Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Tambang Bitcoin Sendiri yang Perlu Anda Ketahui

Cara membuat tambang bitcoin sendiri


Cara membuat tambang bitcoin sendiri yang perlu diketahui khususnya bagi pengguna yang ingin saldo bitcoinnya semakin menggunung. Aktivitas penambangan bitcoin dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan bitcoin dalam jumlah lebih besar. Uang virtual ini memang semakin populer di tengah masyarakat karena seiring dengan berkembangnya zaman ke arah digital.
Mata uang krypto ini bisa digunakan untuk berbagai transaksi. Berbeda dari mata uang fiat yang dikendalikan oleh institusi tertentu, bitcoin tidak bisa dimonopoli oleh siapapun. Uang ini juga sifatnya desentralisasi dan terbuka untuk semua pengguna. Jadi, tidak ada pengawas khusus yang menjadi otoritas untuk bitcoin.
Mata uang ini digunakan secara peer-to-peer. Artinya hanya dua pihak yang memberi dan menerima lah yang terlibat dan tidak ada pihak ketiga seperti bank. Untuk mendapatkan bitcoin, Anda bisa melakukan penambangan. Perlu diketahui bahwa cara membuat tambang bitcoin sendiri memerlukan modal khusus yang harus disiapkan.
Beberapa yang diperlukan dalam penambangan bitcoin atau yang biasa disebut bitcoin mining diantaranya perangkat hardware dan software. Sebenarnya ada dua cara penambangan bitcoin, yaitu melalui cloud mining dan solo mining. Jika Anda ingin melakukan penambangan sendiri alias solo mining, maka ikuti cara-cara berikut ini.

Menyiapkan Hardware

Cara membuat tambang bitcoin sendiri yang pertama yaitu menyediakan hardware yang memadai. Hardware ini terdiri dari seperangkat komputer dengan spesifikasi tinggi. Jadi, Anda perlu meyiapkan budget khusus untuk mendapatkannya. Selain itu juga dibutuhkan aliran listrik cukup besar. Sebelum memulai menambang, siapkan beberapa hardware berikut.
  1. CPU/GPU
CPU adalah komponen wajib dalam sebuah jaringan komputer. Akan tetapi kekuatan CPU pada umumnya tidak memadai bahkan sangat kurang jika digunakan untuk menambang bitcoin. Hal ini karena CPU biasa memiliki kecepatan lemah sehingga tidak mendukung penambangan bitcoin secara maksimal. Jadi, harus dilakukan upgrade.
Cara membuat tambang bitcoin sendiri harus meng-upgrade tingkat kecepatan komputer agar lebih berguna. Caranya dengan menambahkan hardware grafis khusus. Hardware grafis menyimpan komponen GPU alias Graphical Processing Unit. GPU nantinya berfungsi untuk memecahkan persoalan matematis dalam jaringan. Komponen ini bisa Anda beli dari produsen seperti Nvidia atau AMD.
  1. Application Specific Integrated Circuits (ASIC)
Penambangan bitcoin selain dengan dukungan GPU juga memerlukan ASIC. ASIC adalah aplikasi khusus yang dibuat dalam rangka mendukung aktivitas bitcoin mining. ASIC memiliki kinerja dengan kecepatan yang sangat tinggi namun energi yang dipakai relatif rendah. Karena kualitasnya ini, ASIC dibanderol dengan harga yang cukup mahal.
  1. Field Programmable Gate Array (FPGA)
Hardware yang satu ini merupakan suatu komponen sirkuit yang dirancang khusus untuk konfigurasi dalam aktivitas penambangan bitcoin. Anda perlu mengakses semacam chip yang nantinya dipakai sebagai peralatan menambang bitcoin. Chip tersebut kecepatannya sangat luar biasa dan bisa mencapai 750 megahashes per detik.

Menyiapkan Software Khusus untuk Bitcoin Mining

Cara membuat tambang bitcoin sendiri setelah memiliki hardware yang memadai, Anda perlu memiliki software khusus untuk penambangan. Software ini nantinya akan dipasang di komputer yang telah disiapkan. Karena software untuk bitcoin mining dijalankan dalam intensitas tinggi, pastikan perangkat komputernya benar-benar dipilih dengan tepat.
Software bitcoin mining sendiri umumnya terbagi menjadi dua jenis, yakni Standard Bitcoin Client dan Bitcoin Mining Software. Standard Bitcoin Client bekerja dengan cara mengkoneksikan perangkat komputer Anda dengan jaringan tertentu yang dapat melakukan interaksi dengan klien. Selain itu, software ini juga berfungsi mengirim transaksi ke blockchain.

