Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Solusi Mengatasi Wi-Fi Bermasalah yang Paling Tepat



Mengatasi Wi-Fi Bermasalah yang Paling Tepat bukanlah perkara mudah karena Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu baru kemudian bisa menemukan solusi terbaik yang bisa dilakukan. Sekarang ini, koneksi internet menjadi kebutuhan utama di kehidupan serba modern, bukan hanya di rumah, tapi juga di sekolah, kantor dan tempat lainnya.

Mengatasi Wi-Fi Bermasala

Selain jaringan pribadi, wi-fi menjadi jaringan di tempat umum yang memiliki banyak keuntungan, seperti bisa digunakan banyak orang, jangkauan lebih luas, kecepatan koneksi lebih tinggi dan lain sebagainya. Jaringan internet ini biasanya dipasang di sekolah, kantor atau tempat umum lainnya, meskipun juga bisa dipasang di rumah.

Pentingnya koneksi internet membuat Anda harus selalu dapat terhubung dengan jaringan internet yang tersedia. Apabila terjadi masalah pada wi-fi, maka koneksi internet juga bisa bermasalah apabila hanya bergantung pada wi-fi. Itulah mengapa Anda harus senantiasa menjaga kondisi wi-fi agar tidak mengalami kerusakan.

Bagi Anda yang memasang jaringan ini tentu akan merasa jengkel jika terjadi masalah koneksi. Namanya juga teknologi pasti bisa mengalami masalah atau kendala sehingga harus segera diperbaiki agar kerusakan tidak meluas lagi. Berikut ini ada beberapa solusi mengatasi wi-fi bermasalah yang paling tepat. 

Menganalisis Penyebab dari Masalah

Teknik perbaikan akan dilakukan sesuai dengan penyebab masalah wi-fi agar lebih optimal. Untuk itu, harus mengidentifikasi terlebih dahulu apa penyebab spesifik dari masalah wi-fi. Misalnya saja, masalah pada sinyal, kecepatan koneksi yang tiba-tiba turun drastis dan penyebab lain yang mungkin terjadi pada jaringan internet. 

Sebelum mengatasi wi-fi bermasalah, Anda bisa menggunakan nPerf.com atau Speedtest untuk memeriksa kecepatan koneksi, apakah terjadi masalah atau tidak. Apabila kecepatan transmisi data buruk di ruangan lain, tapi bagus di dekat router, lanjutkan pemeriksaan pada jaringan wi-fi agar diketahui penyebab pastinya.

Pengukuran kekuatan sinyal jaringan wi-di perangkat seluler atau pun dekstop bisa dilakukan melalui berbagai aplikasi. Anda bisa mencari aplikasi dengan kata kunci fwi-fi analyzer atau penganalisis wi-fi, kemudian akan muncul berbagai aplikasi di mesin pencari atau toko aplikasi sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. 

Lakukan Percobaan Kondisi Wi-Fi

Setelah melakukan analisis terhadap kondisi wi-fi, selanjutnya setel ulang posisi router dan sudut antena agar jangkauan sinyal meningkat. Meskipun penting, tapi banyak orang yang mengabaikan tahapan sederhana ini. Untuk bisa melakukannya, tidak diperlukan keahlian khusus sehingga siapa saja bisa melakukan cara ini dengan mudah.

Jangan lupa untuk mengubah posisi antena router karena ternyata hal ini mampu memberikan pengaruh penting. Sebagian besar kasus menjelaskan bahwa tegal merupakan posisi terbaik untuk antena router agar mendapatkan sinyal yang baik karena router akan mendapatkan jangkauan horizontal terbaik untuk mengatasi wi-fi bermasalah.

Barang-barang di sekitar router ternyata juga bisa menghalangi sinyal hingga menghambat fungsi wi-fi. Pastikan jika tidak ada sesuatu yang menghalangi router, seperti keberadaan microwave yang beroperasi pada 2,4 GHz karena berebut frekuensi yang sama dengan router. Untuk itu, jauhkan router dengan elektronik dengan frekuensi sama.

Konfigurasi Saluran Wi-Fi

Untuk beroperasi, wi-fi membutuhkan saluran sebagai serangkaian pita sempur dari spektrum radio. Terdapat beberapa saluran, meski jumlah perangkat yang ingin menggunakannya cukup banyak sehingga derau dari jaringan tetangga atau perangkat lain dapat menyumbat pita saluran paling populer dengan frekuensi 2,4GHz.

