Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Penyakit Maag

Pola hidup sehat merupakan cara mengobati penyakit maag yang paling efektif tanpa mengeluarkan biaya mahal. Penyakit maag bisa terjadi pada siapa saja dan rentan terjadi di semua kalangan. Di Indonesia sendiri, ada sekitar 7000 kasus yang berkaitan dengan penyakit ini.

Di mana 85% dari kasus tersebut adalah kondisi maag yang tidak diketahui penyebabnya. Maag merupakan penyakit yang terjadi pada lambung karena kondisi tertentu. Saat lambung mengalami masalah, tentu akan menyebabkan rasa sakit, nyeri dan panas. Saat tukak lambung terdapat luka terbuka, atau infeksi bakteri bisa memicu munculnya sakit maag.


Cara Mengobati Penyakit Maag

Sakit maag dapat disembuhkan dengan mudah namun bisa berisiko tinggi jika dibiarkan begitu saja. oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara mengobati penyakit maag yang benar dan tepat sesuai prosedur kedokteran. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan jika muncul gejala maag sebelum bertambah parah.

Gejala dari Penyakit Maag

Maag sering kali menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada lambung dan ulu hati. Saat kondisi semakin memburuk, akan muncul gejala mual dan muntah. Sehingga membuat Anda tidak bisa melakukan aktivitas. Gejala tersebut disertai dengan rasa sulit saat menelan yang membuat sistem pencernaan terganggu.

Gejala maag bisa semakin parah jika penderita mengalami stress, terutama pada orang dewasa. Karena stres bisa memperparah penyakit tersebut bahkan menimbulkan komplikasi. Gejala lain ditandai pada area perut yang kembung dan sering bersendawa. Jika gejala tersebut mulai terasa, segera periksakan ke dokter sebelum muncul gejala lain yang semakin parah.

Cara mengobati penyakit maag yang paling utama adalah lakukan pemeriksaan ke dokter setelah gejala dirasakan. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akan memberikan diagnosis atas kondisi Anda. Sehingga maag bisa diatasi dengan tepat sesuai kondisi dan tingkat keparahannya. Faktor lain yang memicu penyakit maag adalah faktor makanan.

Saat konsumsi makanan tidak teratur dan sembarangan, sistem pencernaan akan mudah terganggu. Sehingga memicu rasa panas pada perut bagian atas dan bagian tengah dada setelah makan. Maag juga sering muncul saat asam lambung naik ke bagian kerongkongan karena asupan makanan yang tidak diperhatikan.

Penyebab yang Bisa Memicu Penyakit Maag

Lambung sangat perperan penting dalam sistem pencernaan manusia. Di mana setiap makanan yang masuk dalam mulut akan menuju lambung untuk dicerna. Pencernaan makanan secara kimiawi dibantu dengan renin dan enzim pepsin yang bercampur dengan asam lambung atau HCl.

Penyebab gangguan pada lambung adalah asupan makanan yang tidak diperhatikan. Salah satunya terlalu sering makan makanan pedas yang memicu asam lambung. Jika sudah muncul gejala maag, cara mengobati penyakit maag tersebut bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan pedas, dan perbanyak minum air putih.

Saat lambung mengalami gangguan, bagian mukosa akan mengalami kerusakan. Sehingga menimbulkan rasa nyeri dan sakit yang memicu terjadinya maag. Jika kondisi tersebut sering terjadi, mukosa akan pecah karena asam lambung yang menyebabkan peradangan. Dari peradangan tersebut membuat ujung saraf lebih peka dan nyeri hingga menjadi maag.

Selain makanan pedas, makanan berlemak tinggi juga bisa memicu asam lambung. Oleh karena itu, kurangi makanan yang mengandung lemak tinggi dan pedas. Karena mayoritas masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari makanan tersebut. Hal ini menjadi tantangan sendiri bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat.

Cara Mengobati Penyakit Maag yang Perlu Diketahui

Pengobatan maag harus disesuaikan dengan tingkat keparahan dan penyebabnya. Maag ringan bisa disembuhkan dengan cepat tanpa pengobatan khusus yaitu perubahan pola hidup.

1.      Hindari Minuman Beralkohol dan Kafein

Minuman yang mengandung alkohol juga dapat memicu gejala maag. Minuman yang mengandung kafein juga tidak baik untuk penderita maag. Karena dapat mengganggu sistem pencernaan dan memicu penyakit maag. Kafein terdapat dalam kopi dan rokok, sehingga berhentilah merokok.

