Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengulik Tuntas Tentang Videotron, Jenis Serta Fungsinya



Videotron kini sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Media satu telah banyak digunakan terutama di kota-kota besar. Di Indonesia penggunaannya semakin booming lima tahun terakhir seiring kemajuan teknologi digital. Selain itu juga dibarengi dengan kemunculan perusahaan advertising.

Mengulik Tuntas Tentang Videotron


Mereka seakan berlomba membuat tampilan lebih menarik dengan cara merombak titik tertentu yang menjadi tempat penayangan iklan. Jika semula pengusaha lebih mengandalkan baliho, saat ini mereka mulai beralih menggunakan media berupa video elektronik. Banyak sekali kelebihannya dibanding baliho ataupun media lainnya.

Dilihat dari segi keefektifannya media ini dinilai lebih baik, bisa tepat sasaran sekaligus tidak membahayakan lingkungan. Selain itu, videotron juga menjadi cara paling cepat mempromosikan nama brand akan bisa dikenal oleh masyarakat luas. Membangun nama brand bisa berpengaruh pada keberhasilan produk menembus pasaran.

Semakin tenar sebuah brand maka kesempatan meraih omzet jutaan rupiah juga semakin besar. Untuk itu promosi menggunakan media ini hendaknya dilakukan di tempat-tempat besar dan strategis agar mudah dilihat serta terbaca masyarakat. Seperti menempatkannya di perempatan jalan raya atau tempat ramai lainnya.

Apakah Videotron Itu?

Bagi sebagian orang istilah video elektronik mungkin masih terasa asing ditelinga. Terlebih bagi orang awam yang tidak memiliki hubungan degan bidang advertising. Secara umum pengertian dari media iklan video elektronik yaitu salah satu jenis layanan periklanan yang digunakan untuk mengenal produk tertentu kepada khalayak ramai.

Secara singkat memang hampir sama dengan media iklan lainnya mulai dari baliho, poster, spanduk, dan lainnya. Yang membedakan dengan media lain yaitu tampilannya disajikan dalam bentuk visual lebih menarik berupa video elektronik. Selain itu juga bisa menampilkan tulisan bergerak lengkap dengan pilihan efek digital.

Sementara pengertian videotron secara harfiah yakni layar panel dilengkapi dengan teknologi canggih berupa lampu LED yang mampu menampilkan video, chart, gambar serta konten lainnya. Rupanya penemuan media ini juga turut berpengaruh pada kemajuan usaha sektor swasta. 

Selain digunakan sebagai media iklan, panel tersebut sering dipakai oleh badan pemerintah dalam rangka menyampaikan informasi penting kepada masyarakat luas. Pesan atau himbauan bisa ditampilkan secara jelas baik dengan gambar ataupun tulisan sehingga siapa saja yang melihatnya bisa memahami dengan baik.

Masuknya media satu ini ke Indonesia juga perlahan mulai menggeser keberadaan baliho konvensional atau baliho printing. Penyebabnya tidak lain dikarenakan baliho printing memiliki tampilan monoton, dimana tidak memiliki kemampuan menampilkan konten bergerak. Jika dilihat dari segi keramahan lingkungan, tentu panel LED lebih menjamin.

Setelah tidak digunakan karena expired atau masa kontrak habis, baliho akan menjadi sampah tidak terurai sehingga berpotensi mengakibatkan pencemaran lingkungan. Berbeda dengan panel LED yang sama sekali tidak menghasilkan residu atau sampah buangan.

Apa Saja Jenis-Jenis Videotron Yang Umum Digunakan?

Mengetahui jenis panel LED memang penting, terlebih jika anda adalah seorang pengusaha yang berniat untuk menyewanya. Jenis-jenis yang sering digunakan di Indonesia yaitu sebagai berikut:

1. Berdasarkan Lingkungan

Dilihat dari lingkungannya, panel LED dibedakan menjadi dua yaitu indoor dan outdorr. Sesuai dengan sebutannya panel indoor biasa digunakan didalam ruangan tertutup dengan tingkat kecerahan lebih rendah serta disesuaikan dengan jarak pandang setiap ruangan. Sementara panel outdoor dipakai diluar ruangan. 

Jenis outdoor mempunyai tingkat kecerahan lebih tinggi dengan tujuan agar cahayanya tidak kalah dari sinar matahari. Sementara ukuran pitch LED yang digunakan juga lebih lebar dengan jarak pandang lebih dari 20 meter. Sehingga siapa saja bisa melihatnya dengan jelas tanpa hambatan walaupun dari jarak jauh.

