Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memanfaatkan Algoritma Instagram untuk Jualan 2020

Cara Memanfaatkan Algoritma Instagram untuk Jualan 2020
Memanfaatkan algoritma Instagram untuk jualan. Sumber Gambar: blog.porinto.com


Algoritma itu Apa? Algoritma Instagram itu Apa?

Jadi gue nulis ini buat online shop aja, terutama yang jualannya di Instagram. Sebelumnya, algoritma itu apa? Algoritma itu sederhananya adalah prosedur atau langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah. Algoritma Instagram? Ya, algoritma yang ada untuk memecahkan masalah di Instagram. Masalahnya apa? Ya, masalahnya elo yang jualan biar cepet laku, cok.

Algoritma Instagram Pada Tahun 2020

Ini berdasarkan update algoritma yang sekarang, pada tahun 2020 udah gak jadi kronologis lagi feed-nya. Instagram ingin ningkatin pengalaman pengguna biar jadi bermakna, makanya gak semua konten ditampilin di Beranda, cuma konten yang berkualitas dan sesuai minat kita, diukur dari apa yang kita suka, share, dan komen.. bahkan sampe ke DM kita juga diliat!!

Perlu diinget dan rubah mindset elo, gak usah beli beli followers, algoritma Instagram yang sekarang gak mentingin juga followers kita berapa, makanya akun bot di-blacklist. Akun bisnis sama akun personal pun sekarang sama aja.  Gak masalah elo pake akun personal buat jualan juga, menurut algoritmanya, gak ada yang spesial. Sebab yang spesial hanyalah kamu. Jielahhh...

Faktor-Faktor Apa Aja sih Yang Ngaruh Buat Memanfaatkan Algoritma Instagram?

Karena sekarang yang follow kita sekarang juga belum tentu liat apa yang udah kita share, makanya harus pinter-pinter memanfaatkan algoritma instagram dengan liat beberapa faktor ini yang gue baca dari Hootsuite, biar sebisa mungkin followers dan yang gak follow elo bisa liat postingan elo.
  • Relationship

Biar olshop elo laku, elo harus rajin-rajin membangun hubungan yang organik sama followers elo. Inget, yang organik, bukan kayak robot. Misalnya, elo pake auto-chat terus tiap chat sama orang yang beli barang atau jasa jualan elo. Enggak, gitu caranya, Biji Luwak.

Sesederhana elo rajin bales DM dengan gak template, kalo ada yang komen cepet elo bales, sampe rajin share stories di akun online shop atau akun lo.

Menurut pengamatan gue, banyak akun online shop atau temen-temen gue memanfaatkan fitur stories di Instagram. Nanti yang abis beli bisa share di stories-nya akun mereka terus kita reshare. Biasanya orang senang juga lo kalo instastory-nya di share lagi atau ditanggepin.
  • Interest

Interest itu minat. Misalnya, elo jualan kopi, ya elo harus menarik minat orang yang suka kopi. Tunjukkin akun elo emang minat juga sama kopi, contohnya dengan rutin share gambar yang bagus soal produk kopi elo. Harus aestethic juga, jangan gambar yang jelek. Minimal elo pake filter-filter yang bisa didapetin dari VSCO atau PicsArt.

Terus bisa juga upload infografis soal kopi, profil akun elo dibikin microblog gitu. Lagi trending banget akun-akun olshop kayak gitu. Sebab, orang-orang biasanya suka sama informasi yang ada visualisasinya, gambarnya juga bikin mata jadi adem, terus informasinya simpel dan menarik, nilai plus kalo bikin ngakak. Oiya, selain gambar, video juga bisa..

Nyambung juga sama caption dan hashtag kalo bahas interests. Nah, kalo caption, disini elo harus kreatif bikin caption menggelitik biar banyak yang mau komen.

Selanjutnya, kalo hashtag, di algoritma yang sekarang, gak usah nyeleneh banget pake hashtag-nya. Kalo jualan kopi ya jangan pake hashtag #kopimurahbanget, atau malah makin edan pake #kopimurahbangetayobelidijaminenak itu malah bakal lebih-lebih-lebih gak diminatin sama algoritma instagram.

Sesederhana pakai #kopikuningan aja kalo sekarang, gak usah lebay, tambahin aja lokasi, karena itu bakalan jadi nilai plus karena orang lebih banyak juga yang nyari kopi pake #kopikuningan, ada juga tambahan info lokasi disitu. Ditambah, kalo akun postingan kamu banyak komen dan relationship-nya bagus sama yang beli, bisa masuk akun yang ditampilin paling atas, lho, kalo ada orang nyari #kopikuningan.
  • Timeliness

Nah, kalo ini urusan timing. Sama kayak Jungpal yang pedekate sama Deok-sun harus belajar soal timing, sekarang, elo harus belajar pinter-pinter ngatur waktu kalo mau upload foto di Instagram biar banyak yang liat. Sebisa mungkin, upload ketika lagi banyak orang-orang lagi buka Instagram atau lagi online. Atau, kalo pake istilah TV, upload di jam prime time. Itu bisa ningkatin jumlah orang yang bisa liat postingan elo.

Postinglah di waktu yang tepat.


Itu dia, informasi yang bisa gue bagikan tentang memanfaatkan algoritma instagram untuk online shop yang elo punya. Biar elo tau juga dan mengerti kalo ada orang yang lagi usaha, kok rajin banget ngepos, nah itu mereka lagi ningkatin relationship-nya dengan pembelinya. Jadi kalo gak tertarik sama barang dagangannya.. daripada nyinyir, mending elo mute aja, hehe, atau elo usaha online juga biar buka pintu rezeki elo dan bisa manfaatin algoritma instagram juga.


Sekianlah artikel Cara Memanfaatkan Algoritma Instagram untuk Jualan 2020 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya LulusSmk.com.

Post a Comment for "Cara Memanfaatkan Algoritma Instagram untuk Jualan 2020"

Berlangganan via Email