Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

HP Legal Namun IMEI Non Register, Bagaimana Cara Mengatasinya

Beberapa waktu lalu sempat tersiar kabar bahwa IMEI non register otomatis terblokir sehingga setiap orang wajib mengecek kodenya masing-masing. IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan suatu identitas berupa nomor yang khusus dikeluarkan oleh asosiasi GSM. IMEI ini wajib ada di tiap smartphone yang beredar. 

HP Legal Namun IMEI Non Register


Pentingnya suatu IMEI memang baru disadari beberapa waktu lalu. Ini berkaitan dengan aturan terbaru yang mewajibkan tiap smartphone memiliki kode register sebagai tanda bahwa HP tersebut legal atau asli. Nomor ini berisi 15 hingga 16 digit di mana salah satunya berisi informasi mengenai tipe HP yang digunakan. 

HP black market atau ilegal memang cukup meresahkan. Pasalnya banyak produsen smartphone dirugikan sehingga salah satu kebijakan yang diambil adalah dengan menerapkan kode IMEI. Meski begitu, banyak orang yang mengeluhkan tatkala HP legal dibeli langsung pada produsen ternyata IMEI non register. Tentu ini menjadi sebuah pertanyaan besar. 

Meski begitu, anda tak perlu khawatir lantaran hal tersebut bisa segera diatasi. Apalagi regulasi atau kebijakan pemblokiran HP ilegal memang belum sepenuhnya diterapkan. Sehingga sebelum terlambat, anda bisa langsung mengecek atau mendaftarkan kode HP tersebut. Apalagi mendaftarkan IMEI cukup mudah bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

Pentingnya Sebuah IMEI Bagi Smartphone

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika kini anda harus segera mengecek smartphone terlebih jika IMEI non register. Hal ini mengingat IMEI fungsinya sangat penting bagi sebuah handphone. Kode unik ini sekilas memang layaknya nomor biasa namun, memiliki informasi penting yang bisa saja disalahgunakan beberapa pihak.  

Demi kenyamanan bersama maka penerapan aturan terkait hal tersebut mulai gencar diterapkan. Tak hanya pada HP premium, smartphone harga murah pun wajib memiliki nomor tersebut. Bahkan dimiliki oleh semua tipe HP tanpa terkecuali. Apalagi fungsi IMEI ini juga sangatlah banyak. Di antaranya adalah berpengaruh besar pada kinerja smartphone. 

Perlu anda ketahui jika kinerja smartphone ternyata dipengaruhi oleh kode IMEI. HP yang dibeli kondisi bekas tak semua IMEI-nya asli. Apalagi jika memiliki riwayat pernah dihack. Otomatis kodenya akan berubah. Dan ini jelas sangat merugikan pihak konsumen lantaran sinyal diterima namun kondisi tidak maksimal. 

Jika HP anda hilang entah dicuri atau jatuh maka bisa dilacak dengan menggunakan kode unik tersebut. IMEI non register tentu akan menyulitkan anda untuk menemukan smartphone ketika hilang. Cara melacaknya pun cukup mudah, anda tinggal datang ke gerai resmi dan meminta petugas untuk melacak keberadaan HP tersebut. 

Fungsi selanjutnya adalah sebagai identitas smartphone. Layaknya manusia yang memiliki KTP, ponsel juga demikian agar mudah dikenali. Sehingga sewaktu-waktu jika ada masalah maka bisa langsung dicek pada nomor identitas berikut. Jika terpaksa anda membeli HP bekas maka sebaiknya cocokkan kode dalam ponsel dengan kardusnya. 

Cara Mengecek IMEI Mudah Diterapkan Untuk Pemula

Mengecek IMEI tak seribet yang dibayangkan. Nyatanya banyak pemula yang langsung bisa mempraktekkannya. Ada beberapa versi cara mengecek IMEI yang bisa diterapkan. Salah satu caranya adalah melalui ponsel anda. Anda tinggal cari menu settings yang biasa ada pada setiap smartphone. Lalu buka about phone, status dan cari status IMEI. 

Apabila IMEI non register meski ponsel anda legal bisa juga dicek melalui kode dial. Caranya masuklah ke menu panggilan ketik *#06# dan tekan OK/Panggil. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Admin akan memberikan informasi secara lengkap mengenai apa yang anda minta. Termasuk kode IMEI yang berlaku di ponsel anda. 

