Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Fitur Gmail yang Jarang Diketahui, Cocok Untuk Orang Sibuk

Banyak sekali fitur gmail yang dapat diakses oleh para penggunaannya untuk memudahkan aktivitas komunikasi surat menyurat secara online. Gmail adalah layanan surel (surat elektronik) terbesar di dunia yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2004, di mana sekarang memiliki pengguna terbanyak.



Tak heran mengapa aplikasi tersebut sangat marak digunakan oleh seluruh orang di dunia karena saat ini semua serba online. Mengirim surat memang masih banyak ditemukan, namun dinilai kurang efektif karena membutuhkan biaya serta waktu sampai. Sedangkan surat elektronik, tak sampai berapa detik sudah bisa terkirim.

Dengan surat elektronik, Anda tak perlu lagi datang ke pos, menunggu berhari – hari untuk sampai, dan bisa mengirim surel dalam jumlah banyak secara langsung. Teknologi tersebut sangat membantu segala hal di banyak sekali sektor dari yang besar hingga kecil sehingga terus dikembangkan tekniknya.

Layanan tersebut digunakan setiap hari bahkan setiap detik oleh masyarakat tak hanya Indonesia, namun juga dari penjuru dunia. Terlebih saat ini kondisi dunia sedang mengalami pandemic COVID 19 sehingga banyak pekerjaan yang dilakukan di rumah, membuat penggunaan aplikasi surel ini juga semakin meningkat. 

Bila Anda adalah pengguna gmail aktif, mengetahui selak beluk dan segala layanansangat dibutuhkan agar penggunaan layanan dapat berjalan maksimal serta bermanfaat bagi urusan Anda. Jika tidak memahaminya, maka dikhawatirkan Anda dapat menghambat pekerjaan padahal seharusnya mempermudah dengan teknologinya.

Fitur Gmail Undo Send

Gmail memiliki berbagai macam fitur menarik yang ternyata belum diketahui oleh orang banyak. Hal ini disebabkan karena tak sedikit orang kurang eksplorasi terhadap berbagai macam layanan yang sebenarnya sangat menguntungkan. Bila Anda pengguna aktif, mengetahui segala fitur gmail harus dilakukan.

Layanan pertama yang akan dibahas adalah “Undo send”, sangat bermanfaat bila ada kekurangan saat mengirim surat elektronik. Contohnya adalah ketika Anda sedang menulis atau mau mengirim surel penting, lalu tak sengaja terkirim namun isinya belum sempurna. Maka pengiriman surel tersebut dapat dibatalkan.

Bila surel sudah dibatalkan, maka tak akan muncul di halaman email penerima. Namun tentunya layanan menguntungkan ini memiliki syarat utama, yaitu terdapat tenggat waktu untuk bisa mengurungkan pengiriman surel. Ada dua opsi tenggat waktu yaitu 5 detik dan 30 detik, cukup cepat sehingga harus waspada. 

Opsi ini dapat diatur, caranya adalah masuk ke laman settings yaitu pengaturan. Lalu memilih general dan masuk ke undo send. Aktifkanlah dan pilih waktunya agar proses membatalkan surel terkirim dapat berlangsung efisien serta tak usah lagi untuk bingung ketika tak sengaja mengirim surel.

Lebih baik jangan menentukan durasi terlalu cepat, durasi ideal adalah 30 detik, tidak terlalu lama ataupun terlalu cepat. Dengan durasi tersebut maka kemungkinan surel dapat dilakukan Undo Send menjadi lebih fleksibel serta tak usah terburu – buru karena waktu tidak terlalu cepat hangus.

Fitur Gmail Jadwal Mengirim Email

Fitur selanjutnya sangat cocok bagi Anda yang sibuk, sedikit memiliki waktu luang karena sudah dipenuhi oleh jadwal. Atau bisa juga agar jadwal lebih terorganisir dengan baik sehingga tidak melewati waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menentukan jadwal pengiriman email sesuai keinginan.

Anda dapat menentukan kapan surel akan dikirim, apakah sore ini, besok, lusa, dan sebagainya tentunya dengan jadwal waktu jelas pula. Hal tersebut sangat menguntungkan terutama bagi orang sibuk atau perusahaan dengan jadwal padat sehingga surel sudah dapat disiapkan dari jauh hari tanpa mengganggu jadwal pula.

