Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mendaftarkan Blog di Google News Terbaru

Panduan Cara Mendaftarkan Blog di Google News


LULUSSMK.COM - Baru – baru ini banyak sekali blogger yang mendaftarkan blog mereka pada platform Google terbaru yang bernama Google News, selain blog banyak juga media besar yang mendaftarkan website mereka pada Google News ini. Tentu masih pada bingung bagaimana cara mendaftarkan blog pada Google News ini, simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Google News ?

Apa itu Google News ? Google News adalah platform milik Google yang dimana berfokus menyajikan konten berita yang berasal dari berbagai website yang ada di seluruh dunia salah satunya adalah Negara Indonesia sendiri. Jika ingin mengetahui berita terupdate dari Google News ini tentu yang harus dilakukan menginstall aplikasi Google News ini pada smartphone milik anda, kalian dapat install dengan gratis pada playstore di smartphone kalian.

Tampilan Google News ini memiliki tampilan user freidly jadi user tentu akan betah membaca berita berlama – lama di aplikasi google news ini, atau anda bisa kunjungi news.google.com agar mengetahui berita terupdate yang ada diseluruh dunia. Bedanya dari platform lain kalau Google News ini kita bisa memilih Topik dan lokasi mana aja termasuk lokasi Negara Indonesia.

Keuntungan mendaftarkan blog ke Google News

Akan banyak sekali keuntungan apabila blog di daftarkan di Google News ini yang akan di dapat, apa aja manfaat yang di dapat bagi blog jika mendaftarkannya ke Google News Berikut ini adalah daftarnya :


Cepat Terindex Google

Bila blog anda didaftarkan di google maka blog akan cepat terindex oleh mesin pencari yaitu Google, jadi sudah tidak usah sumbit url ke Google Webmaster Tool lagi. Ini sudah dibuktikkan yaitu blog Malas Menulis kalau cepat terindex semenjak artikel dipublikasi. Dengan cepat terindex nya blog ke Google maka kemungkinan blog masuk dihalaman pertama tentu ada.

Mudah masuk Halaman Pertama Google
Apabia blog anda memilki konten menarik tentu akan mudah sekali masuk halaman pertama google misalnya aja blog anda adalah blog berita tentu akan cepat sekali mudah masuk halaman pertama, dan akan dimasukkan pada konten rekomendasi kan untuk google pada aplikasi Google News ini.

Dengan ini tentu akan mudah mendapatkan banyak sekali visitor yang datang ke blog anda apabila banyak sekali artikel dari blog anda yang direkomendasikan oleh google untuk dibaca oleh user

Tentu hal tidaklah mudah mendapatkan posisi pertama dari Google tentu blog harus dioptimasi agar SEO dan jangan ada sampai ada link di blog yang error bahkan jangan ada broken link pada blog anda tentunya.

Banyak pengunjung Organik
Dengan cepat terindex oleh mesin pencari tentu kemungkinan besar pengunjung akan lebih cepat menemukan blog anda pada mesin pencari, dengan ini akan mendatangkan traffic berkualitas dan juga organic karena berasal dari mesin pencari google bukan dari redireck link misalnya facebook dan media social lainnya.

Menigkatkan branding pada blog
Karena banyak pengunjung maka tentu akan cepat blog dikenal banyak orang dengan ini tentu akan cepat branding pada blog cepat dikenal orang. Semakin dikenal orang tentu website anda akan terkenal misalnya aja website jalantikus.com website tersebut berfokus membahas tentang teknologi banyak sekali para blogger mereview blog tersebut.

Tidak hanya itu dengan website anda semakin terkenal akan mendatangkan banyak sekali backlink berkualitas di blog tersebut, dan semakin lama tentu brand dari blog anda mudah dikenal orang tentu banyak orang membahasnya.

Itulah keuntungan apabila blog di daftarkan di Google News ini, tentu akan menguntungkan dan memiliki dampak positif bagi blog serta branding di internet, tentu untuk daftkan blog Google News ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi aagar blog tersebut di setujui oleh Google News.

Syarat Blog Mendaftar di Google News

Agar bisa disetujui oleh Google News ini tentu hal yang harus diperhatikan tentu blog harus memenuhi syarat google news yang sudah ditentukan, tidak semua blog atau website bisa di setujui oleh Google News ini, blog dengan kriteria seperti inilah yang akan di setujui oleh google news :

Blog membahas satu topic

Blog anda misalnya membahas berita teknologi maka akan mudah sekali di setujuai oleh Google News ini, karena saya sendiri pernah berexsperiment tentang blog gado – gado yang daftar google news langsung di tolak oleh Google News ini. Jadi apabila blog anda ingin disetujui oleh google news tentu cukup bahas satu topic aja dalam blog tersebut misalnya aja, travel, teknologi, livestyle dan fashion, dari katergori tersebut cukup pilih salah satu aja.

