Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Smartphone Terendam Air, Segera Lakukan Langkah Penyelamatan Berikut


Smartphone terendam air tanpa disengaja tentu menjadi hal memusingkan bagi anda. Selain panik dan ketakutan, kondisi ini juga bisa menyebabkan anda depresi. Mengingat pada ponsel tersebut banyak sekali menyimpan data penting, mulai dari nomor telepon sahabat, kantor penting hingga rekan bisnis.

Smartphone Terendam Air


Selain itu, juga ada data lain seperti foto, video hingga file penting yang selama ini anda simpan didalam ponsel tersebut. Sebagian besar orang sering menyimpan telepon genggam mereka disaku celana atau kemeja. Kemudian setelah sampai di rumah, sering kali pengguna lupa untuk merogoh kembali sakunya.

Mereka langsung memasukan baju kotor ke dalam mesin cuci atau ember tempat pencucian. Tanpa disengaja ponsel itu terendam air. Beberapa dari mereka baru menyadari saat akan menggunakan smartphone tersebut. Setelah dicari-cari ternyata handphone kesayangan telah terendam bersama detergen.

Sebagai tindakan pertolongan pertama untuk penyelamatan, anda bisa segera mengangkatnya dari rendaman. Lakukan hal ini sesegera mungkin agar handphone tidak mengalami kerusakan terlalu parah. Mungkin hal ini tidak akan berlaku saat ponsel anda memiliki kemampuan anti air atau waterproof, seperti Samsung Galaxy S7.

Langkah Mengatasi Smartphone Terendam Air

Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan saat mengetahui telepon genggam tidak sengaja terendam air, yaitu sebagai berikut:

1. Lepas seluruh cover dan baterai

Jika ponsel menggunakan cover serta dilengkapi baterai yang bisa dilepas maka jangan menunda lagi untuk melepasnya. Lakukan hal ini ditempat kering dan sejuk, dan sediakan alat bantu untuk mempermudah pelepasan baterai maupun cover. Namun jika hp tersebut memiliki baterai tanam maka anda harus segera mengelapnya.

2. Segera keringkan

Setelah mengangkatnya dari rendaman, selanjutnya anda perlu mengeringkannya menggunakan tissue, kain lembut seperti handuk atau benda pengering lainnya. Hal ini bertujuan untuk menyerap air yang telah masuk ke dalam bagian ponsel. Jika perlu gunakan hairdryer agar proses pengeringan lebih cepat dan tuntas.

3. Keluarkan simcard dan memory card

Simcar dan memory card pada dasarnya masih bisa digunakan saat smartphone terendam air. Untuk itu keluarkan keduanya dan segera keringkan dengan cara mengelapnya. Lakukan penjemuran simcard maupun memory card dibawah terik matahari agar cepat kering dan menyerap seluruh air yang terjebak.

4. Ulangi proses pengeringan

Perlu anda ketahui jika proses pengeringan harus diulang beberapa kali. Hal ini berguna untuk memastikan jika tidak ada satu tetespun yang ada didalam ponsel. Sebab air bisa merusak kinerja komponen saat dinyalakan. Ulangi pengeringan hingga 3 atau empat kali diseluruh bagian hp secara merata.

5. Hindari mengaktifkannya sementara

Anda perlu menunggunya beberapa saat sebelum memutuskan untuk mengaktifkannya guna mencegah terjadinya korsleting. Biarkan beberapa jam setelah proses pengeringan, jika perlu letakkan smartphone terendam air diluar ruangan agar terkena angin. Setelah dirasa benar-benar kering anda boleh mencoba menghidupkannya kembali.

Cara Mengeringkan Smartphone Baterai Tanam Yang Terendam Air

Ponsel pintar akan mengalami tiga kemungkinan saat terendam  yakni mati total, bisa kembali hidup dalam kondisi tidak normal serta layar blank atau kosong hanya berupa sinar putih. Akan tetapi tidak jarang beberapa ponsel masih bisa diselamatkan dengan beberapa langkah penyelamatan sederhana.

Yakni menggunakan silica gel. Benda ini sangat membantu untuk proses penyerapan kelembapan. Namun perlu anda ketahui jika smartphone terendam air dan ingin menggunakan silica gel maka sebelumnya harus dikeringkan terlebih dahulu. Seban gel khusus penyerap tersebut hanya memiliki kemampuan menyerap cairan embun saja.

