Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Aplikasi Video Animasi Paling Keren untuk Animator Pemula

Berkat adanya aplikasi video animasi, kini semua orang berkesempatan untuk membuat konten video menarik dalam formati animasi. Tren pekerjaan di bidang kreatif saat ini semakin berkembang secara positif. Hal ini bisa dilihat dari semakin bertambahnya jumlah orang yang tertarik dengan dunia industri kreatif, salah satunya bidang animasi.

Aplikasi Video Animasi Paling Keren


Video animasi sendiri merupakan kumpulan objek yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk gambar bergerak dalam suatu alur tertentu. Sedangkan pihak yang membuat video tersebut dinamakan animator. Jadi, bisa dipastikan apabila seorang animator memiliki daya imajinasi dan kreativitas tinggi sehingga dapat menghasilkan karya seperti itu.

Perkembangan dunia teknologi memberi kemudahan kepada siapa saja. Satu diantara kelompok masyarakat yang dimudahkan teknologi adalah animator yang masih pemula dan memiliki keterbatasan prasarana dalam membuat karya. Jika Anda tertarik di dunia animasi, tak ada salahnya mencoba memanfaatkan beberapa aplikasi di bawah ini.

FlipaClip

FlipaClip merupakan sebuah aplikasi video animasi yang bisa Anda unduh secara gratis melalui platform Google Play Store. Jika Anda adalah pengguna smartphone berbasis Android dan memiliki hobi menggambar, aplikasi ini sangat cocok untuk melengkapi tool di handphone Anda. Bahkan software ini kerap menjadi andalan para animator.

FlipaClip menawarkan tampilan antarmuka yang cukup sederhana sehingga memudahkan pengguna saat menjalankannya. Anda dapat membuat sketsa, storyboard, dan menjadikannya video animasi utuh dengan cukup simpel. Saat memiliki waktu senggang di tengah perjalanan, Anda dapat menghasilkan video menarik dengan memanfaatkan FlipaClip. Jadi tak harus membawa PC kemana-mana.

Hasil yang telah jadi bisa diekspor ke format MP4 maupun GIF. Selanjutnya Anda dapat membagikan rentetan gambar menarik tersebut ke platform media sosial seperti Instagram atau TikTok. Tren menjadi Youtuber juga tak ada salahnya dicoba dengan mengandalkan skill menggambar dan menjadikannya konten berkualitas untuk dinikmati audience. 

Stick Nodes: Stickman Animator

Aplikasi video animasi Stick Nodes cukup menarik bagi animator pemula terutama yang menggemati karakter Stickman. Stickman adalah karakter yang terbilang populer sehingga keberadaannya banyak diadaptasi termasuk dalam animasi. Nah, sebagai penggemar karakter tersebut, cobalah membuat animasi Stickman Anda sendiri menggunakan aplikasi Stick Nodes ini.

Anda akan menjumpai frame-frame dimana karakter Stickman dapat digerakkan sesuai keinginan sehingga menjadi sebuah animasi video lucu. Hasil yang sudah selesai bisa dikonversi ke dalam format GIF. Sayangnya pengguna aplikasi ini perlu mengeluarkan sejumlah biaya tambahan jika ingin mengubah ke bentuk MP4 beserta background musik tertentu.

Software yang dikembangkan oleh FrTheLoss Games ini berukuran 28 MB sehingga terbilang cukup ringan. Tak kurang dari 5 juta pengguna telah mengunduh aplikasi ini via Google Play Store. Asah kemampuan Anda dalam membuat video animasi dengan bantual aplikasi menarik ini. 

Draw Cartoons 2

Draw Cartoons 2 merupakan aplikasi video animasi yang tak kalah keren untuk dicoba. Berbagai fitur menarik tersedia bagi penggunanya sehingga memudahkan saat ingin membuat konten video yang apik. Menariknya, Draw Cartoons 2 juga menyediakan bermacam-macam template karakter yang bisa Anda pilih dan gunakan secara gratis.

Tentukan karakter favorit Anda lalu atur pergerakannya sesuai keinginan dalam setiap frame yang tersedia. Jika sudah selesai, hasilnya bisa diekspor ke dalam format MP4. Selain pembuatannya yang begitu mudah, Draw Cartoons 2 juga memungkinkan pengguna untuk memasukkan voice over maupun musik ke dalam video.

