Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog

Cara-menghasilkan-uang-dari-blog-EKRUT.jpg





5 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog - Tidak hanya digunakan sebagai sarana menyalurkan hobi, blog ternyata juga dapat menjadi sumber penghasilan lho. 
Itu sebabnya tidak sedikit orang yang membuat blog untuk mencari tambahan pendapatan hingga menekuninya dengan serius dengan menjadi blogger profesional. 
Lantas, bagaimana sebenarnya cara menghasilkan uang dari blog

1. Cara menghasilkan uang dari blog melalui iklan 

Cara menghasilkan uang dari blog - EKRUT
Memasang iklan dengan Google Adsense di blog jadi cara umum monetisasi blog - EKRUT
Salah satu cara menghasilkan uang dari blog paling umum dan sederhana adalah dengan memasang iklan pada laman blog kamu tersebut. 
Untuk memasang iklan pada laman blog, kamu tidak harus berhubungan langsung dengan pengiklan. Kamu dapat memanfaatkan platform beriklan seperti Google Adsense. 
Google Adsense adalah advertising platform yang dimiliki Google. Cukup mendaftar dan mengizinkan Google Adsense untuk menempatkan iklan di dalam blog, lalu kamu pun dapat menerima bayaran.
Cara kerja dan perhitungan bayaran juga akan berbeda, tergantung pada jenis iklan yang dipasang. Misalnya, pada jenis CPC /PPC Ads,  kamu akan mendapat bayaran setiap kali ada pembaca yang mengklik iklan tersebut.
Iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense sendiri umumnya akan relevan dengan konten blog kamu atau akan disesuaikan berdasarkan riwayat penelusuran orang yang tengah membuka laman blog kamu.
Seberapa banyak uang yang akan kamu peroleh dari Google Adsense kembali pada niche dan traffic yang ada di blog kamu. Semakin tinggi traffic ke blog tentu semakin tinggi pula peluang mendapatkan uang dari iklan yang ada pada blog tersebut. 
Itu sebabnya walau memasang iklan adalah salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang sederhana, namun metode monetiasasi blog yang satu ni bukan cara yang instan. 
Kamu perlu mengelola dan mengembangkan blog dengan baik agar semakin tinggi traffic yang datang dan  semakin besar juga kemungkinan memperoleh bayaran dari iklan yang terpasang di blog kamu .


2. Cara menghasilkan uang dari blog melalui affiliate marketing

Cara menghasilkan uang dari blog - EKRUT
Perhatikan agar penggunaan link afilliate marketing dalam blog tidak terlihat seperti spam - EKRUT
Melalui metode affiliate marketing, kamu akan mendapatkan komisi dengan menambahkan tautan afiliasi yang terlacak ke dalam teks blog kamu. 
Biasanya cara ini dapat kamu lakukan dengan menyebar link afiliasi di dalam postingan blog atau dengan menulis ulasan atau artikel yang dapat mendorong pengunjung blog untuk membeli produk atau melakukan pendaftaran ke situs yang kamu rekomendasikan melalui link tertentu.
Komisi akan didapatkan bila ada pengunjung blog yang mengklik tautan tersebut dan melakukan pembelian terhadap produk atau pendaftaran ke situs tersebut. 
Untuk melakukan monetisasi dengan cara ini, kamu bisa mengikuti program afiliasi yang biasanya ditawarkan perusahaan atau brand-brand tertentu. Tentu saja, jumlah komisi yang didapat  akan berbeda-beda tergantung dengan penawaran dalam program tersebut. 

3. Cara menghasilkan uang dari blog melalui sponsored content

Cara menghasilkan uang dari blog - EKRUT
Brand kerap menggunakan jasa blogger untuk memberi penawaran sponsored content - EKRUT
Cara menghasilkan uang dari blog lainnya adalah dengan membuat konten-konten yang disponsori atau berbayar. Biasanya perusahaan menggunakan dan membayar blogger untuk membuat artikel mengenai produk atau topik tertentu yang bisa dikaitkan dengan produk atau brand mereka. 
Sekilas memang cara ini mirip dengan cara affiliate marketing, namun keduanya memiliki sedikit perbedaan. 
Pada affiliate marketing kamu baru akan mendapat bayaran jika ada pengunjung yang mengklik tautan afiliasi, sementara pada konten yang disponsori ini biasanya kamu akan mendapat pembayaran langsung dari klien yang meminta jasamu untuk membuat konten iklan tersebut. 
Meski begitu perlu diingat bahwa umumnya metode monetisasi ini dapat kamu lakukan jika kamu sudah memiliki niche audiens yang kuat. Sebab, brand umumnya akan lebih tertarik untuk memberikan penawaran kerja sama konten sponsor tersebut dengan blogger yang memiliki basis pembaca yang kuat. 

4. Cara menghasilkan uang dari blog dengan menjual produk digital 

Cara menghasilkan uang dari blog - EKRUT
Buatlah produk digital dengan memanfaatkan skill dan pengetahuan yang kamu miliki - EKRUT
Manfaatkan skill dan pengetahuan kamu yang kuat dalam suatu bidang untuk membuat produk-produk digital yang dapat dijual melalui blog pribadimu.
Beberapa contohnya yaitu dengan menjual eBook, video tutorial, online course hingga workshop yang kamu kembangkan sendiri. 
Cara ini memang tidak mudah dan lebih memakan waktu. Kamu harus menentukan kemampuan atau pengetahuan apa yang benar-benar kamu kuasai dan dicari oleh orang-orang di luar sana, lalu mengembangkannya ke dalam produk-produk tersebut. Meski begitu cara ini juga baik untuk menunjang personal branding kamu.


5. Cara menghasilkan uang dari blog dengan menawarkan jasa/layanan

Cara menghasilkan uang dari blog - EKRUT
Gunakan blog sebagai penghubung antara kamu dan calon klien potensial - EKRUT
Blog juga dapat berfungsi sebagai portofolio yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan uang dari jasa atau layanan yang kamu tawarkan kepada klien. 
Beberapa layanan yang bisa kamu tawarkan melalui blog, misalnya:
  • Digital marketing 
Pada dasarnya mengelola blog lebih dari sekedar menulis dan menerbitkan artikel. Seiring membangun blog, kamu dapat mempelajari strategi media sosial, desain, SEO, content marketing dan berbagai hal lain dalam payung pemasaran digital. 
Pengalaman dan pengetahuan ini bisa menjadi peluang yang dapat kamu tawarkan bagi para pelaku bisnis lainnya. Misalnya kamu dapat menjangkau klien untuk menawarkan jasa untuk mengelola iklan, strategi SEO, atau strategi media sosial bagi bisnis mereka. 
  • Jasa penulis lepas 
Kamu sudah terbiasa menulis untuk blog kamu sendiri, jadi mengapa tidak membuka jasa penulisan untuk orang lain?
 Menawarkan jasa freelance writer menjadi cara yang bagus tidak hanya untuk mengembangkan keterampilan dan mendapatkan penghasilan tambahan, namun juga untuk membangun otoritas terutama jika kamu menulis untuk situs yang masih sesuai dengan niche kamu. 
Bagaimana? Semakin tertarik untuk mulai mengembangkan blog sendiri? Blog dapat menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan. 
Meski demikian, agar semua 5 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog di atas dapat berjalan maksimal pastikan kamu membuat dan membangun blog yang berkualitas terlebih dahulu, ya. 

Post a Comment for "5 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog"

Berlangganan via Email