Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Memaksimalkan Asisten Google Pada Smartphone Kapanpun dan Dimanapun



Asisten Google merupakan salah satu fitur yang banyak digunakan oleh banyak orang sebagai cara berinteraksi. Aplikasi satu ini bisa diterapkan pada smartphone berbasis Android dan juga iOs. Menggunakannya bakal mendatangkan keuntungan tersendiri, seperti memaksimalkan kinerja ponsel terlebih saat bepergian.

Memaksimalkan Asisten Google Pada Smartphone


Fitur lain yang bisa dinikmati dari layanan ini yaitu memberikan informasi waktu penerbangan, reservasi restaurant, jadwal meeting, memutar musik hingga menerjemahkan kalimat serta membaca berita. Di satu sisi, keberadaannya juga membantu pengguna smartphone untuk mengakses ponselnya tanpa harus menyentuhnya.

Anda hanya perlu mengatakan ‘Ok Google’ maka secara otomatis layanan ini siap membantu untuk mengoperasikan ponsel sesuai perintah. Menariknya, Asisten Google juga bisa membalas pesan WhasApp, pertama isi pesan akan dibaca kemudian kemungkinan untuk membalas pesan itu dengan cara mengatakannya saja.

Secara otomatis fitur tersebut akan segera mengetiknya dan mengirimkannya sesuai dengan kontak yang ingin dituju. Untuk memutar musik, kini tidak perlu repot menyentuh menu. Cukup memerintahkan Google Assistant maka musik ataupun video bisa segera diputar di layar smartphone anda.

Tips Memaksimalkan Asisten Google Pada Smartphone

Untuk memaksimalkan fungsi Google Assistant, anda bisa menyimak tips berikut ini, yaitu:

1. Membawa Google Assistant pada aplikasi seluler

Pada dasarnya layanan satu ini telah sering digunakan setiap hari. Salah satunya ketika anda mengakses Google Maps. Untuk menuju suatu tempat tertentu, pengguna akan diarahkan oleh bantuan hansfree. Saat mengendara tidak perlu lagi mengetikan alamat, melainkan hanya perlu berbicara ke arah layar, maka hasil pencarian akan ditampilkan. Cara ini juga bisa digunakan saat ingin menelpon seseorang.

2. Media untuk ases informasi penting

Kini telah hadir jutaan smartphone berbasis Android Go serta KaiOs yang sudah support untuk mengakses Asisten Google. Jumlah penggunanya setiap tahun semakin meningkat, terutama di negara-negara berkembang seperti India, Indonesia, Meksiko bahkan Brasil. Masyarakat menggunakannya dalam rangka menemukan informasi penting yang mereka butuhkan dalam waktu singkat.

3. Akses menggunakan Messages

Salah satu cara memaksimalkan Google Assistant yakni melalui percakapan atau Messages. Bahkan layanan ini bisa membaca pesan menggunakan berbagai macam bahasa seperti Bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin dan masih banyak lagi. Untuk itu siapapun bisa menggunakannya dengan sangat mudah tanpa pandang bulu.

4. Gunakan suara untuk mengoperasikan

Beberapa bahasa asing memang sulit ketika akan menuliskannya. Menggunakan Asisten Google, berarti anda hanya perlu mengucapkannya dengan jelas. Lewat suara tersebut layanan ini akan segera mengidentifikasinya hingga membantu untuk menerjemahkannya. Ketika memutuskan membuat jadwal agenda rutin pada smartphone, layanan ini juga bisa mengingatkannya tepat waktu.

Kemampuan Asisten Google Yang Jarang Diketahui

Asisten virtual ini mempunyai kemampuan dasar yang belum banyak diketahui oleh banyak orang, yaitu sebagai berikut:

1. Dapat membaca berita

Ingin mengetahui berita secara langsung tanpa harus membacanya? Kini bukan sekedar wacana lagi sebab anda bisa menggunakan asisten virtual satu ini untuk membacakan berita sesuai dengan topik dan juga preferensi yang anda inginkan. Menariknya lagi, cara pembacaan berita tersebut dilakukan benar-benar mirip pembawa acara di televisi.

2. Melakukan beragam konversi

Asisten Google memungkinkan penggunanya melakukan konversi. Sebagai contoh, anda ingin mengetahui jumlah takaran dari kilogram ke satuan ons. Maka langkahnya cukup mengatakan ‘1 kilogram ada berapa ons? Secara otomatis hasil akurat dan jelas segera ditampilkan dan dibacakan oleh layanan tersebut.

