Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Memperbaiki HP Nokia Kartu SIM Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki HP Nokia Kartu SIM Tidak Terbaca


Cara Mudah Memperbaiki HP Nokia Kartu SIM Tidak Terbaca - Maksud dari kartu SIM tidak terbaca adalah kartu yang Anda masukkan tidak memunculkan sinyal, tidak ada bar jaringan, dan ketika di cek di pengaturan pun tulisannya ‘Tidak Ada Kartu SIM’ atau ada keterangan SIM hanya saja tidak aktif. Apapun HP-nya, dan secanggih apapun ponsel Anda saat itu, semua merk HP bisa saja mengalami permasalahan ini salah satunya adalah Nokia.
Nokia adalah salah satu vendor ponsel yang sukses pada tahun 2000 an. Selain mengeluarkan series java, ponsel ini juga mengeluarkan smartphone yang laris pada masanya dengan bernama Symbian OS. Banyak series yang terkanl kala itu seperti N70, N73, 7610, N95 dan masih banyak lagi.
Seolah terkikis oleh masa dan kemajuan teknologi, Nokia seperti sudah mati dan tinggal kenangan. Meskipun sekarang mereka juga sudah mulai berkolaborasi dengan Windows Phone dan juga mencicipi Android, namun karena keterlambatan mereka terjun ke OS Android lah yang membuatnya tetap terpuruk.
Nokia saat ini lebih dikenal dengan hp kecil yang sering digunakan untuk keperluan SMS dan Nelpon saja. Akan tetapi meski begitu juga sering terjadi masalah seperti sim card tidak terbaca.
Sebelum mengetahui cara memperbaiki HP Nokia kartu SIM tidak terbaca, sebaiknya Anda cari tahu dulu penyebab kenapa HP Anda tidak bisa membaca kartu SIM yang terpasang.

Penyebab Kenapa HP Nokia Kartu SIM Tidak Terbaca

Kuningan SIM Card Anda Kotor atau Korosi
Atau biasa disebut sebagai PIN. Ia adalah kuningan yang ada pada SIM Card yang bertugas untuk membaca kartu SIM supaya bisa terbaca di HP. Cek apakah kartu SIM Anda dalam keadaan kotor atau korosi, karena bisa jadi ini menjadi salah satu penyebab kartu SIM tidak bisa terbaca.
Kuningan Ponsel Anda Kotor
Setelah mengecek kuningan yang ada di SIM Card, selanjutmya cek kuningan yang ada di ponsel Anda. Karena kebanyakan HP Nokia menggunakan baterai pasang, Anda cukup mengambil baterainya lalu lihat keadaan kuningan yang ada pada HP Anda.
Jalur Pada SIM Card Tergores atau Kotor
Penyebab HP tidak bisa membaca kartu SIM yang masuk juga bisa disebabkan oleh jalur pada slot SIM Card yang digunakan untuk meletakkan SIM Card mengalami goresan atau tertutup kotoran. Noda yang menutupi SIM Card ini berakibat pada gagalnya SIM yang terbaca pada HP.
Ada 3 penyebab utama kenapa kartu SIM tidak bisa terbaca. Sementara penyebab lainnya mungkin dikarenakan provider kartu yang Anda gunakan sedang bermasalah.
Kami memiliki cara memperbaiki HP Nokia kartu SIM tidak terbaca ini dengan beberapa langkah pembersihan kartu SIM dan slotnya dari kotoran atau korosi.
Jika permasalahannya karena jaringan yang sedang trouble, sebaiknya Anda mengganti SIM Card dengan provider yang lebih memberikan layanan yang berkualitas.

Cara Memperbaiki HP Nokia kartu SIM Tidak Terbaca

Jika permasalahannya karena kotor atau korosi, cara penanganannya mudah. Akan tetapi jika permasalahannya disebabkan jalur pada slot tempat SIM Card diletakkan, atau penyebab lainnya yang berkaitan dengan hardware Nokia, penangannya akan susah.
Namun bila masih di tahap mudah seperti ini, berikut adalah langkah-langkah cara memperbaiki HP Nokia kartu sim tidak terbaca:
  1. Pertama, bersihkan bagian kuningan SIM Card Anda. Caranya dengan menggosok kuningan tersebut dengan penghapus karet.
  2. Pasangkan SIM Card tersebut pada HP Nokia. Bila masih belum bisa terdeteksi, Anda bisa mencoba memasang SIM Card lain. Kalau SIM Card lain juga tidak bisa terbaca, berarti yang bermasalah adalah kuningan pada HP Nokia Anda. Namun jika SIM Card baru yang sudah Anda pasang bisa terbaca, berarti yang bermasalah adalah SIM Card Anda yang lama itu.
  3. Jika yang rusak adalah kuningan pada HP, Anda cukup membersihkannya dengan perlahan sampai kotorannya terangkat.
  4. Bila masih tidak berhasil, cara berikutnya Anda bisa membongkar sendiri HP tersebut.
  5. Pembongkaran HP Nokia tidak memerlukan obeng, sebab Nokia sendiri hanya dipasangi soket sebagai pengait antar casing supaya mudah dibongkar.
  6. Setelah Anda melakukan pembongkaran, lihat pada jalur yang mengarah pada SIM Card. Bersihkan bagian tersebut, jangan sampai ada noda yang tertutup.
  7. Bila jalur tersebut ternyata putus, Anda bisa menyambungkannya lagi dengan solder dan timah.
  8. Setelah tersambung dan bersih semua, sekarang saatnya Anda memasang kembali bagian-bagian komponen HP, lalu pasang kembali SIM Card tersebut. Lihat hasilnya, apakah berhasil terbaca atau tidak.
Bila cara memperbaiki HP Nokia kartu SIM tidak terbaca ini masih tidak berhasil, sebaiknya Anda membawa ke tukang service atau membeli HP baru.



Sekianlah artikel Cara Mudah Memperbaiki HP Nokia Kartu SIM Tidak Terbaca, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya LulusSmk.com.

Post a Comment for "Cara Mudah Memperbaiki HP Nokia Kartu SIM Tidak Terbaca"

Berlangganan via Email