Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

 


Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih - Inilah legenda urban yang beredar di internet bahwa makan dan mengoleskan bawang putih pada kulit dapat mengubah hidup orang-orang dengan kulit yang mudah berjerawat. Orang-orang di Reddit khususnya makan bawang putih mentah, meminum pil bawang putih, dan bahkan mengoleskan umbi langsung ke wajah mereka dan bersumpah dengan hasilnya.

Sekilas, ini sepertinya benar. Toh, ada bahan-bahan ramah dapur lainnya seperti madu dan gula yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan DIY. Tetapi seperti banyak hal lain yang dibaca larut malam di internet, pernyataan bahwa bawang putih baik untuk menghilangkan jerawat bukanlah hal yang secara otomatis harus Anda anggap sebagai kebenaran.

Untuk mengetahui mengapa Anda tidak boleh terlalu memanjakan bahannya (setidaknya tidak untuk kulit Anda) atau pernah mengoleskan bawang putih ke wajah Anda, teruslah membaca apa yang dikatakan dua dermawan tentang mitos kecantikan-blogger-diabadikan. Bawang putih adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga bawang, atau allium.

Selama berabad-abad, berbagai budaya telah menggunakan bawang putih untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit. Jerawat adalah kondisi peradangan kulit yang dapat disebabkan oleh bakteri. Studi menunjukkan bahwa bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat. Secara teori, khasiat ini akan membantu mengobati jerawat.

Namun, belum ada penelitian yang secara langsung menyelidiki potensi bawang putih sebagai pengobatan jerawat. Artikel ini menguraikan penelitian tentang efek anti-inflamasi dan antimikroba yang lebih luas dari bawang putih. Kami juga membahas beberapa risiko penggunaan bawang putih, baik secara topikal maupun internal. Jerawat adalah kondisi kulit yang meradang.

Ini terjadi ketika minyak berlebih dan kotoran kulit menumpuk di dalam folikel rambut kulit, menjebak bakteri di bawah permukaan kulit. Beberapa dari bakteri ini menghasilkan bahan kimia yang meningkatkan peradangan dan lesi jerawat terkait.

Tidak ada penelitian yang secara langsung menyelidiki penggunaan bawang putih sebagai pengobatan jerawat. Namun, beberapa penelitian telah menyoroti sifat antimikroba dan antiinflamasinya. Sifat ini bisa membantu mengelola dan mengobati jerawat.

Apakah bawang putih membantu mengatasi jerawat?




Agar adil bagi para Redditor, bawang putih itu sendiri tentunya memiliki beberapa khasiat yang membuatnya secara umum baik untuk kulit dan kesehatan secara keseluruhan. Ini mengandung allyl sulfides, senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan. Ini juga kaya allicin, senyawa organik dengan manfaat antioksidan dan anti-inflamasi, bersama dengan banyak vitamin dan mineral yang baik untuk Anda.

Mengingat bahwa jerawat pada dasarnya adalah kondisi peradangan, manfaat ini kemungkinan membuat orang berasumsi bahwa makan dan mengoleskan bawang putih dalam jumlah berlebihan bisa menjadi solusi yang bagus untuk jerawat membandel. Ditambah lagi, bawang putih telah digunakan secara tradisional di banyak budaya untuk menyembuhkan luka dan masalah kulit lainnya, jadi ada beberapa preseden.

Makan bawang putih tidak akan membuat jerawat yang ada hilang, tetapi dia mengatakan itu mungkin membantu mengurangi risiko berjerawat di masa depan berkat atribut yang disebutkan di atas, bersama dengan fakta bahwa bawang putih mengandung vitamin C, tembaga, seng, dan selenium, yang semuanya membantu menyembuhkan dan mencegah kerusakan kulit.

Akan tetapi, hanya karena bawang putih memiliki beberapa manfaat tidak berarti Anda harus mengoleskannya langsung ke wajah Anda. Bawang putih yang baru dipotong tidak boleh dioleskan ke kulit karena dapat menyebabkan reaksi dermatitis kontak. Ada banyak laporan kasus pasien yang mengalami ruam kulit akibat paparan bawang putih topikal.

