Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Cara Mudah Mengatasi Sinyal Hilang Pada HP Samsung Terbaru

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Pada HP Samsung




7 Cara Mudah Mengatasi Sinyal Hilang Pada HP Samsung Terbaru - Ada banyak faktor yang menyebabkan HP Samsung tidak memunculkan jaringan. Bisa jadi dikarenakan kartu operator Anda atau masalah serius pada HP. Namun kebanyakan disebabkan karena slot kartu sim atau memang dari kartu sim itu sendiri yang rusak.
Apalagi Samsung memang terkenal dengan build quality yang bagus. Merek ponsel ini dikenal karena awet dan jarang rusak, itulah salah satu faktor mengapa ponsel asal korea selatan ini begitu banyak diminati di tanah air.
Namun tentu saja muncul beberapa masalah seperti sinyal hilang ataupun kartu sim tidak terbaca. Masalah ini tentu jarang terjadi, akan tetapi bila Anda mengalami hal ini, silahkan baca artikel ini sampai habis.
Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sinyal hilang pada HP Samsung yang bisa Anda lakulan sendiri atau meminta bantuan tukang servis HP.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Pada HP Samsung

Ketika sinyal HP Samsung diketahui, ia akan memunculkan jaringan 4G/H+ disertai dengan beberapa bar jaringan. Tapi jika yang muncul adalah simbol bulat dengan coretan miring, itu tandanya sinyalnya hilang. Biasanya ditandai dengan munculnya tulisan ‘Tidak Ada Layanan’ pada jaringan tersebut.
Atau tampilan yang lainnya adalah muncul pemberitahuan ‘Hanya Panggilan Darurat’ pada ponsel.
Jujur, jika tampilannya masih sebatas ‘Hanya Panggilan Darurat’, untuk mengatasinya jauh lebih mudah dibanding ‘Tidak Ada Layanan‘.
Berikut berbarapa cara mengatasi sinyal hilang pada hp Samsung:

1. Aktifkan dan Matikan Mode Pesawat

Mode pesawat mampu mengatasi error kecil yang terjadi pada jaringan. Dengan mengaktifkan dan mematikan mode pesawat, Anda mampu mengembalikan sinyal jaringan Anda bila errornya kecil.

2. Restart Ponsel Anda

Cara berikutnya adalah dengan restrat ponsel. Sebenarnya cara kerjanya sama seperti kalian menggunakan mode pesawat. Restart bisa menghilangkan error atau bug-bug kecil pada HP.

3. Matikan HP Anda Beberapa Saat

Bila cara di atas belum berhasil, coba cek suhu ponsel Anda, apakah sangat panas atau biasa saja. Bila terlalu panas, sebaiknya Anda matikan beberapa menit. Tunggu sampai kembali dingin, kemudian aktifkan lagi.
Suhu HP dan SIM Card juga memiliki pengaruh terhadap jaringan ponsel Anda.

4. Cari Jaringan Anda Secara Manual

Cara mengatasi sinyal hilang pada HP Samsung berikutnya adalah dengan mencari sinyal jaringan itu sendiri dengan cara manual. Berikut adalah caranya:
  • Masuk ke menu pengaturan
  • Pilih Mobile Network kemudian klik Operator
  • Terakhir, pilih opsi ‘Select Automatically’. Dengan begitu ponsel akan mencari jaringan internet Anda yang hilang

5. Atur Ponsel Kembali ke Pengaturan Pabrik

Cara ini tidak kami rekomendasikan. Belum tentu juga nanti jaringan kembali, dan ribetnya lagi semua data pada HP akan hilang. Anda harus backup dulu, lalu melakukan hal ribet lainnya.
Melakukan Reset Factory yang terlalu sering juga tidak baik untuk ponsel. 1 atau 2 kali masih aman, tapi bila lebih dari 3 kali, sebaiknya jangan dilakukan lagi.

6. Copot dan Lepaskan Kartu SIM Card Anda

Bila cara-cara di atas masih tidak berhasil, Anda bisa mencoba untuk melepas SIM Card lalu pasang lagi. Gunanya untuk mengejutkan sinyal dan menghilangkan bug-bug yang ada. Atau kalau tidak begitu, ganti SIM Card Anda ke slot SIM yang lain.

7. Coba Pasang SIM Card Tersebut ke Ponsel Anda yang Lain

Jika masih tidak berhasil, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengeceknya. Bila SIM Card tersebut juga menampilkan tampilan sama di ponsel Anda yang lain (jaringan tidak terdeteksi), maka selamat, yang bermasalah adalah SIM Card Anda.
Tapi jika SIM Card tetap terbaca di ponsel Anda yang lain, sementara di HP Samsung tidak, itu berarti masalahnya sangat serius.
HP Samsung Anda memiliki masalah, dan cara mengatasinya harus dibawa ke tukang servis.
Karena kemungkinan yang rusak adalah hardware dari HP Samsung Anda. Seperti mengalami masalah pada IC PA, slot kartu SIM rusak, kuningan di HP Samsung rusak. Beberapa masalah ini biasanya disebabkan karena HP Samsung jatuh berkali-kali.
Kebetulan, HP Samsung Saya juga bernasib serupa. Cara mengatasi sinyal hilang pada HP Samsung yang ini bisa langsung Anda bawa ke tukang service, biayanya paling cuma 70k – 100k, tapi Saya sendiri tidak mempebaikinya karena Saya memilih menggunakan WiFi saja.


Sekianlah artikel 7 Cara Mudah Mengatasi Sinyal Hilang Pada HP Samsung Terbaru, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya LulusSmk.com.

Post a Comment for "7 Cara Mudah Mengatasi Sinyal Hilang Pada HP Samsung Terbaru"

Berlangganan via Email