Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh, Begini Cara Mengatasinya

Kapasitas penyimpanan gmail merupakan salah satu fasilitas yang diberikan Google terhadap pengguna layanan surat menyurat online, dimana akun memiliki daya tampung untuk menyimpan file surat masuk ataupun keluar. Tanpa adanya storage ini, maka penyimpanan file surat di akun Anda tak bisa berhasil dilakukan.



Saat ini hampir semua orang sudah menggunakan email untuk media komunikasi, dan salah satu penyedia layanan terbesar di dunia adalah Gmail yang dilahirkan oleh Google pada tahun 2014. Dahulu banyak sekali penyedia layanan email lainnya, namun Google berhasil menjadi nomor satu di antara pesaingnya.

Tak hanya perorangan yang menggunakan layanan surel ini, namun juga organisasi, perusahaan, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena Gmail paling stabil dan memiliki banyak fitur menarik serta saling terkoneksi dengan layanan lain dari Google yang sangat bermanfaat untuk banyak hal seperti G Calendar.

Untuk mendaftarkan akun di Gmail, caranya sangat mudah dan tak memakan waktu lama, hanya beberapa menit saja. Anda hanya perlu mengisi beberapa data seperti nama lengkap, username email, password, negara, tempat tanggal lahir, serta membaca syarat ketentuan yang berlaku.

Setelah pendaftaran berhasil, maka Anda sudah memiliki akun pribadi dan memperoleh kapasitas penyimpanan gmail untuk menyimpan file surat masuk serta keluar. Bila sudah lama menggunakan ini, terkadang Anda menemukan kendala ketika ada notifikasi bahwa storage tersebut penuh maka mengetahui cara mengatasinya penting dilakukan.

Mengenal Kapasitas Penyimpanan Gmail

Setiap perangkat digital umumnya memiliki kapasitasnya masing – masing, begitu juga yang akan Anda temukan pada gmail. Kapasitas atau storage ini membuat suatu perangkat dapat menyimpan berbagai data digital yang terkait untuk disimpan dalam kurun waktu tertentu dan umumnya memiliki syarat tersendiri.

Bila pertama kali membuat akun, maka Anda otomatis akan memiliki storage penyimpanan. Besar kapasitas storage tersebut adalah 15 GB tiap pengguna, jumlah ini tentunya besar namun juga tergantung kepada isi dari email tersebut. Bila email mengandung attachment dengan ukuran besar maka dapat cepat habis.

Namun besar kapasitas yang diberikan Gmail jauh lebih besar dari pada pesaingnya. Bahkan pada saat kemunculan pertama kali, Gmail menyediakan storage sebesar 1 GB untuk tiap akun, termasuk sangat banyak bila dibandingkan dengan pesaingnya yang dahulu hanya menyediakan storage 2 hingga 4 MB.

Pada Google Mail ini, Anda juga dapat melampirkan atau attach file dengan ukuran lumayan besar, yaitu 25 MB, jauh lebih besar dari pada penyedia layanan surat elektronik lain. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk kirim – terima surat elektronik yang membutuhkan banyak penyimpanan.

Bila ukuran file yang mau Anda lampirkan lebih dari 25 MB, jangan khawatir karena surat masih bisa dikirim namun akan terkoneksi dengan Google Drive. Menyimpan di sana tentunya akan aman dan sang penerima email juga tidak akan kesulitan untuk mengakses lampiran berukuran besar tersebut.

Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh

Bila kamu sudah lama menggunakan layanan email ini dengan aktif, terlebih bila sudah bertahun – tahun, maka terkadang ada kendala yang akan muncul yaitu kapasitas penyimpanan gmail penuh. Hal ini tentu sangat merugikan bila terjadi dan harus cepat diatasi agar tak penuh lagi.

Pasalnya bila storage sudah penuh, maka kendala yang akan Anda hadapi adalah tidak bisa menerima atau mengirim email. Contohnya adalah ketika Anda mengirim email untuk melamar pekerjaan ke suatu perusahaan, terkadang ada notifikasi bahwa email tersebut mencapai limit storage sehingga tak bisa menerima email lagi.

