Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store


Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store

Apakah Anda pernah melihat peringatan tidak bisa install aplikasi? Hal ini bisa terjadi karena Play Store menghalangi prosesnya. Jika ingin menghindari hal ini, gunakan saja cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store berikut ini:
Update Versi Android
Masalah kompatibel saat install aplikasi biasanya muncul karena versi Android yang tidak sesuai. Jika Smartphone Anda ketinggalan versi, lebih baik upgrade dulu ke versi yang terbaru. Beberapa smartphone modern memiliki kemampuan mengubah versi Android yang digunakan.
Cek versi mana yang Anda butuhkan dan lakukan update ke versi tersebut. Untuk arahan update, Anda cukup uka setting dan lihat system. Dari situ, Anda bisa akses tombol update dan melakukan download versi terbaru. Jika ingin lebih jelas, Anda bisa gunakan berbagai tutorial update versi Android yang ada di Internet.
Roll Back Versi Android
Beberapa versi aplikasi juga tidak berjalan di Android versi terbaru. Masalah ini muncul karena developer tidak menyesuaikan versi aplikasi dengan kemajuan sistem Android. Setiap kali update, ada beberapa fitur Android yang dihilangkan. Jika aplikasi menggunakan fitur yang dihilangkan, tentu aplikasi tidak lagi bisa diinstall. Cara untuk mengatasi ini adalah dengan melakukan rollback. Install ulang versi Android yang lebih tua dan coba lagi install aplikasi. 
Gunakan File APK
Cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store ini melibatkan download APK dari pihak ketiga. Jika Play Store membatasi instalasi, Anda bisa melompati proses dari Play Store dan mengambil file APK saja. File APK ini bisa di download dari website browser. Setelah di download, Anda cukup buka filenya.
File APK akan melakukan proses instalasi tanpa melewati Play Store. Karena tidak ada peringatan dan batasan yang menghalangi, instalasi pasti berhasil. Nah, yang jadi masalah apakah HP Anda memiliki spek cukup untuk menjalankan aplikasi tersebut.
Jika menggunakan cara ini, Anda harus perhatikan tempat download APK. Beberapa tempat sering memiliki malware dan virus. Jika salah pilih, Anda bisa memasukan worm dan Trojan yang mengambil data dari smartphone Anda. Lebih baik akses lewat PC dengan anti-virus yang aktif. Download file APK dan setelah itu baru transfer ke smartphone. Cara ini jauh lebih aman.
Menggunakan VPN
Masalah perangkat tidak kompatibel  bisa terjadi karena pembatasan region. Beberapa versi aplikasi memiliki fitur berbeda yang menyebabkan smartphone tidak bisa menggunakannya. Padahal versi di negara lain bisa memakai aplikasi yang sama.
Jika kejadian ini membuat Play Store tidak bisa install aplikasi, Anda cukup gunakan VPN. Dari aplikasi VPN, Anda bisa memindah lokasi Anda download. Pemindahan lokasi ini akan menipu Play Store untuk mengambil data versi aplikasi yang sesuai dengan region yang Anda pilih.
Selama Anda menggunakan VPN yang baik, hal ini sangat mudah dilakukan. Sayangnya VPN yang bagus biasanya berbayar. Jadi pastikan dulu VPN yang Anda gunakan mampu menembus fungsi batasan region dari Play Store.
Melakukan Root Pada Smartphone
Root adalah proses membuka proteksi pada sistem smartphone Anda. Menggunakan cara ini, Anda bisa mengakses system dan melakukan perubahan sesuai keinginan. Sayangnya proses ini sangatlah rumit dan penuh resiko.
Root memang bisa membuka potensi spek dan batasan agar aplikasi yang Anda inginkan bisa terinstall. Sayangnya jika Anda melakukan kesalahan, error dapat membuat smartphone tidak dapat digunakan lagi. Serahkan saja proses root ini pada pihak profesional. Tapi jika takut akan resiko-nya, lebih baik dihindari sama sekali.
Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bahasan cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store ini bermanfaat bagi Anda!

Post a Comment for "Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store"

Berlangganan via Email