Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata


Kesehatan Mata


Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata - Merawat Mata Anda dengan Baik Penting untuk menemui ahli kesehatan mata Anda secara teratur untuk membantu menghindari atau mengurangi masalah penglihatan.

 

Masalah mata yang umum termasuk penglihatan kabur, lingkaran cahaya, titik buta, dan floaters. Penglihatan kabur mengacu pada hilangnya ketajaman penglihatan dan tidak bisa melihat detail kecil. Floaters adalah potongan kecil protein atau bahan lain yang melayang di bagian mata yang seperti gel bening. Masalah ini bisa dari kerusakan pada mata itu sendiri, kondisi tubuh seperti penuaan atau diabetes, atau obat.

 

Gejala yang harus diperhatikan

Gejala berikut, meskipun bersifat sementara, berarti Anda harus segera menemui ahli perawatan mata:

 

·         Mata merah, nyeri atau nyeri di mata adalah keadaan darurat

 

·         Kehilangan penglihatan sebagian atau total di satu atau kedua mata

 

·         Visi ganda

 

·         Titik buta, lingkaran cahaya di sekitar lampu, atau area penglihatan yang terdistorsi

 

·         Perasaan bayangan atau tirai ditarik melintasi bidang penglihatan Anda

 

·         Cedera pada mata atau tulang yang mengelilingi mata

 

·         Gejala-gejala ini berarti Anda harus segera menemui ahli perawatan mata:

 

·         Kesulitan melihat objek di sisi bidang visual Anda

 

·         Kesulitan melihat di malam hari atau membaca

 

·         Benda kurang tajam

 

·         Kesulitan membedakan warna

 

·         Memburamkan objek yang jauh atau dekat

 

·         Gatal atau cairan dari mata Anda

 

Apa Saja Langkah-Langkah Merawat Kesehatan Mata?

 

Perawatan penglihatan Di antara kunjungan rutin, Anda dapat mengambil langkah-langkah penting berikut yang dapat mempertahankan atau meningkatkan penglihatan Anda:

 

·         Makan Diet Seimbang buah Sayuran Sebagai bagian dari diet sehat Anda, pilih makanan yang kaya antioksidan, seperti Vitamin A dan C; makanan seperti sayuran berdaun hijau dan ikan. Banyak makanan terutama ikan berlemak, seperti salmon mengandung asam lemak omega-3 esensial yang penting bagi kesehatan makula, bagian mata yang bertanggung jawab atas penglihatan pusat

·         Jangan merokok.

 

·         Beristirahatlah secara teratur saat melakukan pekerjaan komputer dan tugas lain yang kebanyakan melibatkan mata Anda.

 

·         Kenakan kacamata Anda. Ini terdengar jelas, tetapi banyak orang dengan kehilangan penglihatan rendah hingga sedang meninggalkan mereka di rumah atau dimasukkan ke dalam saku baju atau tas karena kesombongan atau kelupaan..

 

·         Ikuti dengan cermat jadwal yang disarankan untuk membersihkan dan memakai lensa kontak.

 

·         Ketahui riwayat mata keluarga Anda dan bagikan informasi ini dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

 

·         Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau diabetes, pastikan kondisi ini terkendali.

 

Apa yang harus dilakukan masalah penglihatan khusus bisa mendapatkan keuntungan dari solusi spesifik:

 

Mata gatal, terbakar atau merah. Gejala-gejala ini dapat terjadi akibat kondisi mata kering yang umum terjadi setelah usia 50 tahun, atau dari produksi lendir yang tinggi pada pengguna lensa kontak yang rentan alergi. Menggunakan air mata buatan dapat membantu mengatasi mata kering. Beberapa penderita alergi bisa mendapatkan bantuan dengan beralih ke lensa pakai sekali pakai atau sehari-hari. Pemakai lensa kontak dan orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun dengan gejala-gejala ini harus berkonsultasi dengan ahli perawatan mata untuk pengobatan yang tepat.

 

Bermasalah dengan silau. Jika silau lampu malam hari adalah masalah yang terus berlanjut atau jika Anda bekerja dalam situasi yang menuntut visual, tanyakan kepada ahli perawatan mata Anda tentang lensa berlapis antipantulan. Ini dapat membantu mengurangi silau dan pantulan siang dan malam. Ingat, untuk orang dewasa yang lebih tua, peningkatan rasa silau mungkin merupakan gejala awal katarak dan alasan untuk menjalani pemeriksaan mata.

 

Bintik-bintik yang mengganggu di depan mata Anda. Umumnya, melihat bintik atau floaters adalah pengalaman penuaan yang umum dan tidak berbahaya. Melihat kilatan, atau, dalam beberapa kasus, "floaters", bagaimanapun, mungkin menandakan sesuatu yang lebih serius seperti retinopati diabetik, penyakit arteri karotis, atau pelepasan retina tahap awal. Hubungi ahli kesehatan Anda jika Anda memiliki gejala.

Post a Comment for "Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata"

Berlangganan via Email