Aplikasi video animasi yang dikembangkan oleh Zalivka Mobile Cartoons ini dapat dijalankan di smartphone berbasis Android. Berkat beragam fitur serta kemudahannya, foftware berukuran 73 MB ini banyak digemari oleh animator pemula. Tak heran jika Draw Cartoons sudah didownload lebih dari sepuluh juta kali dan mendapat rating 4,5 bintang.

Animation Desk

Rekomendasi aplikasi video animasi berikutnya yaitu Animation Desk yang dikembangkan oleh Kdan Mobile. Pengguna handphone Android dapat mengunduh aplikasi gratis ini melalui Google Play Store. Fitur yang tersedia pun cukup lengkap dan bervariasi. Sebelumnya, Anda perlu mempersiapkan gambar-gambar yang akan dijadikan video.

Tools yang tersedia di Animation Desk pun cukup beragam, antara lain pensil, krayon, pena, beraneka pilihan kuas, serta penghapus. Cara menjalankan Animation Desk sangat simple dan tidak ribet sehingga siapa pun bisa menjajalnya. Bahkan jika Anda merupakan seorang yang sangat pemula dalam pembuatan video animasi.

Siapkan objek yang telah Anda gambar sebelumnya. Lalu masukkan ke setiap frame yang telah disediakan kemudian atur pergerakannya sesuai keinginan Anda. Animation Desk dapat dijalankan dengan kecepatan frame rate antara 3 fps ke 24 fps. Agar semakin jago dalam membuat animasi, latih kemampuan Anda secara rutin dan terus-menerus.

Pencil 2D Animation

Jika rekomendasi sebelumnya ditujukan untuk pengguna smartphone Android, maka aplikasi video animasi yang satu ini cukup berbeda. Pasalnya software Pencil 2D Animation hanya tersedia untuk pengguna PC atau laptop. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat animasi sederhana dalam bentuk 2 dimensi (2D).

Pencil 2D Animation sangat cocok bagi siapa saja yang memiliki hobi menggambar dan ingin meningkatkan skill ke tingkat lebih lanjut. Kembangkan gambar komik Anda menjadi sebuah video animasi. Meskipun masih dalam bentuk sederhana, namun jika diasah terus-menerus akan membuat kemampuan Anda semakin baik di kemudian hari.

Pencil 2D Animation tersedia di platform komputer berbasis Windows, Linux, dan MacOS. Siapapun dapat menggunakannya secara gratis tanpa membayar sepeser pun. Pastikan PC yang digunakan memenuhi standar minimal yakni memiliki memori RAM minimal 2 GB. Selain itu juga support graphics card dengan spesifikasi 1 GB VRAM.

OpenToonz

Aplikasi video animasi yang satu ini merupakan pengembangan dari teknologi yang sudah ada sebelumnya. Sebelum berkembang menjadi OpenToonz, dulunya software ini bermula dari aplikasi pembuatan video animasi dalam bentuk 2D yang bernama Toonz. Berbeda dari generasi terdahulu, OpenToonz dapat menghasilkan video yang lebih kompleks dan menakjubkan.

OpenToonz bersifat open source sehingga bisa digunakan public secara luas. Beberapa fitur menarik yang tersedia di aplikasi ini antara lain GTS, Effects, serta KumoWorks. Ketiga fitur tersebut adalah tools unggulan dan bahkan dipakai oleh animator professional sekalipun. Aplikasi OpenToonz ini sangat direkomendasikan tak hanya untuk pemula saja.

Fakta menarik dari OpenToonz yaitu aplikasi video animasi ini pernah dipakai dalam pembuatan film produksi studio animasi raksasa dan ternama asal Jepang, yakni Studio Ghibli. Dalam dua filmnya yaitu Princess Mononoke dan The Secret World of Arrietty, Ghibli melibatkan penggunaan aplikasi OpenToonz saat proses produksinya.

Jika Anda ingin menjadi animator handal di masa depan, pilihan yang satu ini patut dicoba. Karena bersifat open source, OpenToonz dapat diunduh secara gratis di PC berbasis Windows maupun MacOS. Kembangkan skill Anda dengan giat agar karya yang dihasilkan semakin berkualitas.

Membuat karya animasi memang bukan hal mudah. Apalagi perangkat pendukungnya pun tak bisa dibilang murah. Namun dengan adanya pengembangan aplikasi untuk pembuatan animasi, animator pemula dapat memanfaatkannya untuk membuat karya menarik. Adanya aplikasi video animasi dapat memudahkan para animator pemula.

Post a Comment for "Aplikasi Video Animasi Paling Keren untuk Animator Pemula"

Berlangganan via Email