Buatlah konten berkualitas

Buatlha konten berkualitas maksudnya konten yang dibuat pada blog anda tidak menjiplak artikel punya orang, dengan konten berkualiatas tentu akan baik dimata google news. Lebih baik artikel yang dibuat dalam blog adalah hasil pemikiran sediri bukan hasil copy paste milik blog orang lain.

Tidak hanya pada konten saja akan tetapi topic yang dibahas pada blog tersebut juga harus salah satu aja jangan semua dibahas di blog tersebut seperti anda membahas tentang teknologi cukup bahas tentang teknologi tidak usah membahas diluar niche atau kategori tersebut.

Selalu update artikel setiap hari, apabila blog anda sudah disetujui maka yang harus dilakukan tentu blog harus update artikel setiap harinya agar pembaca bisa tahu artikel terbaru dari blog anda ini, cukup anda update blog hanya satu artikel setiap harinya itu sudah cukup.

Gunakan Tampilan yang menarik di Blog
Hal yang penting lainnya agar blog cepat di terima oleh google news ini adalah struktur pada blog anda apakah sudah benar belum, misalnya aja blog anda belum terdaftar google webmaster tool maka sebelum daftar ke google news verifikasi dulu blog anda di google webmaster tool, pada tampilan blog tentu gunakan tampilan yang user friendly atau yang sudah responsive pada semua perangkat hal ini yang harus diperhatikan agar blog cepat di setujui oleh google news, jika anda bingung mau memilih template blog yang mana saya sarankan gunakan Median UI Responsive Blogger Template seperti yang dipakai blog ini.

Blog ini hanya dalam watu tiga hari saja sudah di setujui oleh google news bisa anda cek aja pada lulussmk.com Google News, jangan lupa Follow juga agar dapat mengetahui artikel terbaru dari Malas Menulis.

Jelaskan identitas blog Anda

Apabila ingin mendaftarkan blog ke Google news ini tentu hal yang harus dilakukan adalah menjelaskan identitas blog anda misalnya misalnya dihalaman about itu bisa dijelaskan tentang blog anda jadi pihak google bisa tau siapa pemilik atau penulis dari blog ini, apabila anda menggunakan beberapa penulis konten di blog anda tentu bisa ditulis pada menu About secara detail siapa penulis pada blog tersebut.

Jika semua sudah terpenuhi maka sekarang saatnya mendaftarkan blog anda ke Google News, bagaimana cara mendaftarkan blog ke Google News, simak panduan berikut ini :

Cara Mendaftarkan Blog di Google News pada Blogger

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu kalian harus masuk dengan akun Google anda kemudian masuk aja ke Tautan Berikut Ini

Setelah itu anda harus meverifikasi kepemilikan blog anda apabila belum terverifikasi kepemilikan pada blog tersebut, caranya dengan mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tool agar bisa terverifikasi oleh Google News Tersebut.

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat nama Aplikasi di Google News pada Publisher Center

Kemudian menambahkan blog anda dan url blog anda, jangan lupa gunakan www untuk pada url blog anda.

Selanjutnya mengisi informasi mengenai blog anda, pada menu General, bisa di lihat seperti gambar di bawah ini


Setelah setting General, selanjutnya setting pada menu Content agar artikel dapat muncul di Google News


Pada Section ini kalian isi dengan www.namadomain.com/feeds/post/dafault kemudian pilih Usev Feed Content, apabila blog anda tidak menggunakan AMP.

Setelah itu pilih ini Generate articles directly from feed and crawl, agar artikel cepat di crawling oleh google.

Setelah itu anda akan disuruh untuk uploud logo blog anda, pada menu Image tentunya harus logo asli dari blog anda, apabila tidak menggunakan logo asli tentu tidak akan di terima oleh google news tersebut.

Jika semua sudah selesai, maka tinggal klik aja Publisher, kalian cukup menunggu review dari Google News sekitar 2 - 4 hari apakah di Setujui atau tidak.



Sekianlah artikel Cara Mendaftarkan Blog di Google News Terbaru, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya LulusSmk.com.

Post a Comment for "Cara Mendaftarkan Blog di Google News Terbaru"

Berlangganan via Email