Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengobati Penyakit Jantung

Berdasarkan ilmu medis, cara mengobati penyakit jantung penting dilakukan untuk kesehatan diri. Pada umumnya, Anda akan menemukan berbagai jenis penyakit jantung yang bisa dialami. Ada penyakit jantung yang muncul akibat infeksi, namun ada juga penyakit jantung yang dipicu karena gaya hidup yang tidak sehat.

Bila penyakit jantung dipicu oleh infeksi, memang harus disembuhkan sesuai prosedur medis. Namun bila penyakit jantung muncul akibat gaya hidup yang tidak sehat, tentu amat disayangkan. Jantung merupakan organ utama dalam tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

Karena fungsinya yang vital, jantung tidak pernah beristirahat seumur hidup. Jangan sampai organ yang sangat berharga ini menjadi rusak akibat gaya hidup yang tidak sehat. Karena fungsinya yang vital, bila organ jantung mengalami permasalahan maka dapat muncul masalah pada fungsi anggota tubuh lainnya.


Cara Mengobati Penyakit Jantung

Misalnya kolesterol, tekanan darah tinggi, dan juga bisa memicu diabetes. Mungkin juga bisa disertai stroke. Tentu Anda tidak mau bukan mengalami penyakit-penyakit di atas? Memang penyakit jantung perlu diobati berdasar prosedur medis. Tetapi Anda juga dapat mengusahakannya.

Ada berbagai cara mengobati penyakit jantung terutama yang bersifat jangka panjang untuk Anda usahakan. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati saat penyakit sudah dalam kondisi kronis. Cara yang dilakukan pun mudah serta murah. Berdasarkan para ahli dari Hopkins Medicine, hal-hal berikut ini bisa Anda usahakan supaya jantung menjadi terawat serta lebih sehat.

Konsumsi Kulit Manggis Sebagai Pelancar Aliran Darah

Percayakah Anda kulit manggis bisa dijadikan cara mengobati penyakit jantung? Kulit manggis memang memiliki kandungan mineral yang cukup kaya, yaitu kalium, mangan, tembaga, serta magnesium. Kandungan mineral kalium memang berguna untuk pengontrol cairan dalam tubuh, pengontrol tekanan darah serta pengontrol detak jantung.

Karena fungsinya berperan pada pengontrol detak jantung serta cairan tubuh, biasanya orang menggunakan kulit manggis untuk mengobati jantung koroner. Kandungan di dalam kulit manggis bermanfaat untuk membersihkan tumpukan lipid dalam saluran darah yang merupakan penyebab jantung koroner.

Kulit manggis juga dipercaya untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Cara mengobati penyakit jantung saat ini tergolong mudah. Ada beragam bentuk suplemen yang memiliki kandungan kulit manggis di dalamnya. Pilih olahan kulit manggis yang terjamin komposisinya agar terasa manfaatnya.

Namun berdasarkan penelitian, kulit manggis kurang cocok dikonsumsi apabila Anda memiliki permasalahan pada pembekuan darah. Kandungan xanthones pada suplemen kulit manggis dapat memperlambat pembekuan pada darah. Hingga saat ini belum ada ahli yang meneliti apakah kulit manggis dapat dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

Akan lebih baik untuk menghindari konsumsi kulit manggis untuk ibu hamil maupun menyusui. Konsultasikan dengan pihak medis bila diperlukan supaya bisa dicocokkan antara kondisi kesehatan serta pola makan dan suplemen yang tepat.

Pengobatan Jangka Panjang dengan Rutin Berolahraga Ringan

Cara mengobati penyakit jantung yang paling baik untuk dilakukan sebagai pencegahan yaitu mengubah gaya hidup dengan cara rutin berolahraga. Anda hanya perlu berolahraga rutin selama 30 menit tiap harinya. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat.

Cukup lakukan olahraga ringan tiap harinya agar tubuh Anda bergerak. Dengan berolahraga, detak jantung dapat lebih stabil dan terjaga kesehatannya. Dengan melakukan olahraga rutin, Anda juga dapat membuat sirkulasi darah lebih stabil sehingga tubuh pun akan terasa lebih segar untuk melakukan berbagai aktivitas.

Selain segar, tubuh Anda juga akan terhindar dari beragam penyakit akibat malas gerak, seperti diabetes maupun obesitas. Tubuh yang bergerak karena rutin berolahraga dapat memicu jantung lebih optimal untuk mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Ada banyak macam olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di rumah bersama keluarga maupun sendiri. Misalnya jalan kaki, jalan cepat, senam atau juga bisa lari keliling kompleks. Olahraga tersebut merupakan jenis olahraga yang paling mudah untuk dilakukan.