3. Menerjemahkan kalimat

Bingung mencari makna bahasa asing, kini tidak perlu repot-repot menggunakan kamus. Sebab menggunakan asisten virtual andalan Google kalimat tersebut bisa diterjemahkan sesuai target bahasa dengan cepat dan tepat. Bahkan fiturnya kini semakin canggih yakni membaca gambar kalimat berisikan kalimat berbahasa asing tanpa harus membaca atau menuliskannya.

4. Mencari file yang terdapat di aplikasi

Sering lupa menaruh file di aplikasi smartphone anda? tenang,  saat ini hanya perlu mengatakan nama file tersebut atau keterangan lainnya tepat didepan layar ponsel. Google assistant akan mencarikan file tersebut untuk anda dan segera menyajikannya dari tempat penyimpanan.

5. Mengoperasikan Youtube

Rupanya Asisten Google tidak hanya bisa dipakai memutar musik maupun video yang tersimpan pada ponsel. Namun fitur ini juga memiliki kemampuan untuk memutar video dari internet seperti Youtube. Anda hanya perlu memberikan perintah singkat seperti “putar lagu cendol dawet di Youtube”, dalam hitungan detik lagu tersebut segera ditayangkan.

Fitur Terbaru Asisten Google 2020 

Rupanya di tahun 2020 ini Google Assistant menyediakan fitur lebih lengkap dan canggih. Fitur pertama yang bisa anda nikmati yaitu penyiapan jadwal. Tentu layanan ini sangat bermanfaat untuk orang kantoran maupun orang-orang yang suka mengagendakan kegiatan sehari-hari mereka. 

Cara lama yang dipilih oleh sebagian pengguna smartphone yakni dengan membuat alarm atau reminder. Namun dengan adanya asisten virtual satu ini anda hanya perlu mengatakannya saja tepat di depan layar untuk mengatur jadwal.

Fitur kedua yakni dilengkapi dengan perangkat rumah pitar. Sebelumnya Google Assistant memang hanya support untuk beberapa merek smartphone saja. Untuk 2020 ini, rupanya lebih banyak brand yang telah bergabung seperti August Smart Locks, Philips Hue, GE dan lain sebagainya. 

Menggunakan Google Home dari Asisten Google memungkinkan untuk mengatur perangkat AC, pembuat, kopi, pembersih udara dan lainnya. Selain itu anda juga bisa membuat catatan melalui smart display atau layar cerdas sehingga orang-orang yang berada di rumah bisa melihatnya. 

Lambat laut catatan manual menggunakan kertas akan tergantikan dengan fitur tersebut. Fitur selanjutnya yang tidak kalah menarik yakni panggilan cepat. Anda bisa menghubungi siapa via telepon seluler maupun dari Whastapp dengan sangat cepat tanpa harus menyentuh ponsel. 

Layanan ini sangat bermanfaat ketika anda sedang mengendarai kendaraan, sebab Google Assistant bisa membaca seluruh kontak yang tersimpan didalam smartphone anda.

Semua Orang Bisa Menggunakan Asisten Google

Jika dilihat dari layanan serta fitur yang disediakan oleh Google Assistant, semua orang baik pekerja kantoran, pebisnis, mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga bahkan manula bisa memanfaatkannya. Sebab fitur tersebut didesain secara lengkap dan mewakili seluruh kegiatan sehari-hari kebanyakan orang.

Penggunaanya yang relative mudah yakni mengandalkan pesan suara bisa dilakukan oleh siapa saja, dari mana saja dan kapan saja. Terlebih saat ini sudah banyak smartphone yang telah support penggunaan fitur tersebut. Banyak sekali keuntungan yang akan anda dapatkan saat menggunakan asisten virtual tersebut.

Tidak hanya membantu memberikan informasi namun juga mempermudah segala aktifitas yang anda lakukan. Bahkan untuk menghapus history yang terdapat di smartphone, anda hanya perlu melakukannya secara kilat. Riwayat pencarian serta perintah yang telah dikatakan kepada Google akan tersimpan dengan baik.

Agar tidak menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan internal cukup katakana saja’ Oke Google hapus seluruh riwayat yang saya katakan minggu ini’. Melalui perintah tersebut, secra otomatis dan tanpa memerlukan waktu lama seluruh history yang terdapat pada Asisten Google akan lenyap seketika.

Post a Comment for "Memaksimalkan Asisten Google Pada Smartphone Kapanpun dan Dimanapun"

Berlangganan via Email