Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Kunci Jaringan 4G Samsung dengan Aplikasi


Cara Kunci Jaringan 4G Samsung dengan Aplikasi

Jaringan 4G di Samsung terkadang tidak stabil. Solusi menangani hal ini adalah dengan aplikasi Force LTE Only. Berikut adalah cara kunci jaringan 4G Samsung dengan aplikasi ini:
Download Aplikasinya
Hal yang pertama kali dilakukan adalah download aplikasi. App untuk Force LTE Only bisa Anda temukan di Play Store. Anda cukup search namanya di toko app tersebut dan biasanya aplikasi ini ada di pilihan pertama.
Ukuran aplikasi ini sangat kecil. Jadi jangan takut menjadi beban bagi HP Anda. Walaupun tidak semua seri smartphone Samsung compatible dengan aplikasi ini, spec yang dibutuhkan tidak besar. Beberapa model smartphone lama tetap bisa menggunakan aplikasi ini.
Pastikan Aplikasi Bisa Dibuka
Setelah download aplikasinya, silahkan buka untuk memastikan fungsinya. Beberapa HP terkadang memiliki masalah dalam proses instalasi. Jika hal ini terjadi, aplikasi tidak bisa dibuka dan harus di re-install. Kejadian ini jarang tapi bisa muncul.
Jika bisa membuka aplikasi, pop-up akan muncul bahwa Force LTE Only sedang aktif. Anda tidak perlu membaca peringatan ini. Cukup skip dan masuk ke menu utama aplikasi saja. Perlu diperhatikan bahwa saat Force LTE Only sedang aktif, Anda tidak bisa menerima pesan dan telpon.
Masuk Dalam Setting Aplikasi
Langkah cara kunci jaringan 4G Samsung dengan aplikasi yang berikutnya terdapat dalam setting. Untuk masuk menu setting, tekan tombol bertuliskan “LTE|3G|2G Setting”. Dari menu ini Anda akan dibawa ke layar baru. Pada layar baru ini, Anda akan melihat informasi seputar HP, sim dan data seputar jaringan. Jika Anda tidak terlalu mengerti, harap jangan sentuh pengaturan lainnya dan focus pada pilihan di tutorial ini.  
Atur Pemakaian SIM
Pada menu setting, Anda harus mengatur pemakaian SIM. Untuk melakukan hal ini, tekan pilihan paling atas dari menu. Setelah memilih “Select Phone Index” Anda akan melihat pilihan SIM yang tersedia. Biasanya SIM 1 diberi nama Phone 0 sedangkan SIM 2 diberinama Phone 1.
Setiap SIM akan menunjukan indikasi info yang berbeda. Dari sini, Anda bisa lihat seberapa cepat data dan kekuatan sinyal rata – rata tiap SIM. Info ini penting untuk menentukan SIM mana yang lebih baik dikunci menjadi 4G.
Kunci Jaringan 4G
Nah, sekarang waktunya mengunci jaringan 4G. Pilih SIM yang Anda inginkan dan cari tulisan “Set Prefered Network Type”. Menu drop down akan muncul dan memberikan pilihan mulai dari network campuran, LTE/WCDMA, UMTS, CDMA dan lain – lain. Pada pilihan ini, cukup tekan tulisan LTE Only. Setelah melakukan ini, HP Samsung Anda akan terkunci pada jaringan 4G.
Hal yang Harus Diperhatikan
Perlu diperhatikan bahwa tidak semua HP Samsung bisa menggunakan cara ini. Untuk Anda yang tidak bisa pakai aplikasi ini, ada cara lain untuk mengunci jaringan 4G. Sayangnya hal ini akan lebih rumit. Anda pertama harus melakukan root pada smartphone dan membobol sistem jaringannya. Dari situ, Anda akan dapat akses untuk mengunci jaringan agar hanya memakan 4G.
Cara ini memiliki resiko lebih tinggi. Jika tidak berani, serahkan pada pihak yang lebih ahli. Perlu diingat juga, HP yang di-root tidak akan masuk dalam garansi dan jarang bisa dijual lagi. Jadi pastikan Anda tahu resiko-nya sebelum melakukan hal ini.
Sekian bahasan tentang cara kunci jaringan 4G Samsung. Mudah – mudahan informasi di atas bisa berguna bagi Anda sekalian. Terima kasih atas perhatiannya! 

Post a Comment for "Cara Kunci Jaringan 4G Samsung dengan Aplikasi"

Berlangganan via Email