Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menghidupkan HP Yang Mati Total Dilihat Dari Penyebabnya

Cara Menghidupkan HP Yang Mati Total Dilihat Dari Penyebabnya


Ketika Anda memiliki handphone yang mendadak mati total, Anda harus mengenali terlebih dahulu penyebab handphone mati agar metode penanganan atau cara menghidupkan hp yang mati total tepat.

Aplikasi terlalu berat dan handphone panas

Ketika Anda menggunakan handphone terlalu sering untuk bermain game atau aplikasi yang berat, lama kelamaan handphone Anda akan mengalami konsleting mengingat handphone mengalami overheat. Untuk mencoba mengatasinya, Anda bisa membiarkan terlebih dahulu handphone mati hingga suhu handphone lebih dingin dan mencharge ulang handphone dengan charger desktop. Jika handphone berhasil menyala kembali, lakukan flashing ulang handphone menggunakan PC komputer dan wiping semua file daya. Jangan lupa untuk menghapus semua cache atau file yang berukuran berat. Tahap terakhir lakukan wipe system recovery untuk melihat seberapa jauh recovery yang bisa dilakukan sebelum dibawa ke service center.  



Memori internal habis


Ketika Anda membeli handphone, sesuaikan RAM dan ROM handphone dengan aktivitas Anda. Dengan begitu, Anda tahu berapa ukuran memori eksternal yang ingin ditambahkan ke dalam handphone dan berapa maksimal memori internal yang terpakai untuk aplikasi yang Anda butuhkan. Hal ini karena ketika memori internal habis dan handphone bekerja terlalu keras, handphone akan mudah mati karena overheat. Dengan menyesuaikan kapasitas penyimpanan handphone yang dibeli, Anda akan terhindar dari resiko handphone mati total karena memori internal habis.

Handphone terserang malware virus



Ketika Anda menginstall antivirus untuk handphone pastikan aplikasi antivirus yang akan diinstall berasal dari sumber terpercaya. Hal ini karena aplikasi yang mengandung malware virus, bukan tidak mungkin akan merusak handphone dan membuat handphone mati total. Kerusakan yang terjadi karena malware ada 2 kategori, yaitu:
  • Bootloop
Bootloop adalah kondisi dimana layar handphone saat dinyalakan kembali hanya memperlihatkan logo OS atau vendor. Apabila handphone mengalami bootloop, tahapan cara menghidupkan hp yang mati total adalah mematikan handphone dan melepas baterai, sim, dan memory card. Diamkan minimal 24 jam dan saat bisa dinyalakan kembali, langsung buka menu recovery mode atau tekan tombol power dan volume down. Ketika muncul pilihan factory reset tekan ya dan hapus semua user data. Terakhir pilih menu reboot system dan mulai reboot. Setelah proses reboot dilakukan, jangan lupa mengecek handphone sudah bisa digunakan kembali atau belum.  
  • Brick 
Untuk kerusakan model soft brick, Anda tidak akan bisa masuk ke recovery mode karena errornya terletak di proses flash firmware. Namun demikian, Anda bisa mencoba menyelamatkan data yang ada didalamnya dengan masuk ke download mode terlebih dahulu, memindahkan semua data dan mengakses sp flash tool sebelum factory reset. Sedangkan untuk kerusakan hard brick, selain melepas semua kartu sim dan memori, Anda bisa mematikan langsung saja handphone dan membawa ke service center.


Handphone kemasukan atau terendam air 


Ketika Anda asyik menggunakan handphone hingga tanpa sadar handphone kemasukan atau terendam air dan akhirnya handphone mati total, pastikan untuk tidak mencharge handphone tetapi langsung membongkar casing dan mengeluarkan sim serta kartu memori. Anda bisa mengeringkan handphone dengan hairdryer kekuatan angin sedang atau langsung memasukkan handphone ke dalam beras. Tunggu minimal 2x24 jam dan coba untuk menghidupkannya kembali sebelum dibawa ke tempat service handphone.   


Permasalahan pada software 


Jika Anda mengalami masalah pada software, salah satu cara menghidupkan hp yang mati total karena software adalah mengeluarkan dulu sim dan memory card, setelah itu uninstall aplikasi yang tidak perlu dan lakukan back up data sebelum mengembalikan sistem ke sistem default.

Post a Comment for "Cara Menghidupkan HP Yang Mati Total Dilihat Dari Penyebabnya"

Berlangganan via Email