Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Merawat Layar Handphone Agar Tetap Kinclong


Untuk memiliki handphone yang tampak seperti baru, sudah selayaknya Anda mengetahui bagaimana cara merawat layar handphone dengan tepat. Baterai, memori card, atau kamera memang merupakan komponen smartphone yang penting. Namun layar atau screen juga memiliki peranan yang tak kalah penting dibanding elemen lainnya.

Cara Merawat Layar Handphone


Perawatan di bagian screen hp perlu diperhatikan dengan teliti sehingga selalu tampak kinclong. Tak hanya itu, merawat screen hp juga sangat diperlukan untuk menjaga performa layar itu sendiri. Apalagi kini ponsel yang paling populer digunakan adalah tipe touch screen. Apabila terjadi masalah, Anda pun akan kesulitan menggunakan ponsel.

Kebersihan layar ponsel ternyata juga dapat mempengaruhi sensitivitas sensor yang tertanam di dalamnya. Agar tidak terjadi gangguan teknis, salah satu hal yang paling utama dilakukan tentunya dengan menjaga screen smartphone Anda tetap bersih. Nah, berikut ini beberapa cara jitu untuk membuat layar smartphone kinclong seperti baru.

Membersihkan dengan Kain Lembut

Cara merawat layar handphone yang pertama yaitu membersihkannya menggunakan kain lembut. Cara ini merupakan langkah paling dasar dan mudah. Anda bisa melakukannya di rumah atau di mana saja jika diperlukan. Kain lembut dapat membuat layar terhindar dari debu-debu yang menempel, maka lakukan secara rutin dan berkala. 

Tekstur lembut pada kain adalah poin penting yang harus diutamakan. Hindari memilih kain secara sembarangan, apalagi jika menggunakan kain bertekstur kasar. Tekstur kasar akan menimbulkan goresan pada screen smartphone Anda saat digosokkan. Batasi pula penggunaan tissue karena berpotensi menghasilkan guratan di permukaan handphone.

Agar aman, Anda dapat memakai kain yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Namun, sebelumnya pastikan terlebih dahulu kain tersebut dalam kondisi bersih. Kemudian usapkan kain ke seluruh permukaan layar secara perlahan. Nah, setelah dibersihkan dengan kain lembut, kini ponsel terbebas dari debu yang menempel. 

Manfaatkan Gel Alkohol

Cara merawat layar handphone berikutnya bisa dengan memanfaatkan gel alkohol Anda di rumah. Gel alkohol tentu bukan merupakan benda asing lagi bagi sebagian besar orang. Umumnya, benda yang satu ini memang digunakan untuk membersihkan tangan saat hendak makan atau seusai menyentuh permukaan kotor.

Tak hanya untuk membersihkan tangan dari kuman. Gel alkohol juga bisa digunakan untuk membasmi kuman atau kotoran di berbagai permukaan benda lainnya termasuk layar smartphone Anda. Bentuk gel dianggap lebih aman karena tidak sampai membuat permukaan ponsel sampai basah. Sehingga Anda tak perlu khawatir terjadi kerusakan.

Cara merawat layar handphone dengan gel alkohol sangat mudah. Pertama, siapkan kain bersih terlebih dahulu, dan pastikan teksturnya lembut agar tidak menggores layar. Kemudian tuangkan gel alkohol secukupnya ke kain tersebut. Lalu, mulai bersihkan permukaan layar secara menyeluruh dengan perlahan sampai terlihat bersih dan kinclong.

Pastikan Anda menuangkan gel tersebut ke kain terlebih dahulu. Jangan menuangkan gel langsung ke layar karena bisa berpotensi merusak kinerjanya. Alkohol memang ampuh untuk membasmi kotoran. Maka, cara ini sangat tepat dan mudah untuk diaplikasikan. Sehingga smartphone Anda tidak kusam akibat debu maupun kotoran lainnya. 

Menggunakan Screen Protector

Teknologi pembuatan smartphone semakin canggih. Para vendor ternama selalu memperbarui teknologi yang ditanamkan ke ponsel buatan mereka, termasuk komponen layarnya. Sehingga muncullah elemen seperti Gorilla Glass yang digunakan untuk melapisi screen smartphone. Ponsel jenis ini tentu dibanderol dengan harga lumayan. Maka, cara merawat layar handphone ini sangat penting.