2.      Hindari Makanan Pedas dan Berlemak

Cara mengobati penyakit maag adalah menjaga asupan makanan. Penyebab maag salah satunya asam lambung naik karena makanan pedas dan berlemak. Oleh karena itu, kurangi asupan makanan tersebut agar asam lambung tetap stabil dan normal.

3.       Istirahat Cukup dan Olahraga Teratur

Pola hidup sehat tidak hanya memperbaiki asupan makanan saja. Anda juga harus memperhatikan waktu istirahat. Waktu tidur yang baik minimal 7 jam setiap malam agar sakit maag bisa mereda. Jangan lupa berolahraga secara teratur agar tubuh tetap sehat dan fit.

Jika maag sudah bertambah parah, maka cara mengobati penyakit maag bisa dilakukan dengan konsumsi obat. Namun, obat yang dikonsumsi harus diresepkan oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan. Obat maag yang bisa meredakan sakit dan nyeri diantaranya antagonis reseptor H-2, inhibitor pompa proton dan obat golongan antasida.

Pengobatan dengan Mengubah Gaya Hidup

Selain pengobatan di atas, Anda juga haru mengubah gaya hidup agar maag tidak kambuh kembali. Meski gejala yang dirasakan masih ringan, segera lakukan pencegahan sebelum maag bertambah parah. Karena penyakit ini bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya, jika Anda melakukan pencegahan yang tepat.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah ubah pola makan Anda. Makanlah dengan perlahan dan tidak terburu-buru. Pastikan porsi makanan cukup dan tidak berlebihan agar pencernaan tetap normal. Pilihlah makanan yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi, jangan mengonsumsi makanan pedas dan berlemak.

Cara mengobatipenyakit maag bisa dilakukan dengan mengelola stres dengan bermeditasi. Karena stres bisa menyebabkan maag dan gangguan pada sistem saraf. Hindari tidur atau berbaring setelah makan, dan jangan berolahraga saat perut sedang penuh. Kegiatan tersebut sering dilupakan sehingga memicu risiko maag.

Mengobati Maag dengan Racikan Herbal

Jika Anda ingin mengobati maag dengan cara herbal, maka gunakan jahe untuk mengurangi asam lambung. Dengan mengonsumsi teh dari olahan jahe ini dijamin Anda akan merasa baikan. Cara mengobati penyakit maag ini adalah dengan merebus beberapa potong jahe hingga aroma khas jahe keluar.

Setelah itu jika ingin mengonsumsinya Anda bisa menambahkan perasa alami seperti gula atau madu. Ramuan alami ini siap untuk dikonsumsi. Namun, selain jahe Anda juga bisa menggunakan madu. selain sebagai campuran teh jahe ini, ternyata Anda bisa mengonsumsinya sendiri untuk mengobati maag.

Terdapat banyak kandungan alami dari madu yang akan membantu meringankan penyakit maag. Anda bisa mengonsumsi satu sendok madu untuk mengobati maag. Selain itu, Anda bisa juga mencampurnya dengan beberapa racikan obat herbal lain dengan takaran yang pas.

Faktor Risiko Penyakit Maag

Maag bisa menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin dan usia. Karena penyakit ini berkaitan dengan sistem pencernaan makanan dalam tubuh. Risiko maag akan semakin tinggi jika terjadi masalah emosional, seperti depresi, stres dan kecemasan. Saat tubuh sedang tidak sehat dan pikiran tidak terkontrol, Helicobactery pylori mudah masuk.

Bagi pasien yang mengonsumsi obat anti inflamasi nonstreroid juga berisiko tinggi terkena maag karena efek samping dari obat tersebut. Penderita obesitas dan terlalu banyak makan dalam porsi tinggi. Terutama terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, berminyak dan pedas.

Saat muncul rasa nyeri pada lambung, jangan sembarangan mengonsumsi obat. Karena konsumsi obat bisa menyebabkan maag semakin parah. Sehingga selalu terapkan pola hidup sehat agar terbebas dari berbagai penyakit, salah satunya maag. Karena cara mengobati penyakit maag paling utama adalah tubuh yang sehat.

Post a Comment for "Cara Mengobati Penyakit Maag"

Berlangganan via Email