Bila Anda melakukan rutin setiap pagi, maka jantung Anda akan lebih sehat. Anda juga bisa melakukan olahraga seperti yoga dan berenang. Berenang merupakan cara mengobati penyakit jantung yang baik dilakukan bagi para penderita sakit jantung, terutama bila memiliki penyakit komplikasi dengan penyakit lainnya misalnya radang sendi serta obesitas.

Yoga juga dapat meredakan stres serta memberikan dampak positif pada saraf otonom dan faktor kardiovaskular. Jika Anda tengah mengalami penyakit jantung, alangkah baiknya berkonsultasi dahulu pada dokter mengenai jenis olahraga yang tepat untuk Anda.

Konsumsi Bawang Putih dan Bawang Merah

Siapa yang menyangka bahwa tanaman rempah bawang berguna untuk kesehatan jantung? Bawang putih merupakan tanaman rempah yang memiliki banyak khasiat. Beberapa kandungan seperti anti-jamur, anti-kanker serta anti-bakteri menjadi obat untuk penyakit jantung. Kandungan lain yang tidak kalah penting adalah antioksidan yang cukup tinggi.

Kandungan antioksidan tersebut berguna untuk pencegahan supaya jantung tidak rentan terkena penyakit. Cara mengobati penyakit jantung melalui bawang putih yaitu mengurangi penumpukan lemak-lemak pada arteri jantung. Dikutip dari jurnal publikasi internasional The Journal of Nutrition, bawang putih mampu membersihkan tumpukan lemak pada saluran darah menuju jantung.

Jadi karena khasiatnya tersebut, kandungan pada bawang putih dapat melarutkan berbagai kolesterol jahat dan dapat meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh Anda. Tidak hanya berhenti sampai di situ saja, bawang putih juga memiliki khasiat untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Selain itu juga mampu mengontrol serta menurunkan kadar gula darah serta menangani masalah pencernaan. Cara mengobati penyakit jantung juga dapat dilakukan dengan konsumsi bawang merah. Zat allicin di dalamnya berkhasiat untuk jantung.

Berdasarkan hasil studi para ahli, bawang merah bermanfaat sebagai penstabil tekanan darah. Dengan begitu tekanan darah yang tinggi dapat diturunkan apabila rutin konsumsi bawang merah. Hal ini bisa dilakukan sebagai pencegahan juga selain digunakan untuk mengobati penyakit jantung ini.

Konsumsi Makanan Sehat untuk Jantung

Cara mengobati penyakit jantung yang paling sederhana adalah menghindari makanan instan atau makanan siap saji. Makanan siap saji mengandung banyak kolesterol sehingga dapat memicu penyumbatan arteri dan meningkatkan kemungkinan untuk terserang penyakit serangan jantung. Hindarilah konsumsi rokok serta beragam minuman alkohol.

Menghindari konsumsi rokok, alcohol, serta makanan cepat saja setidaknya mengurangi risiko untuk terserang penyakit organ jantung sampai 82%. Selebihnya dapat dioptimalkan melalui mengonsumsi makanan yang sehat. Jantung memerlukan energi untuk memompa darah setiap hari. Konsumsilah makanan yang mengandung fitonutrien.

Secara umum kandungan fitonutrien dapat diperoleh melalui sayur-sayuran serta biji-bijian yang utuh. Sayuran seperti bit, wortel, kubis, kangkung, kembang kol, kacang polong, jamur, dan beragam buah-buahan akan baik dikonsumsi secara rutin demi kesehatan jantung. Biji-bijian utuh sumber karbohidrat seperti gandum, beras merah dan jagung juga baik dikonsumsi.

Konsumsi minuman seperti teh hijau juga baik untuk jantung Anda. Imbangi konsumsi teh dengan banyak minum air putih supaya ginjal tetap bekerja dengan baik. Batasi juga konsumsi garam supaya tidak lebih dari 5 gram tiap harinya. Kandungan garam berlebih juga dapat meningkatkan risiko untuk terserang penyakit jantung.

Konsumsilah makanan sehat serta hindari konsumsi alkohol dan rokok ketika memiliki riwayat penyakit ini. Rutin berolahraga ringan tiap hari dapat meningkatkan kinerja jantung Anda lebih sehat. Efeknya dapat Anda rasakan manfaatnya bila konsisten serta rutin menerapkan tiap hari karena cara mengobati penyakit jantung memang mudah.

Post a Comment for "Cara Mengobati Penyakit Jantung"

Berlangganan via Email