginput email dari para responden.

Gampang ya! Jadi ingin menjajal fungsi dan manfaat google form ini?

Bagaimana Cara Mengecek Respon Survei

Setelah mengirimkan survei ke media sosial atau secara personal responden. Tentu Anda penasaran, terkait respon yang khalayak ramai  berikan. Caranya cukup mudah, berikut ini penjabarannya.

1. Tab Response

Tombol bertuliskan response ini menampilkan grafik kesimpulan beserta daftar jawaban yang telah dikumpulkan. Catatan ini akan secara otomatis terekam google. Sehingga, Anda tak perlu repot untuk save jawaban dari para responden.

2. Analisa Jawaban Masuk

Anda bisa langsung menuju form spreadsheet pada Google sheet. Hubungkan kedua sistem ini melalui ikon sheets dengam warna hijau. Yang berada pada tab response, bisa juga klik tombol select response destination. Yang mana tersedia pada laman menu

3. Buat SpreadSheet Baru

Langkah selanjutnya ialah create new spreadsheet. Dengan demikian Anda tinggal memasukkan data yang sudah diperoleh pada sheet ini. Menariknya, jika survei Anda mendapat respon baru. Maka secara otomatis akan terangkum didalamnya.

4. Olah Data

Google form ini memungkinkan Anda untuk bisa mengolahnya. Pengolahan data ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum membagikannya, Anda juga bisa mengeditnya lebih dulu.

Keunggulan Google Form

Dengan beragam fungsi dan manfaat google form yang disajikan. Sehingga keunggulan berikut bisa Anda jadikan referensi, ya!

1. Mudah Digunakan

Memiliki tampilan yang sederhana, sehingga memudahkan untuk penggunaanya. Google form juga memiliki fitur berupa drag and drop. Yang mana bisa membantu Anda dalam proses editing form yang ingin Anda buat.

2. Free Alias Gratis

Keunggulan kedua ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, lho. Gratis betul-betul free tanpa nominal. Hal inilah yang kemudian menjadikan google form diminati. Ketimbang aplikasi lainnya.

3. Hasil Real-time

Sajian data melalui form ini secara otomatis diupdate. Sistem ini tentunya makin menghemat waktu ketika Anda akan mengolahnya.

4. Terintegrasi dengan Google Sheets

Tentunya produk google satu ini sudah sering Anda dengar. Dan mungkin saja Anda telah sering memakainya. Program google form ini terintegrasi secara langsung menuju sheets. Sehingga, respon yang dikumpulkan akan diekspor kedalamnya. Jadi makin cepat untuk olah datanya, ya.

5. Summary

Pihak google juga menyediakan hasil rangkuman berupa summary. Yang mana ditampilkan sebagai grafik maupun diagram. Tampilan ini diklaim sebagai kesimpulan umum dari hasil jawaban responden.

6. Add-ons

Add-ons ialah modul tambahan yang bisa menambah fungsi juga memudahkan proses pembuatan form. Setiap add-ons memiliki fungsi yang beragam. Salah satunya ialah FormLimiter yang mampu menutup pengisian Google Form ketika target tertentu telah tercapai. Wah, praktis ya!

7. Mudah Di-Share

Google memberikan banyak pilihan untuk membagikan form ini. Anda bisa memilih share form melalui, link, email, maupun website yang Anda miliki. Bahkan, bisa juga memanfaatkan fitur cetak google form, jika ingin membagikan survei offline kepada responden.

 

Keunggulan-keunggulan ini tentunya memberikan nilai tambah bagi Google. Selain kinerja pengguna menjadi lebih meningkat. Kesulitan aksespun bisa diminimalisir. Sehingga mobilitaspun bisa didongkrak secara masif.

Bagi Anda yang masih bingung dengan produk raksasa teknologi ini. Membaca fungsi dan manfaat google form, semoga bisa menambah pengetahuan, ya. Dan membuat kinerja Anda menjadi lebih dinamis lagi. Silakan praktik, biar lebih yakin lagi dan hasilnya makin memikat!

 

 

 

Post a Comment for "Cara Membuat Google Form Fungsi Dan Manfaat Google Form Yang Banyak Diandalkan"