Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tersembunyi, Inilah 7 Aplikasi Jahat di Tiktok dan Instagram



Keberadaan Aplikasi Jahat di TikTok dan Instagram sedang menjadi perbincangan yang hangat di tengah masyarakat. Sekarang ini, siapa yang tidak kenal dengan TikTok dan Instagram sebagai media sosial paling populer, khususnya untuk anak muda zaman sekarang. Dan mungkin Anda adalah salah satu penggemar media sosial tersebut.

7 Aplikasi Jahat di Tiktok dan Instagram


Demam TikTok memang sedang melanda semua kalangan, khususnya anak muda. Tidak heran jika jumlah pengguna media sosial ini semakin bertambah. Namun, siapa sangka jika dalam aplikasi yang seru ini tersimpan aplikasi jahat yang bisa menyerang perangkat Anda layaknya hacker berbahaya dan hal ini jarang disadari.

Selain TikTok, media sosial Instagram yang sedang diminati oleh banyak orang ternyata juga menjadi sasaran bagi para hacker untuk melancarkan serangannya. Seperti yang kita ketahui jika Instagram menjadi salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna sangat banyak, bahkan digunakan sebagai media promosi dalam bisnis

Sayangnya, aplikasi jahat di Tiktok juga turut menyerang media sosial Instagram yang memiliki banyak peminat. Itulah mengapa kita juga harus berhati-hati saat mengakses Instagram karena terkadang kita tidak sengaja membuka atau bahkan mengunduh aplikasi tidak jelas sumbernya dan hal inilah yang harus dihindari. 

Meskipun sudah ada pemberitahuan mengenai aplikasi jahat ini, lantas mengapa masih banyak orang tertipu? Keberadaan para hacker sebenarnya sudah disadari oleh setiap pengguna media sosial, tapi mereka tidak mengetahui bagaimana bentuk serangan yang dilakukan dan terkadang berupa aplikasi jahat tersembunyi sehingga kita sering tidak menyadarinya.

Aplikasi Jahat yang Tersembunyi

Mengapa aplikasi jahat harus tersembunyi? Segala sesuatu yang tidak sesuai dengan aturan pasti dilakukan secara sembunyi-sembunyi, begitu juga dengan keberadaan aplikasi jahat di TikTok maupun Instagram. Justru dengan aplikasi tersembunyi ini banyak orang tidak menyadarinya dan kemudian bisa menjadi korban dari jebakan para hacker tersebut.

Aplikasi jahat ini menerapkan penipuan dengan model adware sehingga aplikasi yang selesai terunduh akan menyembunyikan ikon mereka, tapi tetap menjalankan iklan di perangkat. Itulah mengapa banyak orang tidak menyadari keberadaan apk tersebut karena memang tidak terlihat dalam layar smartphone, tapi ternyata masih beroperasi.

Siapa sangka jika aplikasi jahat di TikTok dan Instagram ini justru dipromosikan sehingga banyak pengguna yang terjebak dan akhirnya tidak sengaja mengunduh apk tersebut. Umumnya, pengiklan berbahaya akan mencantumkan link unduhan yang mengarah ke toko apk Google Play Store dan App Store untuk memudahkan pengguna. 

Bagi Anda pengguna aktif TikTok dan Instagram harus lebih berhati-hati apabila menemukan link untuk mengunduh suatu aplikasi. Terunduhnya apk mungkin juga belum membuat kita menyadarinya karena tidak terlihat dalam menu smartphone, hanya saja baterai dan kuota bisa cepat habis karena ada iklan yang terus berjalan. 

Apa Saja Aplikasinya?

Tanpa mengetahui apa saja aplikasinya, pasti kita tidak menyadari hal tersebut dan jika terus dibiarkan bisa merugikan. Itulah mengapa penting bagi kita untuk mengetahui aplikasi apa saja yang tersembunyi dalam apk TikTok dan Instagram. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang tujuh apk jahat. 

Dari ketujuh apk tersebut, empat di antaranya terjadi pada Android dan tiga apk di iOS. Semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menipu dan membuat pengguna mengalami kerugian. Karena tersembunyi, banyak di antara kita yang tidak menyadari keberadaan aplikasi jahat di TikTok dan Instagram. 