Nah, pastinya Anda tak ingin kan, kalau smartphone kesayangan jadi terkena oleh noda atau bahkan goresan. Untuk itu, penggunaan screen protector amat patut dipertimbangkan. Saat membeli handphone baru, tak ada salahnya Anda juga membeli pelindung screen ponsel. Dengan begitu, layar lebih terjaga kekinclongannya.

Cara merawat layar handphone dengan screen protector tak hanya untuk menjaga agar tetap bersih. Tetapi juga dapat menghindarkan handphone Anda dari kondisi tak terduga. Misalnya melindungi sensitivitas layar akibat sentuhan yang terlalu kasar. Atau kebiasaan menggunakan kuku saat mengetuk permukaan handphone hingga terjatuh dan rawan tergores.

Menggunakan screen protector juga dapat melindungi handphone dari minyak. Saat Anda menerima panggilan atau menelepon seseorang, tentu akan menempelkan bagian permukaan smartphone ke telinga dan sebagian wajah. Tentu hal ini dapat menyebabkan minyak di wajah menempel ke permukaan layar dan menjadikannya tampak kusam.

Menggunakan Flip Cover

Terkadang sebagian orang tidak menyukai penggunaan screen protector karena dapat mengurangi keindahan ponsel itu sendiri. Nah, jika Anda termasuk orang yang tak suka dengan peindung layar, flip cover bisa menjadi solusinya. Cara merawat layar handphone dengan flip cover pun sangat mudah namun terbilang efektif. 

Kini terdapat banyak sekali desain-desain flip cover yang menarik. Anda bisa memilih bentuk atau desain mana yang paling sesuai dengan kepribadian masing-masing. Sesuaikan pula dengan model handphone yang digunakan. Demikian, fungsi komponen-komponen seperti kamera hingga lubang charger bisa digunakan secara tepat dan maksimal. 

Menggunakan flip cover selain sebagai cara merawat layar handphone juga memudahkan Anda saat menyimpannya. Menyimpan smartphone tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebaiknya tempatkan di tempat yang aman dari potensi tergores atau hal membahayakan lainnya. Namun ponsel dengan flip cover bisa disimpan lebih mudah karena aman dari gesekan. 

Menggunakan Cairan Khusus Pembersih Layar

Jika di poin sebelumnya terdapat tips membersihkan layar hp dengan gel alkohol, Anda juga bisa memanfaatkan cairan lainnya. Anda tentu sudah taka sing dengan cairan khusus yang biasanya dipakai untuk membersihkan layar pada laptop. Nah, benda cair ini juga bisa digunakan untuk membuat hp Anda semakin kinclong. 

Cara merawat layar handphone dengan benda cair ini yaitu menuangkannya ke kain lembut. Perlu diingat bahwa cairan tersebut komposisinya terdiri dari bahan-bahan kimia. Untuk itu, tuangkan ke kain yang dipakai untuk membersihkan alih-alih langsung pada layar hp. Selepas itu, bersihkan secara menyeluruh. 

Menggunakan Cotton Bud

Selain kain lembut, Anda juga dapat memanfaatkan cotton bud di rumah. Cotton bud biasanya dipakai untuk membersihkan bagian dalam telinga dari kotoran. Akan tetapi, benda ini juga bisa dipakai sebagai alat membersihkan permukaan screen ponsel Anda. Agar lebih bersih maksimal, gunakan air bersih atau cairan khusus.

Kemudian gosokkan cotton bud ke area yang terdapat noda cukup membandel. Lakukan secara perlahan agar noda dapat terangkat sempurna. Selain di bagian layar, cotton bud juga bisa diaplikasikan ke bagian smartphone lainnya. Misalnya ke sudut-sudut atau sela-sela ponsel yang sulit dibersihkan dengan kain biasa. 

Saat memiliki barang berharga, sebaiknya Anda merawatnya dengan baik. Sama halnya dengan smartphone yang dimiliki. Tak hanya memanfaatkan fungsinya, namun sisi estetika smartphone juga harus diperhatikan. Selain lebih kinclong dan enak dilihat, smartphone juga relatif lebih awet. Hal ini bisa Anda peroleh jika menerapkan cara merawat layar handphone dengan tepat.


Post a Comment for "Cara Merawat Layar Handphone Agar Tetap Kinclong"

Berlangganan via Email