Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Penyakit Sesak Napas

Cara mengobati penyakit sesak napas dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Sesak napas merupakan keadaan tubuh yang sulit bernapas karena pasukan udara yang masuk ke paru-paru berkurang. Kondisi ini terjadi saat bagian tubuh harus bekerja ekstra karena oksigen sebagai udara yang masuk berkurang.



Cara mengobati penyakit sesak napas

Pernapasan yang normal terjadi saat udara masuk ke paru-paru dan keluar kembali. Sistem pernapasan manusia terdiri dari paru-paru, jaringan otot, diafragma, pusat pernapasan otak, otot dinding dada, reseptor kimia dan mekanis, molekul impuls saraf dan pembuluh darah. Jika pasokan oksigen berkurang tentu akan menyebabkan pernapasan terganggu.

Semua makhluk hidup tidak bisa hidup tanpa bernapas, termasuk manusia. Oleh karena itu, saat sistem pernapasan terganggu, segera lakukan penanganan yang tepat. Cara mengobati penyakit sesak napas harus disesuaikan dengan kondisi pasien dan riwayat kesehatannya. Karena sesak napas bisa menyebabkan penyakit lain salah satunya maag.

Penyebab Sesak Napas Secara Medis

Saat kondisi tubuh terlalu ekstrem dapat memicu terjadinya gangguan pernapasan. Terutama saat olahraga atau beraktivitas yang terlalu berat, pernapasan tidak dapat mengalir dengan baik. Sehingga membuat Anda mengalami gejala sesak napas. Kelebihan berat badan atau obesitas juga bisa menyebabkan sesak napas.

Kondisi tubuh yang tidak sehat bisa menyebabkan gangguan pernapasan atau sesak napas. Diantaranya saat pilek atau flu, asma, alergi, dan infeksi pada saluran pernapasan. Infeksi virus juga bisa menyebabkan gangguan sesak napas, karena saluran pernapasan terhambat karena adanya virus atau bakteri.

Cara mengobati penyakit sesak napas harus memperhatikan penyebab dan gejala yang terjadi. Karena gangguan sesak napas bisa terjadi saat tekanan darah rendah atau anemia, serta gangguan pada jantung. Jika penyakit ini disebabkan karena gangguan jantung, bisa berlangsung lama atau dikenal dengan kronik.

Penyebab yang paling sering terjadi adalah gangguan pada paru-paru. Gangguan pada organ pernapasan tersebut sangat beragam, diantaranya asma, efusi pleura, pneumonia, dan emboli paru. Termasuk penyakit dalam yang berbahaya yaitu kanker paru-paru dan obstruktif kronis.

Gangguan pada sistem pernapasan karena faktor medis membutuhkan pemeriksaan dokter. Karena dikhawatirkan meningkatkan risiko penyakit lain yang lebih serius. Karena tubuh manusia sangat rentan terserang virus dan bakteri jika imunitas sedang menurun. Cara mengobati penyakit sesak napas adalah selalu menjaga kesehatan tubuh.

Penyebab Sesak Napas Karena Fobia

Selain karena faktor kesehatan dan kondisi tubuh yang tidak sehat, sesak napas juga bisa terjadi karena faktor fobia. Saat seseorang mempunyai ketakutan akan sesuatu bisa membuat sistem pernapasan menjadi terganggu. Sehingga menimbulkan gangguan sesak napas atau bahkan asma.

Tidak sedikit orang yang takut akan ketinggian, terutama jika lebih dari 1500 meter. Saat berada di tempat tersebut, Anda bisa mengalami sesak napas karena faktor psikologi. Oleh karena itu, hindari sesuatu yang membuat Anda takut atau cemas berlebihan. Karena bisa menyebabkan gangguan sistem pernapasan yang berujung sesak napas.

Jika Anda mengalami gejala sesak napas, segera konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat. Cara mengobati penyakit sesak napas bisa menggunakan obat yang diresepkan dokter. Dengan syarat sudah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sesuai diagnosis yang diberikan.

Sesak napas bisa menyebabkan penyakit yang serius dan berbahaya. Terutama saat tubuh mulai menggigil, demam tinggi, batuk dan bibir berwarna biru. Kondisi tersebut adalah tanda akan kondisi medis yang semakin menurun. Sesak napas juga bisa disebabkan karena faktor riwayat kesehatan, diantaranya stress dan panik berlebihan.  

Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat

Gangguan sesak napas yang disebabkan karena kondisi darurat medis harus ditangani secara medis pula. Karena kondisi tersebut bisa menyebabkan komplikasi yang lebih berbahaya. Cara mengobati penyakit sesak napas tanpa menggunakan obat-obatan adalah:

1.      Pursed-lip Breathing

Teknik bernapas ini dapat menjadi alternatif utama untuk mengobati sesak napas secara sederhana. Pursed-lip Breathing bertujuan untuk memperlambat kecepatan perpanasan agar tetap stabil dan normal. Cara ini dilakukan dengan mengangkat benda, membungkuk atau menaiki tangga. Sehingga otot leher dan bahu akan terelaksasi dengan baik.

Saat Anda menghirup udara, tutup mulut dan ambil napas perlahan melalui  hidung. Hidup udara dalam dua hitungan dengan cara tersebut dan buang napas secara perlahan. Saat membuang napas tersebut lakukan melalui celah bibir dalam hitungan keempat.

 

2.      Posisi Duduk Membungkuk

Terapi alami selanjutnya dengan mengubah posisi duduk sedikit membungkuk ke depan. Posisi tersebut dalam membuat tubuh lebih rileks dan pernapasan stabil kembali. Pada saat posisi duduk ini, letakan siku dengan menahan dagu dan pastikan otot leher Anda tetap rileks dan nyaman.

Cara mengobati penyakit sesak napas dengan terapi ini bisa dilakukan dengan bertumpu pada meja. Gunakan bantal untuk menyangga kepala agar lebih nyaman dan aman. Letakan lengan dan kepala pada meja tersebut dengan nyaman untuk beberapa menit.

3.      Pernapasan Diafragma

Anda juga bisa melakukan pernapasan diafragma untuk mengatasi gangguan sesak napas. Cara ini dapat memberikan penekanan pada hembusan napas sehingga pernapasan bisa lebih nyaman. Pernapasan diafragma dilakukan dengan duduk di kursi dan melemaskan bahu, leher, lutut dan kepala.

Satu tangan diletakan pada perut dan satunya di depan dada. Lalu ambil napas secara perlahan melalui hidung sampai tangan Anda merasakan hembusan napas tersebut. selanjutnya buang napas melalui mulut secara perlahan dengan bibir mengerucut. Lakukan pernapasan ini selama lima menit sampai Anda merasakan lebih rileks.

Cara Mengobati Sesak Napas di Rumah

Gangguan sesak napas bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. oleh karena itu, Anda bisa mengatasi gangguan tersebut di rumah dengan mengubah pola hidup. Sesak napas yang terjadi karena faktor psikogis bisa disembuhkan tanpa pengobatan. Karena penyakit ini sangat umum dan bisa disebabkan faktor ketakutan yang berlebihan.

Cara mengobati penyakit sesak napas bisa dimulai dengan menenangkan pikiran dan emosi. Saat tubuh sedang labil atau emosi meningkat, pernapasan menjadi tidak beraturan. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan sistem pernapasan yang memicu sesak napas. Tenangkan pikiran Anda agar tidak memicu stres yang membuat gangguan semakin parah.

Sesak napas juga diredakan melalui Cara mengobati penyakit sesak napas dengan memanfaatkan bantuan udara sejuk dari kipas angin. Anda bisa melakukan cara ini di rumah dengan menyalakan kipas angin dalam kecepatan sedang. Bernapaslah seperti biasa dan tetap jaga kebersihan kipas agar tidak terkena debu.

Pastikan Anda tidak terlalu dekat dengan kipas tersebut dan kecepatan tidak terlalu tinggi. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat di rumah. Hal ini sangat membantu Anda terhindari gangguan pernapasan. Hindari asap rokok yang membuat pernapasan menjadi tidak nyaman. Hindari juga paparan udara yang kotor, terutama saat lingkungan sedang berdebu atau berpolusi.

Sesak napas bisa mereda tanpa pengobatan medis di rumah sakit. Dengan menjaga pola makan, pola tidur, dan aktivitas yang baik dapat membantu Anda mengatasi gangguan pernapasan. Cara mengobati penyakit sesak napas bisa dilakukan di rumah dengan tetap menerapkan prosedur kesehatan.


Post a Comment for "Cara Mengobati Penyakit Sesak Napas"

Berlangganan via Email