Untuk iOS, Anda perlu mewaspada apk jahat bernama Ultimate Music Downloader, Tap Roulette ++ Shock my Friends dan ThemeXone-Shawky App Free-Shock My Friends. Ketiga apk ini tersembunyi dalam TikTok dan Instagram sehingga Anda perlu waspada jika ada keanehan dalam baterai dan kuota yang cepat habis. 

Berbeda lagi dengan apk jahat di Android, yaitu Shock My Friend Tap Roulette V, Theme Zone, 666 Time dan Shock My Friends-Satuna. Bagi Anda pengguna Android, maka harus lebih waspada apabila ada link yang mengarahkan Anda untuk mengunduh salah satu dari keempat aplikasi di atas. 

Aplikasi jahat di TikTok dan Instagram memang bisa dijumpai untuk pemakaian iOS maupun Android. Jadi, bagi Anda yang sering menggunakan TikTok atau pun media sosial Instagram perlu mewaspadai link yang mengarahkan Anda untuk mengunduh apk tidak jelas sumbernya karena bisa menjadi bentuk tindakan hacker. 

Ketahuan Karena Laporan Remaja

Mulanya, belum ada orang yang menyadari keberadaan apk berbahaya ini. Namun, berkat informasi dari seorang remaja yang menemukan akun TikTok sedang mempromosikan salah satu apk jahat di atas. Dari laporan seorang remaja inilah kemudian baru diketahui bahwa ada aplikasi jahat lain yang ada di dalamnya. 

Setelah menemukan adanya apk mencurigakan, remaja perempuan tersebut kemudian melaporkannya ke proyek Be Safe Online. Proyek milik Republik Ceko ini bertujuan untuk membantu anak-anak di negaranya agar tetap aman saat sedang di dunia maya. Dari sinilah, aplikasi jahat di TikTok dan Instagram mulai diketahui. 

Laporan remaja tersebut kemudian dianalisis oleh pihak analis perusahaan keamanan Avast untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai beberapa apk tersebut. Hasilnya, ditemukan sekitar 11 apk jahat yang berjalan di Android dan iOS. Semua aplikasi tersebut sedang melakukan praktik adware yang merugikan penggunanya. 

Tanpa adanya laporan ini, mungkin praktik adware dari aplikasi jahat di TikTok dan Instagram tersebut tidak akan pernah disadari oleh pengguna media sosial. Itulah mengapa Analis Avast Jakub Vavra mengucapkan terima kasih ke remaja tersebut karena sudah melaporkan sebuah akun TikTok yang mencurigakan pada mereka.

Sudah Umumkan ke Apple dan Google 

Lebih lanjut, pihak perusahaan keamanan tersebut menunjukkan kepedulian dan langkah tanggung jawabnya untuk menjaga dunia online agar tetap aman tanpa adanya serangan atau gangguan dari aplikasi jahat atau para hacker. Hal ini menjadi komitmen bersama agar terciptanya dunia siber yang lebih aman dan nyaman.

Berdasarkan analisis yang dilakukan, apk tersebut diketahui melakukan penipuan dan melanggar kebijakan apk Google dan Apple sehingga sangat merugikan penggunanya. Terbukti bahwa apk tersebut membuat klaim yang salah mengenai fungsionalitasnya dengan memanfaatkan aplikasi media sosial yang tengah viral. 

Parahnya, aplikasi jahat di TikTok dan Instagram ini justru tengah dipromosikan agar semakin banyak korban yang berjatuhan. Mengapa para siber memilih dua media sosial ini? Karena memang sekarang ini, kedua media sosial tersebut sedang mendapatkan banyak perhatian dari warganet sehingga bisa jadi sasaran yang empuk. 

Berkaitan dengan hal ini, pihak Avast telah memberikan informasi kepada Google dan Apple mengenai temuan malware yang ada di toko aplikasi mereka sehingga diharapkan bisa segera dilakukan tindak lanjutnya. Dengan begitu, pihak Google dan Apple dapat melakukan solusi terbaik agar tidak terjadi kembali penipuan serupa. 

Bagi Anda penikmat media TikTok dan Instagram pasti resah setelah mengetahui informasi ini. Sebenarnya, tidak ada yang perlu kita khawatirkan asal kita tetap waspada dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Pastikan bahwa Anda mengetahui aplikasi jahat di TikTok dan Instagram sehingga bisa menjauhinya dengan baik.

Post a Comment for "Tersembunyi, Inilah 7 Aplikasi Jahat di Tiktok dan Instagram"

Berlangganan via Email