Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Penyakit Wasir

Cara mengobati penyakit wasir agar tidak bertambah parah beragam. Wasir merupakan satu dari sekian banyak penyakit yang terbilang umum dialami orang. Penyakit yang satu ini umumnya muncul pada saat pembuluh darah area bawah rektrum dan anus membengkak. Untuk mengatasinya bisa melalui cara alami dan medis.


obati penyakit wasir

Faktor pemicu terjadinya wasir adalah adanya tekanan pada bagian bawah rongga perut. Apabila frekuensi tekanan berlebih, terjadi pembengkakan anus dan bawah rektrum. Sementara itu, penyebab tekanan yang berlebihan bervariasi. Antara lain sering sembelit yang menyebabkan seseorang mengejan keras pada saat BAB.

Penyebab lainnya adalah obesitas, diare, kehamilan, dan kurangnya asupan makanan tinggi serat. Secara umum, wasir dikategorikan sebagai penyakit ringan. Beberapa diantara kasus penyakit wasir tidak menimbulkan gejala. Namun, pada sebagian orang yang terkena wasir bisa menimbulkan gejala dengan karakteristik tertentu.

Cara mengobati penyakit wasir yang efektif dilakukan dengan mencermati setiap gejala yang muncul. Gejala yang acapkali muncul pada penderita wasir terdiri dari lima tanda. Gejala pertama adalah terjadinya pendarahan setelah buang air besar. Pada saat pendarahan darah terlihat berwarna merang terang.

Gejala kedua terdapat lendir setelah penderita BAB. Gejala ketiga benjolan terasa di area yang terkena wasir. Keempat yaitu rasa nyeri akibat pembengkakan di area anus. Terakhir yaitu rasa gatal yang mulai menyerang area anus. Empat cara alami dilakukan untuk mengobati wasir seperti di bawah ini.



Mengobati Wasir dengan Lidah Buaya

Cara mengobati penyakit wasir pertama yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya banyak dimanfaatkan sebagai pengisi halaman depan rumah. Tidak hanya itu, lidah buaya sudah sejak lama populer sebagai tanaman seribu manfaat. Hal ini mengingat manfaat yang diberikan oleh tanaman lidah buaya sangat besar.

Tanaman lidah buaya sejak dahulu digunakan untuk bahan kecantikan. Lebih dari itu, banyak produsen makanan yang menjadikan tanaman lidah buaya sebagai produk unggulan. Dalam kesehatan lidah buaya juga memiliki peran besar. Salah satunya untuk mengatasi wasir yang menyerang kebanyakan orang.

Cara mengobati penyakit wasir dengan lidah buaya sangat mudah. Lidah buaya memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan saat wasir. Tanaman tersebut juga berperan meringankan rasa gatal dan perih yang dirasakan di area anus. Lidah buaya dapat digunakan untuk memulihkan penderita wasir yang mengalami luka.

Untuk mengobati wasir, penderita dapat menggunakan gel yang memiliki kandungan ekstrak lidah buaya. Gel dioleskan pada area anus yang sudah mengalami pembengkakan dikarenakan wasir. Terdapat cara lain selain menggunakan krim maupun gel tersebut. Anda dapat mengoleskan lidah buaya yang terlebih dahulu dihaluskan.

Bagian yang perlu diolesi lidah buaya adalah area anus. Anda juga dapat mengolesi bagian lain yang mengalami pembengkakan akibat wasir. Pengolesan dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Cara mengobati penyakit wasir tersebut terus dilakukan sampai gejala yang muncul membaik.

Mengobati Wasir dengan Witch Hazel

Tanaman herbal lainnya yang mempunyai peran besar terhadap pengobatan wasir secara alami yaitu witch hazel. Mungkin istilah tanaman tersebut masih terdengar asing bagi masyarakat luas di tanah air. Namun, sebenarnya tanaman tersebut dikenal beberapa kalangan sebagai obat alami wasir yang aman.

Witch hazel efektif mengurangi beberapa efek yang muncul akibat wasir. Seperti misalnya rasa perih, gatal dan nyeri pada penderita wasir. Cara mengobati penyakit wasir dengan memanfaatkan witch hazel bisa melalui krim maupun salep. Witch hazel sendiri merupakan tanaman multifungsi yang mempunyai ragam kandungan.

Kandungan yang bagus pada tanaman witch hazel untuk mengobati wasir seperti misalnya minyak alami dan tanin. Secara umum kandungan tersebut bekerja dengan mengurangi perandangan pada penderita wasir. Kandungannya juga memiliki khasiat mengurangi iritasi akibat pembengkakan di bagian anus saat terjadi wasir.

