Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan

Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan


Cara mengobati penyakit radang tenggorokan berikut berguna bagi Anda untuk dapat melakukan penanganan lebih awal jika mengalami keluhan sakit ini. Sakit tenggorokan memang tidak dapat disepelekan begitu saja. Penderita sakit tenggorokan akan kesulitan untuk beraktivitas sehari-hari karena memang tidak nyaman.

Hanya sekadar minum serta makan saja, rasanya sulit dan sakit. Sakit tenggorokan merupakan rasa sakit yang dialami pada daerah amandel, faring, serta laring. Rasa yang diderita pada umumnya adalah sakit serta panas, sehingga akan sulit untuk menikmati dan mencerna makanan.

Penyebab umum sakit tenggorokan biasanya virus serta bakteri. Namun juga bisa disebabkan alergi, udara kering, polusi udara, serta kondisi asam lambung yang naik. Dengan melakukan pengobatan yang tepat tentu Anda akan segera sembuh dari penyakit ini.

Minum Ramuan Madu dan Kayu Manis

Cara mengobati penyakit radang tenggorokan secara alami dapat dilakukan dengan larutan kayu manis. Kayu manis sering kali digunakan dalam pembuatan makanan, termasuk untuk pembuatan kue. Namun Anda dapat memanfaatkan kayu manis sebagai obat untuk pelega tenggorokan.

Kandungan kayu manis berupa antimikroba dapat berguna melawan bakteri di tenggorokan. Kandungan antimikroba tersebut akan menghambat pertumbuhan beragam mikroorganisme pada tenggorokan. Pembengkakan pun bisa kempes atau mengecil dengan memanfaatkan kandungan di kayu manis.

Secara bertahap, rasa nyeri serta rasa panas akibat radang tenggorokan bisa berkurang. Konsumsilah larutan kayu manis secara rutin 2 hingga 3 kali dalam sehari selama satu minggu. Cara mengobati penyakit radang tenggorokan dengan kayu manis cukup mudah.

Bubuk kayu manis dilarutkan pada air panas sebanyak satu gelas. Untuk lebih nikmat, Anda bisa memasukkan satu sendok makan madu. Aduk perlahan hingga semua komponen larut. Selagi panas, Anda dapat menghirup uapnya untuk melegakan tenggorokan. Setelah mulai hangat, barulah Anda meminumnya.

Konsumsi Banyak Air Putih

Radang tenggorokan memerlukan banyak cairan supaya meringankan luka dan sakit yang dirasakan. Oleh sebab itu perlu memberikan asupan yang cukup untuk cairan tubuh. Kekurangan cairan dalam tubuh mengakibatkan terhambatnya produksi air liur serta lendir.

Akibatnya tenggorokan kurang lembap dan menjadi kering sehingga rentan radang dan luka. Konsumsi banyak air putih merupakan Cara mengobati penyakit radang tenggorokan yang paling mudah. Perbanyaklah minum air hingga air urin Anda berwarna jernih.

Bila air urin berwarna kuning, itu berarti Anda kurang minum air putih. Cairan yang cukup akan membuat tubuh bekerja dalam melawan mikroorganisme. Tubuh pun menjadi lebih kebal. Meningkatkan cairan tubuh paling baik adalah dengan minum air putih yang cukup.

Namun Anda juga bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan cairan, seperti sup hangat, teh hangat serta minuman jahe hangat. Nutrisi cair dapat diperoleh dari makanan serta minuman tersebut sehingga cairan dalam tubuh pun cukup untuk membangun imun yang kuat.

Hindari Kebiasaan Merokok

Bisa jadi Anda terserang sakit tenggorokan karena menghirup asap rokok. Bagi Anda perokok aktif maupun perokok pasif, cara mengobati penyakit radang tenggorokan yang tepat adalah menghindari asap rokok. Zat yang terkandung pada asap rokok memang membuat dinding pada tenggorokan mudah terluka.

Berhentilah merokok serta mengonsumsi beragam produk tembakau. Bagi Anda perokok pasif, hindari paparan asap rokok yang dapat melukai tenggorokan. Asap rokok memang berbahaya karena memiliki kandungan kimia bersifat racun. Bahkan dalam kasus parah dapat mengakibatkan luka yang terus berubah menjadi kanker.

Gunakan Air Hangat ketika Mandi

Anda dianjurkan untuk mandi dengan menggunakan air hangat ketika sakit tenggorokan. Cara mengobati penyakit radang tenggorokan dengan mandi dengan air hangat memang cara yang nyaman dan mudah dilakukan. Air hangat berfungsi untuk melegakan tenggorokan serta tubuh Anda.

