Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal gangguan mental ADHD Lebih Dini





Mengenal gangguan mental ADHD Lebih Dini - ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder adalah gangguan mental yang menyebabkan seorang anak sulit memusatkan perhatian, serta memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif, sehingga dapat berdampak pada prestasi anak di sekolah.
Hingga saat ini, penyebab utama ADHD 
belum diketahui dengan pasti. Akan tetapi, kondisi ini diduga dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Selain terjadi pada anak-anak, ADHD juga dapat terjadi pada orang dewasa.


GEJALA ADHD:

1.sulit memusatkan perhatian
2.berperilaku impulsive
3.berperilaku hiperaktif
4.penderita tidak bisa diam dan selalu ingin bergerak

PENYEBAB ADHD:

Penyebab ADHD belum diketahui secara pasti. Namun, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko anak terkena ADHD. Faktor risiko ini meliputi faktor genetik dan lingkungan.
Faktor faktor resiko:
1.gen
2. Merokok, penggunaan alkohol, atau penggunaan narkoba selama kehamilan
3. Paparan racun lingkungan selama kehamilan
4. Paparan racun lingkungan, seperti kadar timbal yang tinggi, pada usia muda
5.berat badan lahir rendah
6.cidera otak

LANGKAH PENANGANAN ADHD :

Penanganan ADHD dapat berupa pemberian obat-obatan dan psikoterapi. Selain penderita, orang tua, keluarga, pengasuh, dan guru di sekolah juga perlu mendapatkan bimbingan untuk menghadapi anak dengan ADHD. Walaupun ADHD tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, pengobatan yang diberikan dapat meredakan gelaja ADHD dan memampukan penderitanya untuk menjalani hidup dengan normal.

Pengobatan :

Stimulan. Jenis obat yang paling umum digunakan untuk mengobati ADHD disebut "stimulan." Meskipun kelihatannya tidak biasa untuk mengobati ADHD dengan obat yang dianggap sebagai stimulan, ia bekerja dengan meningkatkan bahan kimia otak dopamin dan norepinefrin, yang memainkan peran penting dalam pemikiran dan perhatian

Hal apa yang dapat dilakukan sehingga membantu mengurangi gejala?:
Meskipun tidak ada obat untuk ADHD, perawatan yang tersedia saat ini dapat membantu mengurangi gejala dan meningkatkan fungsi. Perawatan termasuk pengobatan, psikoterapi, pendidikan atau pelatihan, atau kombinasi perawatan.  


Sekianlah artikel Mengenal gangguan mental ADHD Lebih Dini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya LulusSmk.com.

Post a Comment for "Mengenal gangguan mental ADHD Lebih Dini"

Berlangganan via Email