Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Penyakit Liver

Cara Mengobati Penyakit Liver


Ada beberapa cara mengobati penyakit liver yang bisa diterapkan sesuai dengan jenis penyakitnya. Liver atau hati adalah organ yang cepat beregenerasi mengganti beberapa sel rusak. Tetapi apabila sel rusak berjumlah banyak, maka dapat mengganggu fungsi hati.

Kerusakan ringan mungkin belum terlalu mengganggu fungsi hati. Namun hingga kerusakan sampai 75 persen, fungsi hati mulai menurun. Fungsi organ liver akan mengalami penurunan dengan bertahap. Pada tahap awal, ditandai dengan adanya radang di sel hati.

Pada tahap kedua, liver akan tumbuh jaringan parut untuk mengobati luka. Tetapi jaringan ini akan mengganggu fungsi liver. Di tahap ketiga, liver mengalami kerusakan karena fibrosis menumpuk. Di tahap ke empat, liver sudah rusak total.

Ada beragam jenis penyakit liver. Penyakit liver dibedakan berdasarkan penyebabnya. Misalnya disebabkan oleh alkohol, konsumsi makanan berlemak, gangguan pada sel hati, faktor keturunan, serta bisa juga hepatitis. Cara mengobati penyakit liver pun berbeda bergantung dengan tiap jenis serta penyebabnya.

Secara umum penyakit liver memiliki gejala seperti mual dan menurunnya gairah makan. Penderita mudah lelah meskipun tidak beraktivitas berat. Warna feses tergolong pucat serta warna urin cenderung gelap. Pada bagian perut atas bengkak dan nyeri. Bila mengalami gejala tersebut, segera periksa kepada dokter. Berikut ini beberapa pengobatan yang bisa diusahakan oleh para penderita liver.

Pengobatan yang Dilakukan Secara Medis

Cara mengobati penyakit liver memang tergantung berdasarkan penyebab serta kondisi keparahan liver. Hal tersebut tidak bisa dideteksi oleh orang awam. Untuk itu bila mengalami gejala umum disarankan memeriksakan kepada pihak medis terdekat. Penanganan medis yang dilakukan sejak awal akan lebih besar kemungkinannya untuk sembuh.

Dokter akan melakukan pemeriksaan serta riwayat dari kesehatan pasien. Untuk penegakan diagnosis, dokter juga menentukan seberapa parah kondisi liver pasien. Pemeriksaan dilakukan melalui tes darah, perhitungan kadar amonia, sel serta beragam pemeriksaan lain. Setelah ditentukan diagnosis yang tepat maka akan dapat ditentukan pengobatan serta obat yang cocok.

Cara mengobati penyakit liver yang paling utama adalah dengan pengobatan medis. Dokter dan tim medis tentu memiliki pengobatan yang sudah diuji. Beragam pengobatan serta obat dengan dosis tertentu akan baik bagi penyembuhan pasien. Apabila mencapai kerusakan tertentu, dokter dapat melakukan penanganan operasi maupun transplantasi bila gagal liver.

Konsumsi Temulawak untuk Obati Liver

Cara mengobati penyakit liver dapat dilakukan dengan memanfaatkan rempah temulawak. Temulawak merupakan salah satu toga yang memiliki bentuk yang mirip kunyit dan berwarna kuning. Rempah bernama latin Curcuma ini dikenal berkhasiat untuk menangani gangguan pada organ liver.

Senyawa protein, lemak, serta kurkuminoid dapat berguna sebagai pelindung liver. Dengan mengonsumsi temulawak, senyawa yang ada di dalamnya dapat berfungsi melindungi hati dari hepatotoksik. Hepatotoksik merupakan jenis bahan kimia racun yang merusak liver.

Selain itu hepatotoksik juga dapat mengganggu fungsi organ liver. Bila dikonsumsi teratur, maka liver dapat berangsur pulih. Tetapi tidak semua penyakit organ hati dapat sembuh menggunakan cara mengobati penyakit liver dengan temulawak saja.

Proses penyembuhan liver bergantung dari jenis serta penyebab penyakitnya. Apabila penyakit liver disebabkan oleh virus seperti hepatitis, temulawak hanya dapat berfungsi sebagai perlindungan saja. Selebihnya perlu penanganan dan obat-obatan medis untuk mengobati liver yang mengalami gangguan.

Perbanyak Cairan Tubuh untuk Mengurangi Beban Liver

Bila tubuh kekurangan cairan, maka beban kerja liver akan bertambah dan bisa membahayakan kesehatannya. Tentu akan memperberat kerja liver. Terlebih lagi tubuh terdiri dari cairan. Apabila kekurangan cairan, sistem liver akan rusak lebih parah.

