Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Memilih Smart TV Agar Nonton Film Makin Puas


Beberapa tips memilih smart TV bisa Anda jadikan acuan sebelum membeli perangkat televisi modern dan terbaru. TV merupakan salah satu perangkat elektronik yang paling sering digunakan oleh masyarakat luas. Seiring dengan perkembangan teknologi di era digital seperti saat ini, alat elektronik tersebut dikembangkan menjadi lebih modern.

Tips Memilih Smart TV


Selain ponsel pintar alias smartphone, ada pula perangkat pintar lainnya yakni berupa televisi sehingga disebut dengan smart TV. Berbeda dari tipe lainnya, TV pintar memiliki teknologi yang lebih canggih sehingga dapat digunakan untuk mengakses berbagai layanan. Secara umum, keunggulan alat ini adalah dapat tersambung ke internet.

Tips memilih smart TV sangat penting agar tak salah dalam memilih. Dengan begitu Anda bisa melakukan aktivitas seperti menonton video di Youtube hingga browsing di berbagai laman secara maksimal. Peralatan ini dianggap lebih bersahabat ketimbang menggunakan gadget karena dapat mengakomodasi kebersamaan orang dalam jumlah banyak. 

Misalnya aktivitas menonton film di akhir pekan hingga berkaraoke bersama keluarga besar. Banyaknya merk perangkat pintar ini di pasaran acap kali membuat para pengguna merasa bingung. Oleh sebab itu, panduan mengenai cara memilih TV pintar dengan benar patut diperhatikan. Agar tak salah pilih, ikuti beberapa tips berikut.

Teknologi yang Ditawarkan

Pertama-tama, tips memilih smart TV diawali dengan memperhatikan teknologi apa saja yang tertanam di dalamnya. Anda tentu tak ingin membeli barang baru namun teknologinya sudah usang alias ketinggalan zaman. Perusahaan pembuat televisi pintar selalu berlomba-lomba mengembangkan fitur terbaik untu produk mereka agar konsumen merasa puas.

Sebaiknya Anda memperhatikan setiap detail fitur yang ada. Misalnya memilih smart TV yang memiliki prosesor cepat agar tidak terjadi lagi saat melakukan browsing maupun akses internet lainnya. Periksa pula aplikasi apa saja yang tersedia di perangkat tersebut. Dari segi tampilan alias user interface juga tak boleh luput dari perhatian.

Salah satu aspek penting dalam tips memilih smart TV yaitu melihat teknologi layar yang diusung. Di awal kemunculannya, yang populer adalah TV LED (Light Emitting Diode) yang digadang-gadang lebih jernih dan irit. Kemudian dikembangkan menjadi OLED (Organic Light-Emitting Diode) yang diklaim cahayanya lebih aman dibanding generasi sebelumnya.

Perhatikan pula konektivitas yang ada, apakah jaringan wifi cukup mumpuni atau tidak. Fitur browsing juga perlu diperiksa apkah bisa digunakan untuk berselancar di internet secara terbatas atau dibatasi. Misalnya hanya untuk mengakses toko aplikasi. Maka sebelum membeli sebaiknya mempelajari beberapa merk yang memberikan teknologi paling sesuai kebutuhan.

Ukuran Layar

Ukuran layar adalah aspek yang tak kalah penting dibandingkan teknologi. Ini merupakan tips memilih smart TV yang cukup mendasar karena ada beberapa pilihan ukuran di berbagai merk. Jika Anda tak memiliki ruang cukup luas untuk meletakkan TV, tak ada salahnya memilih yang ukuran kecil seperti 32 inch.

Apabila untuk kebutuhan keluarga tentu membutuhkan layar yang ukurannya lebih besar. Anda bisa memilih apakah hendak membeli yang berukuran 55 inch atau 65 inch. Dengan ukuran besar, Anda dan keluarga maupun sahabat dapat menikmati tayangan secara leluasa dan nyaman. Nonton film pun jadi lebih memuaskan.