Jika anda baru saja membeli ponsel sebaiknya langsung cek pada kardus HP tersebut. Di kardus tersebut tersedia informasi lengkap mengenai identitas HP termasuk IMEI. Perlu diingat nomor yang ada di kardus hanya berlaku untuk ponsel baru. Sementara HP lama IMEI bisa saja berubah terlebih jika sudah lama digunakan. 

Alternatif lainnya yang bisa anda terapkan adalah dengan mengecek pada website Kemenperin. Kementerian Perindustrian telah memudahkan masyarakat dalam mengecek nomor unik setiap ponsel melalui website khusus. Anda bisa akses https://www.kemenperin.go.id/imei. Masuk ke website tersebut dan jangan lupa masukkan kode unik tersebut untuk memastikan IMEI non register atau sudah resmi terdaftar.

Bahayanya Membeli Ponsel Black Market

Membeli smartphone memang tak boleh sembarangan. Pun juga harus benar-benar menghindari ponsel yang dibeli di black market atau BM. Banyak orang tergiur dengan harga murah padahal tipe HP kelas atas. Jika anda menemui hal semacam ini maka perlu waspada. Bisa jadi ini adalah modus dari black market untuk menggaet konsumen. 

Meski bisa mendapatkan ponsel kelas terbaik dengan harga murah namun, anda perlu tahu bahayanya membeli di black market (BM). Di antaranya adalah keoriginalan produk masih dipertanyakan. Hal ini mengingat banyak sekali produk tiruan dengan kemiripan hampir tak bisa dibedakan. Dan mungkin ini menjadi faktor mengapa IMEI non register terjadi. 

Ciri-ciri ponsel BM selanjutnya adalah tidak adanya garansi resmi. Padahal garansi ini penting untuk pembeli sebagai jaminan keaslian produk. Jika anda membeli HP sebaiknya tanya ada garansi atau tidak. Karena produk tanpa garansi sangatlah berisiko besar. Sehingga produk BM ini dianggap sebagai barang ilegal dan tidak direkomendasikan. 

Bahaya yang mengintai dari produk BM adalah adanya ancaman blokir dari pemerintah terkait. Pemerintah kini tengah gencar menerapkan regulasi ketat terhadap produk ilegal. Salah satunya dengan membasmi IMEI non register di semua smartphone yang beredar. Pemblokiran ini dilakukan mengingat produk black market sangatlah merugikan banyak pihak.

Bahaya produk BM lainnya tak kalah penting adalah adanya risiko barang rusak. Bisa dikatakan produk black market merupakan barang kualitasnya tak terjamin sehingga rentan rusak. Jadi jika ingin barang awet sebaiknya membeli ponsel di toko resmi dengan jaminan garansi. Selama garansi berlaku maka jika ada kerusakan bisa langsung diperbaiki.

Cara Mengatasi Jika IMEI Non Register Padahal HP Legal       

Banyak sekali kejadian sudah membeli HP di toko resmi namun, kode IMEI belum terdaftar. Tak perlu cemas karena ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun, sebelumnya cari tahu penyebab terjadinya hal tersebut. Dan paling relevan adalah memang website kemenperin masih dalam tahap pengembangan.          

Website tersebut bisa jadi belum terlalu lengkap kode yang ada didalamnya. Sehingga masih saja ditemui ponsel resmi namun, IMEI non register. Ketika ini terjadi pada anda maka sebaiknya jangan terlalu cemas. Karena pihak terkait pun telah mengeluarkan kebijakan yakni tetap membolehkan ponsel tersebut dipakai.                         

Pihak dalam hal ini Kominfo secara resmi membolehkan dipakainya ponsel tersebut hingga rusak. Karena pada dasarnya yang diblokir bukan HP melainkan layanannya. Sehingga tak perlu kaget jika tiba-tiba sinyal mendadak hilang. Namun, ini belum sepenuhnya diterapkan secara ketat sehingga masih ada kesempatan untuk anda mengecek.                 

Pada intinya selama belum ada pemblokiran sebaiknya cek segera kode IMEI ponsel anda khususnya jika HP baru. Jika memang belum terdaftar maka tunggu karena pihak distributorlah yang bisa mendaftarkan. Sehingga anda tak perlu khawatir lagi jika IMEI non register meski HP terbilang legal atau terdaftar secara resmi.   

Post a Comment for "HP Legal Namun IMEI Non Register, Bagaimana Cara Mengatasinya"

Berlangganan via Email