Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Langkah Cepat Cara Membuat Akun Email Untuk Daftar Prakerja

 


Cara Membuat Akun Email Untuk Daftar Prakerja


Langkah Cepat Cara Membuat Akun Email Untuk Daftar Prakerja – Penggunaan surat elektronik kini sudah lumrah ditemui dan dapat ditemukan di berbagai bidang. Anda yang hendak melakukan pendaftara untuk mengikuti tes kartu prakerja juga memerlukan email untuk mendapatkan kode verifikasi akun.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan internet tentu bukan hal yang sulit untuk membuat email, berbeda dengan mereka yang masih gagap dengan teknologi. Terdapat beberapa jenis email yang ada di internet, namun Gmail merupakan yang paling banyak digunakan karena akses dan penggunaanya yang lebih mudah.

Berikut merupakan cara membuat akun email untukdaftar prakerja yang cepat dan tidak memerlukan banyak peralatan pendukung. Untuk membuat Gmail, Anda bisa menggunakan perangkat komputer maupun ponsel, pilih sesuai dengan kemampuan dan perangkat yang Anda miliki.

Cara Membuat Email

Siapkan browser untuk melakukan akses ke laman internet, pastikan pula kuota yang Anda miliki masih mencukupi untuk melakukan pendaftaran email. Kemudian ikuti langkah berikut secara berurutan untuk menghindari kesalahan selama proses pembuatan.

a.       Buka browser, kemudian ketikkan alamat Gmail di kolom pencarian. Anda juga bisa mengetikkan Gmail saja, dan Anda akan dialihkan ke hasil pencarian dari kata kunci tersebut.

b.      Buka alamat Gmail, jika Anda belum memiliki akun, maka pilih tanda yang bertuliskan sign in atau buat akun baru.

c.       Akan muncul kolom untuk mengisikan informasi dan data diri Anda, isikan sesuai dengan instruksi yang tertulis, yakni nama depan dan belakang, serta nama akun yang Anda inginkan.

d.      Langkah selanjutnya cara membuat akun email untuk prakerja adalah mengisikan password yang berisi delapan karakter. Terdapat tanda jika passwod Anda sudah aman jika tandanya berubah dari garis merah ke hijau.

e.       Periksa sekali lagi data yang Anda masukkan, jika sudah yakin betul pilih tombol Next untuk melanjutkan proses pembuatan email.

f.       Akan muncul halaman selanjutnya yang meminta nomor ponsel Anda yang masih aktif, isikan dengan benar karena Anda akan menerima kode verifikasi dari nomor tersebut. Anda juga akan diminta untuk memasukan jenis kelamin dan tanggal lahir, masukkan sesuai data diri yang Anda miliki.

Apabila sudah selesai, Anda hanya perlu menekan tombol send dan menunggu mendapatkan kode verifikasi lewat nomor ponsel yang Anda miliki. Anda akan menerima 6 digit nomor yang bisa digunakan hanya dalam waktu beberapa menit saja. 6 digit tersebut merupakan kode verifikasi, dan harus Anda masukkan ke halaman pembuatan email sebelumnya.

Jika sudah, Anda bisa menekan tombol kirim dan halaman akan beralih ke halaman privacy policy, Anda bisa langsung memberikan centang pada tulisan I Agree dan melanjutkan proses. Cara membuat akun email untuk prakerja telah selesai dan bisa Anda gunakan untuk melakukan pendaftaran setelahnya.

Tidak Bisa Mendapatkan Kode Verifikasi dari Pihak Kartu Prakerja

Ketika Anda melakukan pendaftaran pada kartu prakerja, Anda akan diminta untuk memasukkan email sebagai langkah verifikasi akun. Tanpa waktu yang lama, Anda akan mendapatkan kode khusus yang bisa Anda gunakan untuk melanjutkan proses pendaftaran kartu prakerja tersebut.

Kode tersebut dinamakan sebagai OTP atau one time password, yang akan dikirimkan ke dalam email. Namun beberapa peserta kadang tidak mendapatkan pemberitahuan dari email yang mereka miliki terkait dengan kode OTP pendaftaran. Apabila tidak menerima kode verifikasi melalui email, maka peserta akan mendapatkannya melalui SMS di nomor yang sudah disinkronasi dengan email.

