Mengenal macam macam alat teknologi untuk pembelajaran - Lulus SMK
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal macam macam alat teknologi untuk pembelajaran

LULUSSMK.COM - Dalam dunia pendidikan, teknologi sudah melekat erat sekali. Bahkan fungsi keduanya sudah tidak tidak dapat dipisahkan. Metode pembelajaran yang canggih biasanya selalu memanfaatkan teknologi terbaru untuk semakin membuat sistem belajar lebih efektif. Tahukah Anda, alat alat teknologi apa sajakah yang digunakan untuk proses pembelajaran sekarang?

 




Anda kemungkinan tidak akan sulit menjawabnya. Mulai dari perangkat sederhana seperti HP Android atau Smartphone yang kita miliki sudah sangat mendukung untuk proses pembelajaran. Sebenarnya ada tiga jenis teknologi yang sering kita gunakan yakni perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software dan gabungan antara perangkat lunak dan keras.

 

Sebagai berikut kita akan mengenal beberapa alat teknologi untuk pembelajaran yang umumnya sering digunakan. Mari simak.

 

1.       White Board

 

Salah satu teknologi dasar yang umumnya berada di sekolah adalah White Board. Apalagi sangat mudah penggunaannya dengan kombinasi komputer dan proyektor. Papan tulis ini akan merubah dengan cepat layar menjadi bisa dilihat oleh semua peserta didik di kelas. Tidak hanya itu, suara, gambar dan juga objeknya yang bergerak bisa membuat pembelajaran jadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh para peserta didik.

 

2.       Proyektor

 

Proyektor dapat membantu para guru maupun peserta didik untuk melakukan presentasi pembelajaran dengan baik. Yakni menggunakan transparansi warna dan bermakna yang akan menarik perhatian para murid.melalui proyektor, penyampaian berupa film, dokumentasi dan presentasi powerpoint menjadi lebih mudah dan efektif.

 

3.       Sound Amplifier

 

Alat teknologi bernama Sound Amplifier sangat membantu apabila digunakan dalam kelas yang besar. Biasanya diruangan yang cukup besar, para murid akan sulit menangkap apa yang disampaikan oleh pembicara karena tidak mendengarnya dengan jelas. Oleh karena itu, Sound Amplifier dapat merubah suara Anda menjadi lebih jelas dan kuat untuk menarik perhatian dari pendengar.

 

4.       Filmstrip dan Slide

 

Filmstrip dan Slide adalah salah satu teknologi yang memiliki fungsi untuk menampilkan gambar mati bukan gambar yang hidup seperti halnya film. Gambar yang ditampilkan bisa berupa tabel, foto, reproduksi lukisan, diagram karton dan lain sebagainya yang sejenis. Kecepatan untuk menampilkan Filmstrip dan Slide bisa diatur sendiri oleh si pendidik.

 

5.       Overhea projektor

 

Berikutnya ada Overhea projektor yang dapat memproyeksikan apa yang ditulis dan digambar pada lembaran plastik transparan. Dengan demikian sang pendidik nantinya bisa menulis apapun baik catatan tulisan atau gambar pada lembar transparan. Teknologi ini sangat canggih karena bisa dilakukan tanpa menggelapkan ruangan.

 

Inilah uraian selengkapnya yang membahas tentang macam macam alat teknologi paling populer karena banyak dimanfaatkan dalam bidang pendidikan. Banyak atau sedikit kita pasti sudah pernah menggunakan salah satu, beberapa atau bahkan semua teknologi yang disebutkan tersebut. Semoga dengan adanya teknologi ini bisa meningkatkan pendidikan di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengenal macam macam alat teknologi untuk pembelajaran"