Salah satu contoh penggunaan fitur gmail ini adalah ketika suatu perusahaan mau mengumumkan surat pernyataan lulus seleksi kepada peserta recruitment. Tak mungkin harus menunggu jam tepat, baru mengirimkan email tersebut. Namun pihak perusahaan dapat membuat surel dari jauh hari dan menjadwalkan kapan pengirimannya.

Cara menggunakan fitur scheduling adalah dengan memilih ikon jam di sebelah tombol send sebelum mengirimkan surel, ikon ini bernama “Scheduling send”. Kemudian akan ada pilihan tanggal serta jam, bisa untuk hari ini, besok, atau bahkan minggu depan sesuai dengan kebutuhan serta tujuan Anda.

Fitur ini juga dapat disesuaikan dengan Google Calendar sehingga jadwal terkoordinasi dengan baik. Tentunya untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu memastikan bahwa data di Google Calendar dengan Gmail ada di alamat surel yang sama. Lalu aturlah pada pengaturan agar saling terkoneksi dengan baik.

Fitur Gmail Menghapus Pesan Otomatis

Bila Anda sedang mengirimkan hal sensitif atau rahasia kepada perusahaan atau perorangan, pasti mau file tersebut dijaga kerahasiaannya. Terkadang mengirimkan surat elektronik dapat menimbulkan was – was karena takut bila file tersebut jatuh ke tangan orang lain dan lebih parah menyebar ke orang tak bertanggung jawab.

Maka Anda tak perlu khawatir karena Google memiliki solusi dari hal tersebut, yaitu melewat salah satu fiturnya di Gmail yang bernama “Self-destruct”. Fitur ini akan bekerja untuk menghapus email tersebut sesuai dengan waktu yang telah Anda atur sebelumnya, atau dengan kata lain email ini memiliki waktu expired.

Bisa dibilang bahwa konsep ini hampir sama dengan fitur yang bekerja pada story Instagram atau story Snapchat, di mana pengguna dapat post sesuatu namun ada waktu expirednya. Misalnya story Instagram memiliki waktu expired 24 jam, maka 24 jam setelah post diunggah, maka akan otomatis terhapus.

Sedangkan pada fitur gmail ini, Anda dapat menentukan berapa lama email yang dikirim berada di inbox penerima surel. Fitur ini membuat email menjadi lebih private karena tidak bisa melakukan beberapa opsi umum seperti forward, disalin / copy, diunggah / download, atau di print.

Cara menggunakan fitur ini adalah setelah menulis email, maka pilihlah ikon jam kecil dengan gembok di bagian belakangnya. Fitur ini bertuliskan “Turn confidential mode on/off”, setelah itu aturlah waktu berapa lama surel itu bertahan. Waktunya beragam, bisa sehari, 2 bulan, bahkan hingga 5 tahun.

Fitur Gmail Password pada Email

Gmail selalu memberikan keamanan yang menjanjikan kepada para penggunanya sehingga ada saja opsi untuk meningkatkan keamanan, salah satunya adalah memberikan password pada email. Hal tersebut sangat cocok bila Anda membutuhkan keamanan lebih terhadap surel yang dikirim dan umumnya bersifat email rahasia.

Keuntungan lainnya adalah email ini tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Salah satu contoh penggunaannya adalah bila suatu perusahaan mau mengirimkan lisensi mengenai software atau lain sebagainya, maka hal penting seperti itu tidak bisa hanya menggunakan layanan email biasa, namun harus dijaga dengan memberi password.

Fitur ini bernama “Confidential Mode” juga yang menambah keamanan setelah mengatur waktu expired dari surel Anda dengan password dibuat oleh Gmail. Pilihan penambahan password ada di bagian bawahnya, terdapat dua pilihan yaitu “No SMS passcode” atau “SMS passcode”, pilihlah “SMS passcode”.

Kemudian Gmail akan mengirimkan password atau passcode tersebut melalui SMS ke nomor telepon yang sudah terhubung ke alamat email. Maka setelah itu Anda dapat membuka email dengan sandi yang telah dikirimkan tersebut. Dengan begitu keamanan email Anda dapat sangat terjaga dengan fitur Gmail bermanfaat.

Post a Comment for "Fitur Gmail yang Jarang Diketahui, Cocok Untuk Orang Sibuk"

Berlangganan via Email