Dengan cara ini radang tenggorokan serta hidung yang mampet akan terasa lebih longgar dan nyaman. Anda dapat juga memanfaatkan sebuah baskom besar berisi air hangat. Uap air dari baskom tersebut Anda hirup dengan cara menarik napas dengan dalam.

Ulangi beberapa kali selama beberapa menit. Hal ini dapat melegakan tenggorokan Anda Udara lembap dari air panas tersebut meringankan rasa sakit bila Anda hirup dengan napas dalam. Selama sakit gunakan air hangat sebagai pengganti air dingin.

Cara mengobati penyakit radang tenggorokan ini digunakan karena biasanya sakit tenggorokan disebabkan oleh sirkulasi udara yang tidak lancar sehingga menghirup udara kering. Menghirup udara yang lembap dari air hangat dapat menjadi pelega tenggorokan. Anda juga bisa menggunakan humidifier supaya udara lebih lembap.

Berkumur dengan Larutan Garam

Anda pasti memiliki garam di rumah. Manfaatkan garam untuk menjadi obat kumur alami pereda sakit tenggorokan. Larutan alami ini memang sudah terbukti manjur dalam mengobati nyeri ketika sakit tenggorokan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan larutan garam secara rutin beberapa kali dalam satu hari dapat mengempeskan bengkak tenggorokan.

Selain itu larutan garam juga dapat berfungsi sebagai pencair lendir. Tenggorokan akan lebih bersih karena dibilas oleh larutan garam. Iritasi pada tenggorokan juga dapat berkurang sehingga secara bertahap rasa nyeri pada tenggorokan akan berkurang. Cara mengobati penyakit radang tenggorokan dengan larutan garam cukup umum digunakan karena mudah dan manjur.

Anda dapat membuat larutan garam dengan komposisi garam sesendok teh untuk segelas air yang hangat. Larutkan dengan cara diaduk pelan kemudian gunakan untuk berkumur. Anda dapat berkumur beberapa kali supaya tenggorokan cepat pulih. Bila rasa larutan terlalu asin, Anda dapat mencampurkan dengan madu sedikit pada larutan garam.

Sterilkan Tenggorokan dengan Cuka Apel

Bila Anda mempunyai cuka Apel di rumah, gunakan sebagai Cara mengobati penyakit radang tenggorokan alami. Cuka Apel merupakan larutan asam sehingga dapat berfungsi sebagai pembersih tenggorokan dari virus serta bakteri.

Mikroorganisme tidak suka hidup pada kondisi asam. Anda bisa membuat ramuan cuka apel dicampur madu dengan perbandingan 1:1. Anda juga dapat memanfaatkan cuka Apel bersama dengan garam.

Caranya larutkan 1 sendok cuka apel pada air hangat sebanyak satu gelas. Kemudian campurkan larutan dengan 2 sendok garam dan aduk hingga larut. Larutan ini dapat dipakai sebagai obat kumur alami. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan beberapa kali dalam satu hari.

Istirahat yang Cukup

Cara mengobati penyakit radang tenggorokan namun sering disepelekan yaitu beristirahat dengan cukup. Waktu istirahat yang cukup merupakan pengobatan alami bagi radang tenggorokan. Tubuh memerlukan tenaga dalam melawan virus maupun bakteri penyebab tenggorokan. Oleh karena itu diperlukan istirahat supaya tubuh dapat membangun sistem imun yang kuat.

Sering kali radang tenggorokan juga disertai dengan demam. Maka penting bagi Anda untuk beristirahat supaya kondisi tenggorokan kembali pulih. Tidak hanya istirahat tubuh, Anda juga perlu mengistirahatkan tenggorokan. Jeda atau hentikan dulu kegiatan yang memberatkan organ tenggorokan serta pita suara seperti berteriak.

Dengan begitu waktu pemulihan akan lebih cepat dan Anda bisa kembali mendapatkan kesehatan tenggorokan. Sakit tenggorokan memang wajar dialami setiap orang. Biasanya gejala yang dialami berupa serak, demam, batuk, bersin, amandel memerah dan sakit saat menelan maupun bicara.

Dalam beberapa kasus, sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya selama kurang dari satu minggu. Untuk mempercepat proses pemulihan radang tenggorokan, Anda dapat menggunakan Cara mengobati penyakit radang tenggorokan di atas.


Post a Comment for "Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan"

Berlangganan via Email