2. Berdasarkan Teknologi LED

Jenis videotron berdasarkan teknologi LED yang digunakan meliputi dua macam yakin SMD dan DIP. Keduanya sangat berbeda dan memiliki karakteristik masing-masing. Jenis SMD atau surface mount device, mempunyai karakteristik menyematkan lapisan putih tepat di atas lampu. Kualitas cahayanya lebih redup.

Untuk itu lebih cocok apabila digunakan didalam ruangan tertutup sebab saat dilihat dari jarak dekat kualitas videonya terlihat sempurna dan tidak menyilaukan. Sementara jenis DIP atau dual line package memiliki ukuran lebih besar dan cahayanya lebih terang serta memiliki ketahan terhadap cuaca ekstrim. Jenis ini sangat cocok ditempatkan diluar ruangan.

3. Berdasarkan Ukuran Pitch

Ukuran pitch ditentukan dari jarak antar lampu. Apabila semakin kecil ukuran pitch maka ukurannya akan semakin jelas. Pada umumnya ukuran pitch berkisar antara 2.5 mm hingga 13 mm. Jarak tersebut berpengaruh pada jelas atau tidaknya video yang bisa dilihat oleh audience. 

Disarankan untuk jarak pandang yang jauh hendaknya menggunakan ukuran besar. Sedangkan untuk jarak dekat pastikan memilih pitch berukuran kecil agar kualitas gambar atau videonya lebih baik. Perlu anda ketahui juga bahwa semaki besar ukuran pitch videotron maka harganya juga semakin mahal.

Apa Saja Fungsi Videotron?

Secara garis besar fungsi media ini ada tiga. Pertama, sebagai media iklan atau advertising. Para pemilik brand bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan produk atau brand mereka. Media iklan satu ini bisa memberikan tampilan visual lebih baik dari media iklan lainnya sehingga dapat menarik perhatian audience.

Berbeda dengan media iklan yang dicetak layaknya baliho dan poster. Keduanya hanya menampilkan gambar monoton hingga membuat si penonton merasa bosan. Kebanyakan videotron sebagai iklan yakni bertipe outdoor dengan pelatakan ditempat-tempat remain dan terbuka seperti pinggir jalan atau dinding gedung tinggi.

Fungsi kedua yaitu sebagai media komunikasi, yakni menampilkan informasi penting berupa pesan atau himbauan yang disampaikan instansi tertentu kepada masyarakat. Lebih tepatnya fungsi ini disebut dengan corporate communication. Menggunakan media ini maka instansi tidak perlu lagi membuat mading konvensional. Selain itu juga dapat diaplikasikan di bagian resepsionis untuk menyambut tamu yang datang ke kantor.

Fungsi ketiga yakni sebagai entertaint. Contoh realnya sering dipakai pada konser-konser besar ataupun untuk pesta pernikahan didalam gedung. Tampilannya bisa mendukung saat perekaman acara sehingga memungkinkan penonton dapat melihat dengan jelas walaupun dari jarak jauh. 

Apa Saja Perbedaan Videotron Indoor dan Outdoor?

Secara garis besar perbedaan indoor dan outdoor yakni terletak pada jenis lampu LED yang digunakan. Indoor menggunakan lampu SMD dan outdoor memakai lampu DIP. Dilihat dari kerapatan lampunya, jenis luar ruangan berkisar 32 pixel hingga 6 pixel. Sementara untuk didalam ruangan berkisar 4 hingga 1 pixel saja.

Tingkat ketahanan panel LED luar ruangan tentu lebih baik dibanding indoor. Sebab fiturnya sudah ditambahkan dengan kemampuan menghadapi cuaca panas dan juga hujan. Kecerahan lampunya juga lebih terang dengan kemampuan brighteness mencapai 10.000 nits. 

Untuk panel didalam ruangan hanya memerlukan 500 nits saja. Akan tetapi panel indoor mempunyai kelebihan yakni lebih hemat energi karena konsumsi daya lebih kecil mengingat jumlah lampunya lebih sedikit dari panel outdoor. 

Teknologi di era digital semakin berkembang dari waktu ke waktu. Seluruh kegiatan manusia diberbagai bidang kini mulai berbasis teknologi canggih mengandalkan elektronik. Penggunaan videotron sebagai media pengiklanan sangat direkomendasikan.

Post a Comment for "Mengulik Tuntas Tentang Videotron, Jenis Serta Fungsinya"

Berlangganan via Email