Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Baterai Android Tanam Sering Bermasalah, Cek Segera Sebelum Terlambat


Hampir semua baterai android tanam dipakai menggantikan sebelumnya yang bisa dibongkar pasang. Smartphone khususnya android memang masih menjadi primadona meski iPhone juga tengah populer. Dan baterai tanam menjadi paling populer digunakan pada smartphone keluaran terbaru. Ini pun tak lepas dari berbagai kelebihan dari baterai tanam tersebut. 

Baterai Android Tanam Sering Bermasalah


Layaknya baterai jenis lain, versi tanam ternyata juga tak lepas dari berbagai permasalahan. Baterai yang bermasalah ini biasanya akan muncul tatkala smartphone lama digunakan. bisa karena bocor atau ada permasalahan lain. Oleh karena itu, anda pun harus senantiasa rutin untuk mengecek agar permasalahan tersebut bisa segera diatasi sebelum terlambat. 

Tak dapat dipungkiri jika baterai android tanam atau versi bongkar pasang memang perannya sangat penting. Tanpa baterai tentu smartphone anda tak akan digunakan. Karena untuk bisa digunakan membutuhkan daya cukup. Jika anda tidak ingin ada masalah pada smartphone atau terganggu lantaran daya boros maka segera lakukan pengecekan. 

Setidaknya ada beberapa tanda atau ciri-ciri yang bisa anda kenali terkait permasalahan yang sering menimpa smartphone khususnya baterai android tanam. Melalui beberapa tanda ini setidaknya anda bisa tahu lebih dini mengenai apa yang bermasalah agar bisa segera diambil tindakan lebih lanjut. Ini berlaku untuk semua jenis smartphone. 

Ciri-Ciri Baterai Android Tanam Mulai Bermasalah

Umumnya ada empat ciri-ciri yang menandakan bahwa baterai tanam android anda sedang bermasalah. Di antaranya adalah daya yang cepat habis atau ngedrop. Anda pasti sering mengalami ketika daya full 100% tapi mendadak dalam hitungan jam sudah habis. Tentu ini sangatlah menyebalkan apalagi jika dalam posisi perjalanan jauh. 

Baterai android tanam yang mudah drop menjadi ciri-ciri pertama bahwa ada masalah. Dan ciri-ciri kedua adalah HP mati sendiri. Jika sudah masuk kondisi demikian, maka anda harus segera menggantinya jika tidak ingin Hp rusak. Ini dianggap sebagai permasalahan serius atau parah yang sudah harus mendapat perbaikan. 

Ciri-ciri selanjutnya yang perlu dikenali adalah waktu cas yang terlalu lama atau cepat. Mungkin jika pengisian daya cepat full 100% adalah suatu hal membahagiakan karena tak perlu lama sekedar untuk cas. Padahal ini menjadi hal yang perlu diwaspadai karena diluar batas kenormalan. Sementara normalnya pengisian membutuhkan waktu sekitar 2-4 jam.

Begitu juga sebaliknya jika cas HP justru memakan waktu berjam-jam. Jika sudah begini sebaiknya segera cek baterai android tanam secara manual atau datang ke pusat servis. Bisa jadi ini adalah tanda awal munculnya masalah pada smartphone anda yang tentunya akan sangat mengganggu jika dibiarkan berlarut-larut. 

Dan terakhir yang perlu diwaspadai adalah ketika layar HP mulai sering berkedip-kedip. Layar berkedip-kedip terang gelap secara terus-menerus menandakan bahwa adanya ketidakstabilan terkiat arus listrik. Bisa karena baterai boros atau permasalahan lain. Dan tahap ini dikatakan termasuk sudah parah dan perlu segera mendapat pertolongan. 

Cara Mudah Cek Baterai Tanam 

Apabila dirasa sudah membuat kesal maka anda bisa langsung mengeceknya. Pengecekan ini bisa anda lakukan sendiri maupun meminta bantuan orang berpengalaman. Cara pertama yang bisa dilakukan dengan melihat kode baterai. Kode ini akan mudah ditemukan khususnya pada smartphone jenis non removable battery. Kode USSD yang bisa dipakai *#*#4636#*#*.

Cara kedua tes performa baterai android tanam anda. Cas HP hingga penuh, setelah itu buka aplikasi dengan kemampuan grafis cepat. Hal ini akan membuat kinerja CPU hingga RAM meningkat pesat. Dari sini akan terlihat berapa persen daya digunakan. Jika terlalu besar maka kemungkinan baterai drop atau rusak. 