Cara mengobati penyakit wasir juga bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Hal ini menjadi solusi jika Anda tidak menemukan salep dengan kandungan tersebut. Terlebih saat Anda dipusingkan dengan rasa ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penyakit wasir. Anda dapat mengobatinya dengan langsung menggunakan tanaman witch hazel.

Pengaplikasiannya tetap harus memperhatikan keamanan. Bubuhkan langsung witch hazel pada bagian yang terkena dampak wasir. Untuk membubuhkannya Anda perlu memanfaatkan kapas yang dibentuk layaknya bola berukuran kecil. Tujuannya adalah kandungan tanaman tersebut bisa tersebar secara merata. Sifat hemostatik witch hazel dipercaya menghentikan pendarahan saat wasir.

Mengobati Wasir dengan Air Hangat

Cara mengobati penyakit wasir yang sederhana adalah dengan menggunakan air hangat. Langkah yang satu ini memang terlihat familiar. Secara umum air hangat sering kali digunakan sebagai langkah perawatan beragam penyakit. Dalam kesehatan air hangat tidak hanya efektif merelaksasi tubuh Anda saja.  

Hampir setiap orang menggunakan air hangat sebagai sarana untuk merelaksasi tubuh. Apalagi bagi kalangan yang memiliki aktivitas padat. Seperti salah satunya pulang kantor pada malam hari. Mandi menggunakan air hangat dipercaya membuat tubuh lebih segar. Hal ini karena otot tubuh terelaksasi secara otomatis.

Memiliki kebiasaan mandi menggunakan air panas juga termasuk hal yang baik. Bagi penderita wasir tentunya air panas bisa menjadi alternatif pengobatan secara alami. Lebih dari itu cara mengobati penyakit wasir dengan air hangat mudah dilakukan. Air panas mudah didapat di setiap rumah.

Langkah pengobatannya dapat diaplikasikan dengan merendam area sekitar anus. Rendamlah bagian yang terdampak penyakit wasir seperti area anus menggunakan air hangat. Fungsinya adalah untuk membantu meredakan rasa nyeri, gatal dan iritasi di sekitar anus. Pengaplikasiannya efektif saat Anda hendak mandi.

Terlebih dahulu siapkan bak mandi yang sudah berisi air hangat. Kemudian Anda dapat duduk di dalam bak mandi tersebut. Merendam bagian bawah tubuh dapat dilakukan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian keringkan area anus dengan menggunakan handuk yang bersih dan berbulu halus.

Mengobati Wasir dengan Es Batu

Satu lagi cara mengobati penyakit wasir yaitu menggunakan es batu. Semua orang mengenalnya sebagai tambahan beragam minuman. Sesuai dengan namanya es batu terbentuk dari air yang dibekukan. Terdapat beragam cara untuk membekukan air menjadi gumpalan es batu. Ukurannya bermacam-macam tergantung dari selera orang yang membuatnya.

Pada era modern seperti sekarang ini tidak sulit mendapatkan beberapa potong es batu. Lebih-lebih kini sudah bermunculan elektronik layaknya kulkas. Sehingga es batu sangat mudah ditemukan di setiap rumah. Apabila harus membeli maka harganya pun cenderung terjangkau bagi semua kalangan.

Bagaimana es batu bisa membantu penderita wasir? Tahukah Anda bahwa es batu efektif membantu meredakan rasa nyeri hingga pembengkakan saat terjadi wasir. Pengobatan penyakit wasir dengan es batu adalah melalui kompresan. Anda dapat mengompres area anus terutama yang terasa nyeri.

Kompres menggunakan es batu sebaiknya dilakukan paling tidak selama 15 menit. Namun, dalam melakukannya Anda perlu mempertimbangkan sisi keamanan. Sebaiknya bungkus balok es kecil menggunakan kain bersih dan berserat halus. Alasannya agar kain tersebut tidak melukai bagian anus yang terasa nyeri.

Beragam pengobatan, salah satunya herbal dipercaya mengusir wasir. Menggunakan bahan alami untuk mengobati wasir seperti di atas terbilang aman. Pencegahan juga perlu diterapkan agar wasir tidak datang kembali. Sehingga pengobatan lebih maksimal dilakukan. Pemeriksaan dokter diperlukan apabila gejala memburuk setelah melakukan Cara mengobati penyakit wasir.

 

Post a Comment for "Cara Mengobati Penyakit Wasir"

Berlangganan via Email