Maka perlu untuk mengonsumsi air putih yang cukup dalam satu hari. Air putih memang baik dalam menjaga kesehatan. Beberapa penyakit liver seperti sirosis akan memiliki penumpukan cairan (asites). Beberapa mungkin menyangka bahwa minum banyak air putih akan membuat asites lebih parah.

Kenyataannya, asites tidak disebabkan dengan konsumsi air, tetapi kadar garam yang masuk ke dalam tubuh. Selain cairan, cara mengobati penyakit liver yaitu dengan mengurangi kadar garam mineral. Maka bagi penderita liver tidak perlu melakukan diet air, tetapi yang perlu dilakukan adalah diet garam.

Minum air yang cukup membuat tubuh tidak dehidrasi dan malah membantu detoksifikasi pada liver. Liver akan berfungsi lebih baik apabila Anda mengonsumsi air yang cukup setiap harinya. Mulailah disiplin mengonsumsi asupan cairan cukup dan mengurangi garam.

Mengubah Pola Hidup Sebagai Pengobatan Jangka Panjang

Pola hidup tidak teratur serta buruk tentu dapat merusak fungsi liver. Misalnya mengonsumsi minuman beralkohol dapat membuat fungsi hati menurun. Alkohol bersifat racun bahkan bisa mematikan sel-sel yang ada pada liver. Kandungan alkohol akan membuat liver bekerja lebih keras sehingga berpeluang mengalami kerusakan berat.

Selain alkohol, konsumsi makanan siap saji juga tidak baik untuk liver. Pola hidup lainnya yang harus diubah adalah konsumsi rokok. Rokok dapat merusak liver apalagi bila dikonsumsi banyak dan menahun. Selain itu kondisi stress juga dapat sebagai pemicu penyakit liver.

Karena dalam kondisi stress, proses metabolisme juga terganggu. Maka cara mengobati penyakit liver yang bisa Anda lakukan yaitu merubah pola hidup. Berhentilah untuk mengonsumsi alkohol, rokok, serta obat-obatan terlarang. Alkohol dan rokok bersifat toksik terhadap sel-sel liver ketika menyaring darah.

Lakukan olahraga rutin serta hindari konsumsi makanan cepat saji. Apabila Anda memiliki indeks masa tubuh berlebih, lakukanlah diet penurunan berat badan supaya tidak obesitas. Beristirahatlah secara cukup dan berkualitas, serta hindari stressor yang terlalu berat. 

Lakukan Diet Khusus Liver

Cara mengobati penyakit liver lainnya yaitu dengan melakukan pengaturan pola makan atau biasa disebut diet khusus. Dalam diet khusus liver, ada beberapa yang perlu diperhatikan supaya asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh cukup dan tepat. Konsumsi buah berupa anggur dan buah sebangsa berry bagus bagi organ liver.

Buah pir juga bagus untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan liver. Asupan sayuran juga penting untuk diperhatikan, seperti mengonsumsi sayur hijau seperti sawi, bayam, selada dan kubis akan bagus untuk liver. Sayuran dengan warna hijau akan baik untuk melindungi liver terhadap racun.

Pigmen hijau dapat membersihkan liver dari radikal bebas. Sayuran dengan kandungan glutathione akan baik dikonsumsi juga supaya meningkatkan imunitas serta membersihkan hati. Sayur dengan kandungan glutathione misalnya brokoli, kembang kol, labu, tomat dan kubis.

Cara mengobati penyakit liver lainnya yaitu mengurangi konsumsi garam dan mineral serta perbanyak konsumsi protein sesuai berat badan. Bila berat badan Anda 60 kilogram, maka sebaiknya konsumsi protein sebanyak 60 gram tiap harinya. Akan lebih baik bila berkonsultasi mengenai asupan protein dengan dokter.

Liver yang rusak parah hanya memerlukan protein dalam kadar yang sedikit saja. Pengobatan liver yang paling baik adalah pengobatan di bawah pengawasan serta pemeriksaan dokter. Lakukan pemeriksaan medis dan ikuti sesuai anjuran dari dokter.

Proses penyembuhan dan pengobatan bergantung dari diagnosis serta kondisi liver Anda. Pemeriksaan medis secara berkala serta diimbangi dengan Cara mengobati penyakit liver di atas dapat menghasilkan penyembuhan yang lebih optimal.


Post a Comment for "Cara Mengobati Penyakit Liver"

Berlangganan via Email