Mengeringkan ponsel dengan baterai pasang lepas tentu lebih mudah jika dibanding baterai tanam. Lalu bagaimana langkah penyelamatan untuk hp baterai tanam? Pada dasarnya anda hanya perlu melakukan hal sama. Yang berbeda ialah saat ingin meringkan bagian dalam dimana baterai terpasang. 

Memang tidak bisa dilakukan oleh setiap orang namun tidak ada salahnya jika ingin mencobanya sendiri. Caranya yaitu dengan membuka penutup belakang atau housing, sebagian besar hanphone bagian tersebut bisa dibuka dengan cukup mudah menggunakan bantuan alat khusus. 

Akan tetapi jika anda tidak memilikinya akan lebih baik memposisikan smartphone tersebut dengan posisi tegak. Pastikan terdapat lubang dibagian bawah agar air yang terjebak dapat mengalir melalui lubang tersebut. Jika diperlukan kibaskan secara teratur satu arah guna mempercepat pengeluarannya. 

Sebagai langkah aman, lebih baik anda segera membawanya ke tempat servis terdekat guna memastikan kondisinya. Serta hindari menghidupkannya sendiri karena berpotensi merusak komponen hardware didalamnya.

Mengeringkan Smartphone Terendam Air Menggunakan Beras

Berbagai cara tentu dilakukan guna mengembalikan performa handphone setelah terkena air. Pengeringan menjadi solusi paling cerdas yang bisa segera dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja menggunakan alat sederhana untuk mengeluarkan air. Penggunaan hairdryer selama ini memang cukup efektif.

Namun tidak setiap orang memiliki alat ini. Untuk itu mereka mencoba mencari jalan lain gua menuntaskan air yang terjebak didalam telepon genggam yakni dengan membenamkannya ke dalam beras. Tumpukan beras bisa menghasilkan hangat cukup merata.

Tidak heran jika cara ini juga ampuh digunakan untuk membuat buah agar matang. Untuk mengaplikasikan beras sebagai media pengeringan ponsel anda caranya dengan mengambil satu kantong plastik beras, kemudian masukan hp anda kedalamnya. Sebelumnya pastikan jika simcard, memory card sera komponen lain telah dilepas.

Butiran beras akan menyerap sisa-sisa air yang terjebak didalamnya. Akan tetapi metode ini memerlukan waktu cukup lama, dimana penyerapan air bisa dilakukan benar-benar tuntas selama 2 hingga 3 hari. Oleh sebab itu diperlukan kesabaran guna menyelamatkan smartphone terendam air. 

Memperbaiki Smartphone ke Tempat Servis

Langkah terakhir sebagai solusi mengatasi ponsel terendam air yakni membawanya ke jasa servis. Cara ini mau tidak mau harus dilakukan apabila seluruh upaya penyelamatan singkat sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil. Sebab hanya dengan mengandalkan jasa servis seluruh masalah ponsel bisa teratasi.

Biasanya smartphone terendam air terlalu lama memang tipis keberhasilannya memperbaiki sendiri. Perlu dilakukan pembongkaran guna melihat bagian dalam dan memastikan kerusakan apa saja yang terjadi pada setiap komponen. Nantinya teknisi akan menginformasikan kepada anda mengenai kerusakan serta penggantiannya.

Tanyakan terlebih dahulu berapa harga hardwarenya dan total biaya servis. Jika memang terlalu tinggi, akan lebih baik bagi anda untuk membeli handphone baru dengan harga yang tidak terpaut jauh dari tarif servis. Hal terpenting ialah tanyakan kepada jasa servis apakah seluruh data didalam hp tersebut bisa diselamatkan.

Jika memang memungkinkan lebih baik memprioritaskan penyelamatan data-data penting terlebih dahulu. Langkah pertolongan cepat untuk menyelamatkan hp terendam air memang sudah sewajarnya dilakukan. Akan tetapi keberhasilannya berbeda dari masing-masing kondisi. 

Jika tidak mengalami kerusakan berat, tentu anda bisa memperbaiki sendiri, yang berarti anda bisa menghemat biaya servis. Akan tetapi keputusan langsung membawanya ke jasa servis juga dinilai sebagai langkah paling bijak untuk menyelamatkan smartphone terendam air.

Post a Comment for "Smartphone Terendam Air, Segera Lakukan Langkah Penyelamatan Berikut"

Berlangganan via Email