Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Peran Teknologi dalam bidang Pendidikan di Masa Pandemi

 


 

Selama masa pandemi covid 19, ada banyak perubahan yang kita alami. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Kita sudah tidak bisa menikmati pembelajaran disekolah secara langsung lagi. Sekarang kita berusaha semaksimal mungkin untuk memanfaatkan teknologi di masa yang sulit ini. Jelaslah peran teknologi dalam bidang pendidikan di masa pandemi virus corona sangat dibutuhkan.

 

Sarana teknologi apa saja yang sudah Anda gunakan selama masa covid 19 ini? Ada yang menggunakan aplikasi media sosial seperti chatting group whatsapp atau konferensi video seperti Zoom, Google Classroom, Cisco Webex dan masih banyak lagi. Nah, mengingat penting sekali peranan teknologi sekarang. Maka kita akan bahas secara lebih spesifik peranan itu sendiri. Yuk simak.

 

1.       Kegiatan belajar dari tempat yang berbeda beda

 

Kegiatan untuk belajar bersama disekolah harus dihentikan demi upaya mencegah penyebaran virus corona yang lebih parah lagi. Untuk itu, teknologi mampu mengatasi permasalahan ini. Dimana guru dan murid masih bisa melakukan pembelajaran dari tempat masing masing yang berbeda. Dengan kata lain menggunakan sistem pembelajaran online untuk tetap bisa belajar sambil bertatap muka.

 

2.       Kemudahan dalam menyebarkan informasi

 

Dengan teknologi suatu informasi bisa tersebar dengan mudah melalui media internet dan televisi. Dalam dunia pendidikan, informasi sendiri sangat penting. Dengan menggunakan sarana teknologi informasi guru dan siswa bisa tetap terus update dalam hal informasi terbaru. Misalnya tentang perkembangan covid 19 update dan bagaimana perkembangan pendidikan di Indonesia di masa pandemi ini.

 

3.       Melihat hasil pencapaian pembelajaran

 

Melalui teknologi guru tetap bisa menilai dan mendapatkan hasil pencapaian pembelajaran siswa. Dari sini guru akan menilai bagaimana seorang siswa bisa memanfaatkan teknologi untuk belajar. Jika anak mampu memanfaatkan teknologi dengan baik dan bijak maka sudah terlihat pencapaian pembelajaran yang dimilikinya. Apabila belum memahami, maka disini guru berperan untuk memberikan pengetahuan itu sendiri kepada siswa.

 

4.       Media komunikasi antara guru dan siswa

 

Meskipun guru dan murid tidak bisa bertemu secara langsung, pembelajaran tetap bisa berjalan dengan aktif karena interaksi yang terus terjalin antara guru dan siswa melalui teknologi.  Teknologi sekarang sudah memiliki banyak sekali sarana komunikasi seperti halnya aplikasi media sosial whatsaap, twitter, instagram. Apabila Anda materi yang tidak dipahami siswa, maka dengan mudah bertanya kepada guru dengan sarana yang telah disediakan.

 

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya tentang beberapa peranan utama teknologi di bidang pendidikan selama masa pandemi ini. Seraya waktu berlalu, teknologi mengalami perkembangannya dan semakin canggih. Oleh karena itu, mari kita semua memanfaatkan alat bantuan yang ada sekarang untuk memudahkan kita untuk mendapatkan pendidikan terbaik. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Peran Teknologi dalam bidang Pendidikan di Masa Pandemi"

Berlangganan via Email