Standard Bitcoin Client juga akan melakukan pengecekan pada blockchain secara berkala. Nantinya informasi terbaru akan disampaikan kepada para bitcoin miner oleh klien dengan cara yang efektif melalui jaringan yang ada. Cara membuat tambang bitcoin sendiri juga membutuhkan software bitcoin mining agar mendapatkan hasil yang diinginkan.
Macam-macam software penambang bitcoin ada banyak, misalnya Bitcoin Miner, BTC miner, Easy Miner, CG Miner, atau BFG Miner. Jika ingin lebih mudah mengoperasikan software mining, Anda juga bisa mempertimbangkan software GUI Miner yang juga memiliki fitur daftar mining pool. Sehingga pengguna bisa langsung memilih mining pool.
Software penambang bitcoin ini bekerja dengan cara memberikan instruksi kepada komputer serta menyampaikan transaksi blok agar bisa dipecahkan. Pastikan Anda mencari tahu jenis-jenis software mining sebelum memilihnya. Karena software yang berbeda bisa memiliki karakter dan kinerja yang berbeda pula. Sesuaikan pula dengan sistem operasi komputer Anda.

Bergabung dengan Mining Pool

Cara membuat tambang bitcoin sendiri Anda sebaiknya bergabung ke kolam penambangan atau yang dikenal dengan istilah mining pool. Mining pool sendiri merupakan suatu jaringan di mana para penambang bitcoin berkumpul dan bersinergi dalam melakukan pemecahan blok baru. Pemecahan ini dilakukan melalui serangkaian pemrosesan yang kuat.
Hasil dari pemecahan blok tersebut nantinya akan dibagikan kepada para miner yang sesuai dengan kapasitas kekuatan pemrosesan secara individu. Bagi Anda yang berniat melakukan penambangan bitcoin, bergabung ke jaringan mining pool tak boleh dilewatkan begitu saja. Karena melakukan penambangan sendiri hasilnya mungkin akan jauh lebih sedikit.
Lain halnya jika Anda tergabung ke dalam mining pool. Besar kemungkinan Anda dapat memperoleh bitcoin dengan jumlah yang lebih signifikan dalam jangka waktu satu tahun. Meskipun pada akhirnya hasil yang diperoleh akan dibagi-bagi, namun cara membuat tambang bitcoin sendiri ini memudahkan Anda karena pemrosesan dilakukan bersama-sama.
Tak hanya pekerjaan memecahkan blok baru lebih ringan, bergabung ke mining pool juga bisa memberikan pelajaran penting kepada para miner pemula. Dengan begitu, secara perlahan kekuatan individu Anda semakin meningkat. Beberapa jaringan mining pool yang ada antara lain KanoPool AntPool F2Pool, dan masih banyak lagi.

Membuat Bitcoin Wallet Sendiri

Cara membuat tambang bitcoin sendiri yang tak kalah penting yaitu menyiapkan dompet khusus untuk bitcoin alias bitcoin wallet. Bitcoin wallet merupakan tempat penyimpanan yang akan menampun bitcoin hasil penambangan. Layaknya pemilik bitcoin di seluruh dunia, sebagai pengguna bitcoin tentunya Anda juga wajib memiliki dompet ini.
Ada banyak piliha bitcoin wallet yang bisa Anda pilih. Salah satunya yaitu Copay. Dompet bitcoin ini memungkinkan Anda untuk menjalankannya melalui bermacam-macam sistem operasi. Ada pula beberapa pilihan bitcoin wallet yang beroperasi dengan sistem cloud seperti Blockchain, Coinbase, dan Xapo.
Satu hal yang wajib diingat saat membuat bitcoin wallet adalah menjaga keamanannya. Pastikan hanya Anda yang mengetahui alamat bitcoin dan menyimpannya baik-baik agar tidak dicuri oleh peretas. Anda bisa memanfaatkan sistem autentikasi dua faktor agar bitcoiin wallet lebih aman dan terhindar dari risiko pencurian.
Untuk melakukan penambangan bitcoin memang diperlukan serangkaian persiapan khusus. Akan tetapi menambang bitcoin pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah jika semua elemen dipenuhi. Awalnya mungkin tidak mudah. Namun dengan cara membuat tambang bitcoin sendiri Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Post a Comment for "Cara Membuat Tambang Bitcoin Sendiri yang Perlu Anda Ketahui"

Berlangganan via Email