Apabila calon peserta tidak menerima kode OTP di rentang waktu yang telah ditentukan, maka kemungkinan besar terjadi kesalahan dalam caramembuat akun email untuk prakerja atau email yang dimiliki sudah tidak aktif digunakan. Karena itu, selam mengikuti proses pendaftaran kartu prakerja, ada baiknya Anda menggunakan email dan nomor ponsel yang masih aktif.

Jika Anda sudah menggunakan nomor ponsel dan email yang aktif namun tidak kunjung mendapatkan kode OTP, Anda bisa menghubungi admin prakerja dengan mengakses situs info@prakerja.go.id atau mengirimkan email ke alamat admin@prakerja.go.id.

Langkah Melakukan Pendaftaran di Situs Prakerja

Bagi Anda yang hendak mendaftar sebagai calon penerima kartu prakerja, Anda bisa mengikuti beberapa langka berikut ini. Sampai saat ini sudah terdapat 8 gelombang pemberian intensif untuk pemilik kartu prakerja, karena itu jika Anda belum lolos tahap ini, Anda bisa mencobanya di gelombang yang akan datang.

a.       Membuat Akun di Situsnya

Anda tidak akan terdaftar sebagai calon peserta jika tidak melakukan pendataran di website resminya. Karena itu, akses situsnya di alamat prakerja.go.id dan pilih menu yan bertuliskan daftar sekarang.

Anda akan diminta untuk memasukkan email yang dimiliki, berikut dengan kata sandi dengan gabungan huruf dan angka. Selanjutnya ulangi pengisian kata sandi tersebut untuk melakukan konfirmasi dan centang kotak yang bertuliskan “saya menyetujui syart dan ketentuan dari kebijakan privasi” kemudian pilih daftar.

 

b.      Mengecek Email

Setelah mengetahui cara membuat akun email untuk prakerja dan membuatnya, Anda harus membukanya untuk melihat kode OTP yang dikirimkan oleh pihak admin prakerja. Di dalam email tersebut akan terdapat langkah dan petunjuk selanjutnya untuk melakukan konfirmasi akun dan email.

 

Jika konfirmasi sudah dilakukan, kembali lagi ke situs prakerja dan lakukan login menggunakan akun yang Anda miliki. Lanjutkan dengan mengisi data diri yang diperlukan sesuai dengan instruksi yang ada disana.

 

c.       Mengikuti Tes

Tahap selanjutnya adalah mengikuti tes, jawab pertanyaan yang diajukan dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika sudah, Anda tinggal menunggu balasan email dari pihak prakerja. Anda yang sudah selesai mengerjakan tugas akan langsung dialihkan ke dashbiard untuk mengikuti batch yang tersedia.

 

Setelahnya Anda bisa mengikuti mitra pelatihan yang disediakan, dan memulai pelatihan secara daring. Selama mengikuti pelatihan tersebut, Anda akan diberi dana untuk membayar pelatihan daring yang dipilih, sekaligus mendapatkan intesif selama 600 ribu per bulan dari pemerintah sebagai bentuk sokongan dana.

Prakerja merupakan program yang dibuat oleh pemerintah guna menekan adanya pengangguran di Indonesia. Mereka yang tidak terikat dengan instansi tertentu sekaligus sudah menyelesaikan pendidikan, bisa melakukan pendaftarn di website tersebut untuk menambah skill dan mendapatkan tunjangan sebesar 2.400.000 yang akan dibagi dalam beberapa bulan.

Cara membuat akun email untukprakerja memberikan pengaruh yang besar untuk Anda yang hendak melakukan pendaftaran prakerja. Jika pembuatan email yang Anda lakukan salah, maka proses pendaftaran untuk akun prakerja juga sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, ketika pembuatan email Anda harus melakukannya dengan benar untuk menghindari kesalahan.

Semoga dengan informasi mengenai cara membuat akun email untuk prakerja tersebut bisa menambah pengetahuan Anda terkait dengan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Anda yang hendak melakukan pendaftaran prakerja dalam waktu dekat semoga beruntung untuk menjadi salah satu pesertanya.

Post a Comment for "Langkah Cepat Cara Membuat Akun Email Untuk Daftar Prakerja"

Berlangganan via Email