Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Penyakit Kista

Cara mengobati penyakit kista dapat dilakukan dengan beberapa cara sesuai tingkat keparahan, jenis dan letaknya. Kista bisa terjadi di mana saja, baik di luar tubuh yaitu kulit atau di dalam tubuh seperti rahim, otak bahkan ginjal.

Penyakit ini bisa semakin parah dan berisiko jika tidak segera diobati dengan benar. Kista merupakan infeksi pada bagian tubuh manusia yang bentuknya seperti benjolan berisi cairan atau bahan semi padat.

Ada banyak sekali jenis kista yang dikenal di dunia kedokteran yang mayoritas sifatnya jinak. Namun, tidak menutup kemungkinan penyakit ini menjadi ganas dan berbahaya. Biasanya kista muncul di area bawah kulit tanpa adanya gejala dan penyebab yang pasti.

Kista juga bisa muncul dalam rahim wanita yang bisa menghambat proses menstruasinya. Cara mengobati penyakit kista sendiri harus berdasarkan konstrultasi dokter.

Tidak boleh sembarangan menggunakan obat atau terapi tanpa pengawasan dokter.


Cara Mengobati Penyakit Kista

Gejala dari Munculnya Penyakit Kista

Pada umumnya gejala kista memang tidak bisa dirasakan atau diketahui oleh penderita. Namun, penyakit ini ditandai dengan adanya benjolan yang bisa diraba. Benjolan tersebut bisa muncul di bagian leher, wajah, punggung, telapak tangan dan kaki dan kulit kepala. Bahkan benjolan juga bisa muncul pada bagian dalam tubuh.

Selain benjolan, gejala lain dari penyakit kista adalah keluarnya nanah atau darah pada benjolan tersebut. Cairan nanah yang keluar mempunyai bau yang tidak sedap dan sangat mengganggu aktivitas. Pada area kulit yang terkena kista menjadi kemerahan disertai rasa nyeri karena infeksi.

Pada bagian kulit yang terinfeksi dapat menyebabkan rasa kaku dan kesemutan. Sehingga penderita tidak bisa melakukan aktivitas berat. Oleh karena itu, dalam menerapkan Cara mengobati penyakit kista harus memerhatikan gejala yang ditimbulkan. Terutama jika sudah mengganggu sistem pencernaan seperti mual dan muntah serta menyebabkan demam.

Penyakit kista harus diatasi dengan cepat dan tepat sebelum bertambah parah. Karena penyakit ini bisa berpotensi kanker yang berbahaya bagi panderitanya. Meski mayoritas kista masih bersifat ringan dan tidak berpotensi bahaya, Anda tetap harus melakukan pengobatan yang tepat.

Penyebab Timbulnya Penyakit Kista

Semua jenis penyakit pasti ada penyebabnya, termasuk kista. Ada beberapa faktor yang memicu munculnya kista dan memperparah infeksi tersebut. Diantaranya kondisi genetik penderita yang sebelumnya ada riwayat penyakit tersebut pada keturunannya. Kista juga bisa muncul karena adanya kelainan pada embrio.

Cara mengobati penyakit kista disesuaikan dengan jenis kista yang dialami. Infeksi dan tumor bisa menyebabkan munculnya penyakit kista pada penderitanya. Penyumbatan pada saluran tubuh dan inflamasi kronis juga bisa memicu kista. Serta serangan parasit yang masuk dalam tubuh karena kesehatan yang menurun atau pola hidup tidak sehat.

Adanya penyakit kista diketahui melalui pemeriksaan fisik saat benjolan sudah mulai terlihat atau bisa dirasakan. Untuk memastikannya, penderita akan melakukan dua pemeriksaan yaitu uji pencitraan dengan USG, MRI atau CT Scan. Dan uji Biopsi yaitu dengan mengambil sampel jaringan pasien untuk diperiksa di laboratorium.

Cara Mengobati Kista yang Bisa Diterapkan

Pengobatan kista bisa dilakukan setelah melakukan pemeriksaan ke dokter. Pertimbangan pengobatan penyakit ini dilakukan dengan melihat infeksi kista, lokasi atau area infeksi, dan efek samping yang ditimbulkan. Cara mengobati penyakit kista adalah sebagai berikut.