Reaksi ini dapat berkisar dari bercak ringan, merah muda atau merah hingga bengkak, lecet, erosi, remah, tangisan, dan rasa sakit atau gatal yang tak tertahankan. Ini biasanya terjadi dengan jumlah dan konsentrasi yang lebih tinggi dari bawang putih yang baru dicincang atau dihancurkan, mengingatkan kita mengapa perawatan jerawat di rumah yang dibuat dengan bahan-bahan tersebut harus dihindari dengan cara apa pun.

Selain itu, minyak bawang putih adalah pemicu rosacea yang diketahui, jadi jika Anda menderita rosacea bersamaan dengan jerawat, Anda mungkin semakin mengiritasi kulit dengan makan atau mengoleskan bawang putih dalam jumlah besar. Bawang putih adalah bahan anti-inflamasi yang kaya antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan dan meningkatkan hampir semua hidangan yang ditambahkan.

Sayangnya, hal yang sama tidak berlaku untuk rutinitas perawatan kulit yang rentan berjerawat. Meskipun kita semua ingin membersihkan kulit kita dari jerawat semudah pergi ke dapur dan memotong beberapa cengkeh, tidak ada cukup klaim untuk membuktikannya aman, apalagi bermanfaat.

Ada beberapa data ilmiah yang menunjukkan bawang putih dapat membantu meningkatkan penyembuhan luka, tetapi saat ini hanya ada sedikit data yang menunjukkan bahwa konsumsi [atau aplikasi] bawang putih memperbaiki jerawat. Simpan bawang putih untuk pasta malam dan cari perawatan jerawat lain yang terjangkau dan disetujui oleh dokter kulit.

Menghilangkan jerawat semalam dengan bawang putih

Jerawat sering kali muncul tanpa pemberitahuan dan kemungkinan besar terjadi ketika kita memiliki sesuatu yang penting untuk dicari. Jerawat ini adalah hasil dari beberapa hal yang berkisar dari perubahan hormonal kita hingga apa yang kita makan, cuaca dan juga kesehatan kulit kita. Meskipun kita tidak selalu dapat mengendalikan semua faktor ini, kita dapat mengatasi jerawat ini saat muncul.

Kita tidak selalu harus menunggu berhari-hari sampai mereka mengering dan menghilang, mereka juga bisa dibuang dalam semalam. Jelas, kita berbicara tentang jerawat yang muncul entah dari mana dan bukan masalah jerawat yang mungkin dimiliki seseorang yang memerlukan beberapa intervensi medis.

Namun, jika Anda tiba-tiba melihat satu atau dua jerawat di wajah Anda, jangan khawatir, karena Anda dapat menghilangkannya dengan cepat dengan bantuan bawang putih. Bawang putih merupakan ramuan yang luar biasa untuk kesehatan kita dan meskipun memiliki aroma dan rasa yang kuat, bawang putih harus menjadi bagian dari makanan Anda.

Bawang putih juga digunakan sebagai bahan kecantikan dan secara efektif dapat membantu menghilangkan jerawat. Ini memiliki bahan aktif seperti seng, selenium, Vitamin B6 dan Vitamin C. Yang Anda butuhkan hanyalah satu siung bawang putih untuk masalah jerawat Anda. Pertama, kupas siung untuk mengupas kulit luarnya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih?

 


Kemudian, dengan menggunakan pisau, potong garis-garis kecil pada siung agar jus dapat dengan mudah berpindah ke kulit Anda. Setelah Anda selesai melakukannya, oleskan cengkeh langsung pada jerawat. Gosokkan siung pada jerawat selama kurang lebih 30 detik. Ingat, bawang putih adalah bahan yang kuat sehingga bisa menyebabkan kepekaan dan kemerahan pada kulit, bahkan sedikit menyengat.

Jika kulit Anda sensitif, pastikan Anda melakukan uji tempel pada lengan Anda untuk melihat apakah Anda dapat mentolerir sensasinya. Dan jika Anda bisa, lanjutkan dan gosokkan pada jerawat. Biarkan jus di atasnya untuk malam dan cuci muka Anda keesokan harinya. Anda akan terkejut melihat bahwa jerawat telah menghilang atau menyusut ukurannya sehingga tidak dapat dilihat orang lain.