Jika anda belum terlalu yakin maka bisa mengeceknya melalui aplikasi. Aplikasi yang bisa dicoba adalah Accu Battery. Aplikasi ini berfungsi membantu anda mengetahui detail informasi mengenai kondisi baterai. Cara mendapatkannya pun mudah cukup download melalui play store mengingat aplikasi ini juga mudah digunakan disegala jenis baterai baik tanam maupun lepas.

Alternatif lain jika belum merasa puas adalah dengan membuka casing HP. Cara seperti ini sebaiknya dilakukan oleh ahlinya demi meminimalisir kerusakan lebih parah. Apabila sudah dilepas casingnya maka akan terlihat bagaimana kondisi fisik dari baterai android tanam tersebut. Termasuk dari warna hingga munculnya cairan minyak sekutar terminal. 

Waspada, Begini Hal Fatal Penyebab Baterai Bermasalah

Ternyata banyak penyebab mengapa baterai bisa drop atau rusak parah. Bahkan tanpa anda sadari kebiasaan selama ini berpengaruh besar terhadap kerusakan. Dan jelas ini harus anda kurangi jika ingin baterai awet tahan lama. Meski tak dapat dipungkiri jika faktor usia smartphone pun juga ikut andil menurunkan performanya. 

Selain faktor usia, menggunakan HP saat dicas juga merupakan kebiasaan salah. Apalagi jika ini dilakukan secara terus-menerus. Tentu ini akan membuat kerusakan pada baterai android tanam semakin parah. Dan terpaksa membuat anda harus keluar uang banyak tatkala memperbaikinya. Sebelum terlambat sebaiknya hindari kebiasaan fatal tersebut. 

Penyebab selanjutnya adalah terlalu lama mengecas. Kebiasaan seperti ini biasanya sering terjadi ketika posisi malam hari. Banyak orang mengecas dan ditinggal tidur. Sehingga tidak tahu jika pengisian sudah penuh. Ini sangat tidak baik karena hanya akan membuat kondisi baterai menjadi lemah. Cabut jika memang indikator menunjukkan pengisian penuh. 

Ponsel jarang digunakan ternyata juga memberi andil menurunnya performa baterai. Memang ini sangat jarang terjadi namun, terlalu lama membiarkan ponsel mati juga mempengaruhi usia baterai. Pada intinya jangan sampai membiarkan terlalu lama ponsel mati karena bisa meningkatkan kerusakan yang berakibat fatal. 

Cara Mengatasi Baterai Android Tanam Drop

Ada beberapa alternatif guna mengatasi baterai versi tanam yang drop atau rusak. Di antaranya adalah menekannya. Buka casing HP dan tekan di area baterai secara perlahan. Sebenarnya cara ini juga bisa diaplikasikan pada versi lepas dan mudah dilakukan. Hanya saja ini bersifat sementara dan tetap membutuhkan penanganan lebih lanjut.  

Menghindari cas kodok atau desktop dianggap sebagai cara untuk meminimalisir kerusakan atau sekiranya membuat baterai awet. Ini dikarenakan cas kodok berpotensi membuat baterai mempunyai tegangan tinggi. Bahkan ada beberapa anggapan yang menilai bahwa cas kodok hanya akan membuat baterai cepat kembung. 

Jika memang cara di atas tidak efektif maka mengganti dengan baru adalah solusi paling tepat. Tak perlu khawatir karena versi tanam juga bisa diganti. Hal ini lantaran baterai ini tidak bersifat permanen sehingga mudah dilepas. Namun, banyak orang tak tahu caranya mengganti karena memang cukup ribet. 

Belum lagi ada beberapa peralatan yang mesti anda persiapkan. Apabila tidak ingin ribet maka menyerahkan pada ahlinya adalah keputusan tepat. Pun juga mereka jauh lebih tahu mengenai permasalahan dan bagaimana cara mengatasinya. Anda tinggal duduk manis dan tunggu hingga proses penggantian pun selesai dilakukan. 

Hal utama yang perlu anda ingat adalah hindari beberapa kebiasaan buruk peningkat risiko menurunnya performa HP. Memang cukup sulit namun kebiasaan ini sangat baik untuk membuat usia baterai lebih lama. Sehingga kegelisahan mengenai baterai android tanam sering bermasalah bisa diminimalisir. 

Post a Comment for "Baterai Android Tanam Sering Bermasalah, Cek Segera Sebelum Terlambat"

Berlangganan via Email