Bahkan, salah satu produsen alat elektronik ternama yakni Sony telah meluncurkan perangkat TV pintar berukuran sangat besar. Tak tanggung-tanggung, layar sebesar 204 inch siap memanjakan mata Anda saat menikmati film di akhir pekan sembari berbaring pada sofa atau kasur yang nyaman.

Tips memilih smart TV dari aspek layar tak hanya memperhatikan ukurannya saja tetapi juga resolusinya. Resolusi High Definition alias HD akan memberikan pengalaman menonton film yang menyenangkan. Bahkan teknologi HD pun sudah dikembangkan menjadi Ultra HD (UHD). Sehingga gambar yang dihasilkan tampak lebih real dan berkualitas.

Memahami Sistem Operasi yang Digunakan

Pada prinsipnya, smart TV merupakan perangkat elektronik yang tak beda jauh dari smartphone Anda. Peralatan ini menggunakan sistem operasi tertentu dalam menjalankannya. Akan tetapi jenis sistem operasi pada televisi pintar tersebut tidak sama dengan smartphone yang saat ini dikuasai Android dan iOS. 

Sistem operasi alias OS pada smart TV ada beberapa macam, antara lain Android, Tizen, Firefox, hingga WebOS. Semuanya tentu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Maka tips memilih smart TV dengan tepat yaitu mempelajari produk yang hendak dibeli serta sistem operasi di dalamnya.

Pilihlah televisi pintar yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan yang tepat akan membuat Anda semakin nyaman saat mengoperasikannya. Salah satu sistem operasi yang cukup populer untuk televisi jenis ini adalah Android. Sehingga kini muncul jenis yang lebih spesifik yaitu Android TV. Artinya sistem operasi yang dipakai adalah Android.

Kelebihan memilih jenis TV pintar berbasis Android adalah dapat mengakses Google Play Store secara leluasa. Banyaknya aplikasi yang tersedia tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi penggunanya. Akan tetapi bukan berarti OS lain tak memberikan keuntungan apapun. Jadi, tak ada salahnya mencari referensi sebanyak mungkin sebelum membeli.

Service Center Terdekat

Tips memilih smart TV berikutnya adalah mencari tahu letak service center terdekat. Pastinya tak ada satu pun orang akan berharap barang elektronik yang baru saja dibeli mengalami kerusakan di kemudian hari. Akan tetapi, yang namanya barang buatan tentu memiliki usia dan bisa terjadi gangguan kapan saja tanpa diduga.

Maka dari itu keberadaan service center menjadi poin yang penting disini. Akan sia-sia jika Anda membeli barang dengan harga mahal namun sulit ketika ingin memperbaiki saat terjadi kerusakan. Membeli elektronik di tempat yang terlampau jauh akan menyulitkan Anda jika ingin melakukan service.

Oleh sebab itu, sebaiknya memilih smart TV yang memiliki pusat layanan di dekat lokasi Anda. Dengan begitu, melakukan service akan lebih mudah dan tidak menghabiskan waktu serta tenaga berlebih. Namun akan lebih baik jika Anda merawat televisi untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Sesuaikan dengan Budget

Tips memilih smart TV yang terakhir yaitu menyesuaikan budget Anda. Alokasikan dana sesuai dengan ketersediaan budget yang ada. Sebaiknya Anda tidak membeli perangkat pintar yang harganya terlampau mahal. Karena hal ini dapat menyebabkan permasalahan finansial di kemudian hari.

Kini banyak produsen yang membanderol harga TV pintar dengan nominal cukup terjangkau. Jadi Anda memiliki banyak pilihan yang tidak memberatkan kantong. Ada pula pilihan untuk membeli barang elektronik ini secara kredit. Namun ini berarti Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membayar angsuran dalam periode waktu tertentu.

Menikmati film kini terasa berbeda dibanding zaman dahulu. Dahulu untuk menonton film dengan puas harus ke bioskop. Akan tetapi kini Anda bisa membuat bioskop pribadi di rumah dengan memanfaatkan teknologi dari smart TV. Namun pastikan menerapkan tips memilih smart TV sebelum membawa pulang perangkat favorit Anda.


Post a Comment for "Tips Memilih Smart TV Agar Nonton Film Makin Puas"

Berlangganan via Email