Efek antimikroba bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur tertentu. Karena itu, penulis menyarankan bahwa bawang putih dapat membantu merawat kondisi kulit tertentu. Namun, mereka tidak menyebutkan apakah bawang putih merupakan pilihan pengobatan yang layak untuk jerawat. Para penulis ulasan mengaitkan sifat antimikroba bawang putih dengan bahan kimia yang disebut "allicin."

Sebuah studi laboratorium menyelidiki efek antimikroba allicin dan dua ekstrak bawang putih yang berbeda terhadap bakteri Streptococcus epidermidis . S. epidermidis merupakan salah satu dari beberapa bakteri penyebab timbulnya jerawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa allicin menghambat pertumbuhan S. Epidermidis.

Namun, kedua ekstrak bawang putih menunjukkan aktivitas antimikroba paling signifikan secara keseluruhan. Para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak bawang putih mengandung bahan kimia tambahan yang meningkatkan efek antimikroba. Yang penting, penulis tidak menyebutkan apakah ekstrak allicin atau bawang putih dapat membantu mengobati jerawat.

Efek anti-inflamasi bawang putih

Sitokin proinflamasi adalah molekul yang meningkatkan peradangan. Para ahli percaya bahwa mereka mungkin berperan dalam perkembangan jerawat. Sebuah studi menemukan bahwa allicin mengurangi produksi sitokin pro-inflamasi dalam pengaturan laboratorium.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa memanaskan bawang putih mengurangi konsentrasi allicinnya, sehingga mengurangi efek antiinflamasinya. Para peneliti menyimpulkan bahwa allicin mungkin berguna dalam pengobatan penyakit inflamasi. Namun, mereka tidak menyatakan apakah itu akan membantu dalam pengobatan jerawat secara khusus.

Efek menguntungkan lainnya dari bawang putih

Sebuah tinjauan menyelidiki potensi penggunaan dermatologis bawang putih. Tinjauan tersebut mencakup kombinasi studi laboratorium, studi hewan, dan uji klinis. Menurut ulasan tersebut, mengoleskan ekstrak bawang putih ke kulit tampaknya memiliki efek antimikroba dan penyembuhan luka.

Ulasan tersebut juga mencatat bahwa bawang putih dapat membantu mengobati kondisi kulit yaitu psoriasis, alopecia areata, bekas luka keloid, kutil, jagung, infeksi kulit jamur, leishmaniasis. Kemampuan bawang putih untuk mempercepat penyembuhan luka menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menyembuhkan jerawat dan mencegah jaringan parut. Namun, penulis tidak menunjukkan apakah bawang putih akan berguna dalam mengobati jerawat atau bekas jerawat.

Bisakah bawang putih mentah menghilangkan jerawat secara instan?

Bawang putih dapat menyebabkan dermatitis kontak, situasi di mana Anda dapat mengembangkan ruam dan lepuh bersisik. Hal ini dapat terjadi pada orang-orang karena mereka alergi terhadap bawang putih, tetapi juga dapat terjadi pada mereka yang tidak dan dapat meninggalkan “bekas coklat yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk hilang.

Tidak semua orang yang menggunakan bawang putih pada kulitnya akan mengalami iritasi atau dermatitis kontak, tetapi ada cara yang lebih baik untuk mengobati jerawat. Mungkin ada metode yang lebih baik di luar sana jika Anda ingin mengurangi pembengkakan dan munculnya jerawat secepatnya, termasuk menggunakan krim hidrokortison satu persen sederhana dari toko obat.

Namun, jika Anda tidak ingin meninggalkan rumah dan ingin mencoba metode alami lain, dia merekomendasikan untuk menggosok lidah buaya pada jerawat. Salah satu masalah jerawat adalah peradangan. Lidah buaya memiliki manfaat antioksidan yang besar dan menciptakan 'kulit' yang bernapas di atas jerawat. Ini juga menghilangkan rasa sakit pada jerawat dan tidak berbau, seperti bawang putih.