Tentunya bila sudah penuh dan tak bisa menerima email, akan sangat merugikan untuk kedua belah pihak. Di satu sisi perusahaan tak bisa menerima calon secara maksimal, sedangkan pelamar atau calon tersebut juga tidak bisa memasukkan lamaran. Hal ini tentunya jangan sampai Anda alami di email sendiri.

Bila storage sudah mau penuh, maka aka nada notifikasi terlebih dahulu. Anda bisa menemukannya di bagian atas saat membuka email. Umumnya di atas kolom pencarian akan ada notifikasi bahwa storage akan atau sudah penuh dengan simbol segitiga merah dengan tanda seru di dalamnya.

Lalu Anda juga dapat melihat sebanyak apa kapasitas penyimpanan gmail yang sudah digunakan di bagian bawah halaman utama tersebut. Bila memang sudah sangat penuh, maka Anda dapat melihat tulisan “15.00 GB (100%) of 15 GB used” berarti kapasitas tersebut sudah digunakan sepenuhnya 100%.

Mengatasi Penuhnya Kapasitas Penyimpanan Gmail 

Storage 15 GB yang diberikan oleh Google sebenarnya tak hanya untuk Gmail saja, namun juga dibagi untuk Google Drive dan Google Photos. Hal ini pula yang membuat pengguna dapat mengirim lampiran attachment dengan ukuran besar melebihi 25 MB karena menggunakan Google Drive sebagai tempat penyimpanannya. 

Bila kapasitas Google Drive ataupun Photos sudah banyak digunakan, maka storage Gmail pun akan semakin sedikit. Maka cara pertama untuk mengatasi penuhnya kapasitas penyimpanan gmail tersebut adalah dengan menghapus data di Google Drive atau Photos. Lihatlah berapa banyak ukuran file yang terdapat di layanan itu.

Bila ada file termasuk kurang penting atau sudah tidak terpakai lagi, lebih baik segera hapus dari pada Anda tak bisa menerima surat elektronik atau mengirimkannya. Caranya adalah dengan memilih klik kanan pada file berukuran besar, lalu pilih opsi “Remove” sehingga file dapat dihapus dari Drive.

Terkadang file yang sudah dihapus masih tersimpan di “Trash”, maka bila memang mau langsung hapus, bisa menggunakan opsi “Delete Forever” agar file tidak menumpuk lagi. Sebelum menghapus pastikan data tersebut sudah tidak dibutuhkan atau telah di back up pada perangkat lain.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan upaya dengan menghapus email lama dan sudah lama berdiam di inbox. Menghapus email promosi juga akan sangat berpengaruh karena email jenis ini umumnya dapat bertambah puluhan setiap harinya. Pastikan email tersebut sudah tak terpakai atau di back up.

Memperbesar Kapasitas Penyimpanan Gmail

Bila Anda sudah melakukan beberapa upaya penghapusan file lama tak terpakai, maka storage akan tersedia lagi. Namun bila memang dirasa masih kurang, maka Anda bisa pula membeli kapasitas penyimpanan gmail agar dapat menyimpan beberapa file berukuran besar ataupun banyak.

Google menyediakan berbagai macam ukuran storage untuk akun Anda sehingga dapat memilih sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan. Storage yang ditawarkan mulai dari 100 GB, 200 GB, hingga 2 TB dengan harga berbeda – beda. Anda dapat membayar paket ini selama sebulan atau langsung setahun.

Bukan hanya storage bertambah, namun juga fasilitas lain yang akan memberi banyak manfaat untuk pengguna. Beberapa contoh di antaranya terdapat di klaim saat mau membeli ruang penyimpanan, yaitu memperoleh akses ke pakar Google, memiliki opsi untuk menambahkan keluarga serta tambahan lainnya.

Tentu hal ini sangat praktis, terutama Anda tak usah repot memilih, sortir, dan menghapus mail atau file tak terpakai di Gmail ataupun G Drive. Membeli ruang penyimpanan baru sangat efektif dan baik untuk dilakukan perusahaan atau profesional membutuhkan banyak kapasitas penyimpanan gmail.

Post a Comment for " Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh, Begini Cara Mengatasinya"

Berlangganan via Email