1.      Obat Antibiotik dan Kortikosterioid

Pasien kista akan diberikan obat antibiotik untuk mencegah infeksi lebih parah dan menular ke area yang lain. Dokter juga akan memberikan obat kortikosteroid untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan pada area kista.

2.      Berendam

Selain konsumsi obat, pengobatan kista juga harus dilengkapi dengan terapi alami dengan metode sitz bath. Metode ini dilakukan dengan berendam dalam bak yang diisi air hangat. Lakukan selama tiga sampai empat kali dalam sehari agar kista cepat menyusut dan hilang.

3.      Aspirasi

Cara mengobati penyakit kista bisa dilakukan dengan metode aspirasi. Tujuan untuk mengeluarkan cairan dalam kista. Metode ini menggunakan jarum yang ditusukan dalam benjolan kista. Sehingga cairan akan terisap dalam tabung jarum tersebut.

4.      Operasi

Jika memang kondisi kista sudah parah, dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi. Operasi tersebut dilakukan melalui pembedahan besar pada area yang terinfeksi kista. Jika kista yang terjadi di dalam tubuh, maka harus dilakukan pembedahan untuk menjangkau kista tersebut.

Pengobatan Penyakit Kista yang Parah

Sebenarnya kista bisa sembuh tanpa pengobatan khusus. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat dokter tidak bisa memberikan penanganan medis lain, kecuali operasi. Cara mengobati penyakit kista dengan operasi menjadi cara terakhir jika infeksi sudah parah dan berisiko menular ke bagian yang lain.

Operasi kista bertujuan untuk mengangkat benjolan kista tersebut beserta cairan didalamnya. Meskipun sudah dilakukan operasi, pasien tetap harus melakukan pengobatan tambahan untuk menghilangkan bekas kista tersebut. salah satunya terapi sinar laser atau terapi imobilisasi sesuai kondisi tubuh pasien.

Selain pengobatan di rumah sakit, Anda bisa melakukan pengobatan di rumah secara rutin. Karena kebiasaan atau pola hidup sangat memengaruhi penyembuhan kista. Terapkan selalu hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi tinggi dan istirahat yang cukup. Lakukan perawatan dengan kompres air hangat pada area yang masih bengkak atau merah.

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kista yang Perlu Dilakukan

Penyakit bisa datang karena pola hidup yang tidak sehat, termasuk pola makan dan tidur. Tubuh yang mengalami penurunan imunitas akan mudah terserang bakteri, virus dan parasit. Dari parasit tersebut dapat memicu munculnya gejala kista pada bagian tubuh tertentu.

Kista memang tidak bisa dicegah, namun dengan mengetahui Cara mengobati penyakit kista beserta pencegahannya, Anda bisa meminimalkan risiko penyakit tersebut. Karena ada beberapa jenis kista yang dapat dihindari dan diobati dengan mudah bahkan menghilang dengan sendirinya.

Salah satunya jenis kista Kalazion yang bisa muncul pada wajah khususnya area mata. Untuk mencegah kista tersebut, bisa dilakukan dengan rajin membersihkan kelopak mata dengan pembersih yang lembut. Jenis kista pilonidal juga bisa dicegah dengan menjaga dan merawat kulit agar tetap bersih, lembap dan kering.

Penyakit kista juga bisa terjadi pada area punggung karena faktor duduk yang terlalu lama. Oleh karena itu, Cara mengobati penyakit kista adalah dengan menghindari duduk terlalu lama atau menggunakan bantalan empuk. Jika kista muncul di dalam tubuh, terutama pada ovarium wanita, maka bisa dicegah dengan mengonsumsi pil KB sesuai resep dan diagnosis dokter.

Untuk mempercepat penyembuhan kista, Anda bisa melakukan perawatan kompres dengan air hangat. Jangan memecahkan kista dengan tangan, apalagi saat benjolan sedang membengkak dan merah. Karena bisa menyebabkan infeksi dan peradangan yang semakin parah.

Penyakit kista dapat menimbulkan risiko tinggi jika tidak diobati dengan tepat dan tanpa petunjuk dokter. Mulai saat ini, jaga pola hidup Anda dengan teratur, konsumsi air putih yang cukup dan istirahat dengan baik. Karena kegiatan tersebut termasuk Cara mengobati penyakit kista secara alami untuk mempercepat penyembuhan penyakit tersebut.


Post a Comment for "Cara Mengobati Penyakit Kista"

Berlangganan via Email