Madu, yang juga antibakteri, merupakan alternatif alami yang baik, seperti yogurt, yang merupakan sumber alami asam alfa hidroksi. Dia juga merekomendasikan perawatan toko obat standar asam salisilat dan benzoil peroksida. Untuk keadaan ekstrim, jika Anda punya waktu untuk mengunjungi dokter kulit Anda dan metode lain tidak berhasil, suntikan steroid kecil langsung ke jerawat yang diberikan oleh dokter Anda adalah cara tercepat untuk membersihkannya.

Sementara trik bawang putih mungkin memiliki beberapa legitimasi untuk itu, bahwa potensi risikonya lebih besar daripada manfaatnya. Anda mungkin sebaiknya tidak menggunakannya kecuali jika Anda benar-benar terikat. Dan jika Anda akan mencobanya, lakukan uji tempel pada kulit Anda terlebih dahulu, di suatu tempat yang tidak tepat di tengah wajah Anda.

Bawang putih dan infeksi kulit

Seorang peneliti melakukan tinjauan uji klinis terhadap sifat antibakteri dari sediaan herbal yang umum. Mereka menemukan bahwa minyak pohon teh dan minyak basil liar membunuh bakteri jerawat. Meskipun minyak selasih jarang ditemukan di toko produk alami, percobaan lainnya menemukan bahwa 5% minyak basil liar lebih efektif untuk menghilangkan jerawat daripada 5% benzoil peroksida dan baunya juga sangat menyengat sehingga itu mengusir serangga.

Para penulis juga menemukan bahwa minyak pohon teh bermanfaat dalam mengobati infeksi kulit tetapi untuk bawang putih, tidak ada bukti yang dapat ditemukan. Apakah itu berarti perawatan bawang putih untuk jerawat hanya membuang-buang waktu?

Bagaimana bawang putih digunakan untuk merawat kulit

Bawang putih adalah pengobatan kulit tradisional dalam pengobatan di Indonesia. Lebih khusus lagi, bawang putih digunakan untuk merangsang pertumbuhan folikel rambut daripada di folikel penghasil sebum. Ketika alopecia areata telah membuat rambut rontok, atau jerawat keloidalis nuchae telah menjebak rambut di pori-pori, bawang putih dioleskan ke kulit untuk mengatasi masalah tersebut.

Pengobatan bawang putih dan jerawat

Peradangan dan iritasi yang membuat kulit pecah, yang disebabkan oleh respons sistem kekebalan terhadap bakteri jerawat, dapat memicu terjadinya garukan yang dapat menimbulkan luka. Ada beberapa bukti bahwa bawang putih dapat membantu penyembuhan luka, tetapi sebaiknya hindari masalah ini dengan merawat kulit dengan lembut.

Karena didalam bawang putih ada kandungan alami antibakteri, antijamur dan antivirus, bawang putih dapat mengobati dan mengurangi bekas jerawat secara efektif. Hancurkan satu siung bawang putih hingga menjadi seperti pasta. Tambahkan dua sendok teh madu dan minyak zaitun di dalamnya.

Oleskan campuran ini secara merata ke kulit Anda setelah mencuci muka dengan air hangat. Biarkan hingga 15-20 menit. Bilas dengan air hangat. Ulangi tiga kali seminggu. Jika Anda merasakan sensasi terbakar, segera bilas dan gunakan lebih sedikit bawang putih di lain waktu.

Ringkasan

Jerawat adalah kondisi kulit yang meradang yang mungkin disebabkan oleh bakteri. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Namun, para ilmuwan belum menyelidiki apakah bawang putih merupakan pilihan pengobatan yang layak untuk jerawat. Mengoleskan bawang putih ke kulit dapat menyebabkan iritasi kulit.

Orang harus berbicara dengan dokter kulit untuk mengetahui apakah bawang putih cocok untuk jenis kulit mereka. Seorang dokter kulit juga dapat memberikan tip tentang bagaimana mengaplikasikan bawang putih dengan aman. Beberapa orang mungkin ingin mencoba suplemen bawang putih. Itu saja mengenai cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih"

Berlangganan via Email