Router dapat berfungsi dengan baik apabila salurannya bebas dari gangguan pada tiap reboot atau pada waktu yang dijadwalkan. Cara mengatasi wi-fi bermasalah ini serupa dengan cara sistem navigasi yang dapat memilih rute dengan kemacetan paling sedikit sehingga koneksi internet dapat berjalan dengan lancar, tanpa gangguan.

Tugas ini bisa dilakukan oleh router dengan cukup baik, tapi sering kali membutuhkan intervensi khusus. Misalnya Anda dapat mengatur secara manual atau otomatis konfigurasi router untuk mencari saluran terhambat dengan lebih sering. Apabila Anda ingin melakukannya secara manual, pastikan Anda lebih berhati-hati.

Gunakan Koneksi Kabel

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi wi-fi bermasalah adalah menggunakan koneksi kabel. Lantas, apa manfaat penggunaan koneksi kabel ini? Sebenarnya, cara ini justru memberikan beberapa keuntungan yang jarang diketahui, misalnya saja sebagai salah satu solusi untuk ruangan yang sulit menerima jaringan wi-fi.

Keuntungan keduanya adalah dapat meningkatkan kualitas koneksi nirkabel pada perangkat yang lainnya. Hal ini bisa terjadi apabila Anda mentransfer paling tidak beberapa perangkat ke kabel. Dengan begitu, masalah pada koneksi wi-fi bisa teratasi dengan baik dan Anda bisa kembali menikmati jaringan internet dengan lancar. 

Cara ini bisa dibilang efektif untuk mengatasi wi-fi bermasalah, sayangnya Anda tidak dapat menghubungkan perangkat genggam dengan cara ini. Oleh karena itu, Anda harus bisa melihat solusi mana yang sesuai dengan penyebab masalah agar nantinya masalah wi-fi bisa teratasi dengan baik dan wi-fi bisa berfungsi lagi.

Pindah Pita Frekuensi

Frekuensi menjadi bagian penting untuk memastikan bahwa router bekerja secara maksimal. Apabila router tidak mendukung pita 5-GHz, maka Anda dapat mencoba untuk meningkatkan ke versi lebih modern. Peningkatan ini bisa dilakukan dengan adanya dukungan untuk standar wi-fi 5 atau 80211ac agar berjalan dengan lancar. 

Meskipun ada keuntungan saat Anda beralih ke pita 5GHz, tapi Anda juga harus tahu apa dampak atau efek sampingnya. Frekuensi lebih tinggi ternyata juga memiliki kelemahan, yaitu sinyal berkurang lebih cepat dengan jangkauan dan jarak efektif di rumah lebih besar atau apartemen sehingga kurang maksimal. 

Sebelum Anda melakukan cara mengatasi wi-fi bermasalah ini, pastikan masalah yang ada di jaringan wi-fi. Tidak ada salahnya Anda beralih ke pita 5GHz apabila memang tersedia dan pita 2,4GHz Anda tersumbat jaringan orang lain. Hal ini berarti Anda harus berganti router agar lebih membantu.

Hubungkan Jaringan Mesh

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan dan kondisi wi-fi belum juga baik, tidak ada salahnya jika Anda melakukan cara terakhir ini, yaitu menggunakan kit jaringan mesh yang siap pakai. Anda bisa menemukan kit di pasaran yang terdiri dari beberapa titik akses tambahan dan router sentral.

Jumlah titik akses tambahan berpengaruh terhadap luas area cakupan jaringan wi-fi yang diinginkan dengan sistem mesh. Berbeda jika Anda menggunakan repeater tradisional untuk mengatasi wi-fi bermasalah. Sistem ini tentunya dikelola secara terpusat dan biasanya perangkat tambahan dikonfigurasikan secara otomatis dari pusatnya.

Area jangkauan dan kecepatan cenderung akan meningkat jika Anda dapat menghubungkan titik akses ke router melalui jaringan Ethernet. Meskipun langkah ini tidak bisa dilakukan, tidak akan terjadi masalah pada jaringan wi-fi sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mencobanya terlebih dahulu agar wi-fi dapat berfungsi lebih maksimal. 

Bagaimana? Anda sudah mencoba satu atau beberapa cara di atas? Pastikan terlebih dahulu Anda mengidentifikasi penyebab masalah pada wi-fi terlebih dahulu baru kemudian melakukan solusi sesuai dengan penyebabnya. Apabila memang tidak bisa diperbaiki, tidak ada salahnya Anda menggunakan jasa profesional untuk mengatasi wi-fi bermasalah.

Post a Comment for "6 Solusi Mengatasi Wi-Fi Bermasalah yang Paling Tepat"

Berlangganan via Email